Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda Civic RS Masuk Indonesia Tahun 2022, Sudah Bisa Inden!

by Firdaus Ali
Honda Civic RS siap meluncur

Beberapa hari yang lalu di media sosial, muncul foto Honda Civic RS. Tangkapan gambar tersebut tentunya menjadi buah bibir pemuja mobil sedan.

Dari gambar tersebut didapatlah informasi, PT Honda Prospect Motor (HPM) nampaknya segera meluncurkan senjata baru lagi. Kali ini dari segmen sedan, yaitu Honda Civic RS.

Keseriusan Honda meluncurkan mobil tersebut tampak dari foto Honda Civic RS yang diduga sedang melakukan shooting untuk keperluan iklan. Dalam akun sosial media @indra_fathan, Honda Civic RS yang terpantau di bilangan BSD, berwarna merah dengan kombinasi grill kelir hitam yang terlihat apik dan mewah.

Sedan baru dari Honda ini merupakan produksi Thailand dan sudah beredar di negara dengan julukan Gajah Putih tersebut. Di Indonesia, rencananya akan masuk di tahun 2021, namun karena pandemi peluncuran tersebut diurungkan.

Strategi HPM sepertinya tepat jika meluncurkan segmen sedan di tahun depan. Bukan tanpa alasan, tahun ini, PP Nomor 73 Tahun 2019 akan resmi diberlakukan, tepatnya mulai Oktober 2021.

Baca juga  Honda N-Van EV Masuk Indonesia, Kolaborasi Bareng Pertamina!

Aturan baru tersebut mengubah skema Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap kendaraan bermotor, khususnya mobil. Regulasi ini tidak lagi menetapkan nilai PPnBM berdasarkan kubikasi mesin dan bentuk bodi, melainkan dihitung dari jumlah emisi gas buang yang dihasilkan, serta konsumsi BBM-nya.

Dengan aturan baru tersebut, mobil sedan yang sebelumnya dikenakan pajak barang mewah sebesar 30 persen, kini bisa jadi cuma 15 persen. Syaratnya harus memenuhi standar emisi gas buang dan efisiensi konsumsi BBM-nya.

Sekilas Honda Civic RS

Honda civic rs

Sosok Honda Civic RS yang tertangkap kamera sedang melakukan syuting iklan

Honda Civic RS merupakan produksi dan telah diluncurkan di Thailand, yang sebelumnya telah diluncurkan terlebih dahulu di Amerika dengan spesifikasi yang berbeda. Honda Civic RS mengusung desain sporty dan elegan serta mengadopsi fitur yang canggih.

Mobil sedan terbaru dari Honda yang sudah meluncur di Thailand dengan mengusung mesin 1.5-liter VTEC Turbo yang dkombinasikan sistem CVT. Luapan tenaganya diklaim mencapai 178 PS atau naik 5 PS dibanding Civic sebelumnya. Meski demikian, untuk pasar di Indonesia belum dipastikan apakah akan mengusung mesin yang sama dengan Honda Civic RS yang beredar di Thailand.

Baca juga  Honda Freed Modulo X, Cocok Masuk Indonesia?

Dari sisi desain, Sedan modern dari Honda ini tampil lebih sporty dan elegan. Jika dilihat dari foto yang beredar di kawasan BSD, Sedan terbaru dari Honda berkelir mewah dengan kombinasi grill dan cover spion berwarna hitam.

Civic terbaru juga sudah dibekali sistem Honda Sensing. Fitur ini termasuk Lead Car Departure Notification System (LCDN), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lne Keep Assist System, Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation System with Lade Departure Warning, Auto Headlamp, Honda Lane Watch, dan Driver Attention Monitor.

Seperti diketahui, kedua fitur tersebut juga ditanamkan pada Honda All New BR-V yang beberapa hari lalu diluncurkan secara global di Indonesia.

“Iya benar akan ada produk baru mobil sedan, tahun depan baru akan resmi dijual di diler-diler. Untuk spesifikasi dan harganya belum ada informasi dari pusat, namun jika mau inden sudah bisa,” terang salah satu wiraniaga diler Honda yang enggan disebutkan namanya (4/10/2021).

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda City RS yang rencananya akan diluncurkan tahun 2022 oleh HPM. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Baca juga  Daftar Harga Mobil Honda Februari 2022, BR-V Naik!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika