[InfoGrafik] Honda Forza 250 vs Yamaha XMax, Unggul Mana?

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kali ini benar-benar menjadi surga bagi pecandu otomotif khususnya roda dua. Setelah lama dibikin penasaran akan kemunculan sosok skutik bongsor besutan Sayap Kepak, akhirnya AHM secara resmi merilis Honda Forza 250 saat ajang otomotif terbesar di tanah air ini berlangsung. Skutik Maxi Honda ini bakal menjadi lawan terkuat dari Yamaha XMax 250 yang lebih dulu mengaspal di Tanah Air.

Penasaran akan kehebatan Forza 250 untuk melawan XMax? Inilah ringkasan jika Honda Forza 250 yang diadu dengan Yamaha XMax, yuk intip infografik di bawah ini!

Infografik Komparasi Honda Forza 250 Dengan Yamaha XMax 250
Infografik Komparasi Honda Forza 250 Dengan Yamaha XMax 250

Desain Honda Forza dan Yamaha XMax

Desain Honda Forza 250
Desain Honda Forza 250 Tidak Jauh Berbeda Dengan Yamaha XMax

Sekilas, Forza 250 ini terlihat lebih mewah dan elegan daripada XMax, sob. Namun jika dilihat secara seksama dari bagian depan, Yamaha XMax memiliki wajah yang sedikit meruncing terkesan lebih agresif dan sporty. Sedikit berbeda jika beralih ke bagian bodi tengah hingga belakang, keduanya lebih banyak memiliki perbedaan mencolok. Bodi Yamaha XMax yang sedikit terlihat mengembung dengan sudut bodi yang lebih smooth tak seperti bagian depan, hal ini membuat desainnya terlihat kurang konsisten. Tidak seperti rivalnya, Forza memiliki sudut serta garis bodi yang tajam dari bagian depan hingga ke belakang. Terlihat lebih mewah dan sporty, sob.

Sementara dari bagian windshield, Honda Forza lebih fleksibel, ketinggiannya bisa diatur secara elektrik melalui tombol pada stang sebelah kiri. Hanya saja bentuk spion skutik bongsor milik Honda ini agak sedikit aneh menurut Jinny, sekilas terlihat seperti mata siput, sob. Namun dari segi visibilitas, spion Forza sudah sangat mumpuni, ditambah lagi posisi lampu sein yang berada di spion dapat mudah terlihat oleh pengendara lain.

 

Suzuki Sodorkan GSX-R150 Warna Baru Kepada Pengunjung GIIAS

 

yamaha xmax terbaru

Perbandingan Segi Ergonomi

Foot Rest Honda Forza 250 Lumayan Lega
Foot Rest Honda Forza 250 Lumayan Lega

Keduanya sama-sama memiliki leg rest yang lebih panjang dari skutik premium 150cc kebanyakan. Cocok banget lah kalo diajak Touring. Jarak stang Forza 250 dengan tempat duduk relatif agak jauh, sob. Hal ini dirasa kurang bersahabat buat kalian yang berpostur tinggi badan sekitar 165 cm. Mau tidak mau kalian harus merubah posisi duduk lebih maju agar jarak stang dan lengan dapat sesuai dengan badan. Beruntung, posisi stang agak lebih tinggi jika dibanding XMax, jadi badan bisa lebih tegak dan rileks.

Hal yang berbeda terjadi pada Yamaha XMax, skutik 250 cc satu ini mempunyai tinggi jok yang lumayan bikin repot penunggangnya. Dengan tinggi jok sekitar 795 mm atau 1,5 cm lebih tinggi dari kepunyaan Forza ini kurang direkomendasikan buat kalian yang punya tinggi badan di bawah 170 cm. Namun setidaknya, keseluruhan sisi ergonomisnya nggak terlalu jauh berbeda dengan Forza 250.

 

DAPATKAN DISKON DP MOTOR 73% DI SINI

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *