by

5 Fakta Honda Jazz Vs Toyota Yaris, Konsumen Wajib Tahu

Ketika masyarakat ingin membeli mobil hatchback, biasanya langsung membandingkan pilihan antara Honda Jazz Vs Toyota Yaris. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kedua produk itu masih memiliki penjualan yang tinggi di segmen hatchback.

Secara head to head memang antara Honda Jazz Vs Toyota Yaris masing-masing memiliki keunggulan maupun kekurangan, yang tentunya bisa jadi pertimbangan masyarakat sebelum membeli.

Terlebih khusus bagi Toyota Yaris yang baru saja mendapatkan penyegaran di tahun 2020. Tak hanya berbekal ubahan kosmetik, namun kini disediakan opsional airbags yang tentunya mempengaruhi harga.

Konsumen kini dihadapkan dengan pilihan Toyota Yaris tiga airbag dan tujuh airbag. Sementara rival kuatnya, yakni Honda Jazz saat ini masih dilengkapi dengan dua airbags saja.

Selain itu, ada sejumlah hal penting lainnya mengenai komparasi Honda Jazz Vs Toyota Yaris yang tentunya sayang untuk kalian lewatkan. Penasaran ingin tahu seperti apa komparasi Honda Jazz Vs Toyota Yaris? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Mesin Sama-Sama 1.5 Liter, Tenaga Honda Jazz Lebih Unggul

Honda Jazz Indonesia
Dari sisi mesin Honda Jazz Vs Toyota, Yaris hatchback Honda unggul

Membahas mengenai komparasi Honda Jazz Vs Toyota Yaris, pertama kami akan membahas mengenai jantung pacu kedua produk itu. Meski sama-sama berkubikasi 1.500 cc, namun Jazz punya tenaga lebih besar.

Di atas kertas, Toyota Yaris dibekali mesin bensin 2NR-FE, berkubikasi 1.5 liter Dual VVT-I empat silinder DOHC. Mesin itu menghasilkan tenaga 107 PS dengan torsi puncak 140 Nm.

Tenaga disalurkan melalui transmisi CVT 7-speed plus paddle shift di balik lingkar kemudi. Sementara Honda Jazz yang ditunjang mesin 1.5 liter SOHC, mampu menghasilkan tenaga lebih besar yang menembus 120 PS dengan torsi 145 Nm.

Baca juga  World Premiere Toyota Land Cruiser 2021, Catat Tanggalnya!

Power yang disemburkan sama-sama menggunakan transmisi CVT yang dipadukan dengan paddle shift. Namun tenaga dan torsi yang dihasilkan tampaknya Honda Jazz mampu mengungguli sang rival.

2. Honda Jazz Vs Toyota Yaris, Mana Lebih Lega?

Interior Toyota Yaris facelift 2020
Interior Toyota Yaris facelift 2020

Faktor yang tak kalah penting untuk dibahas mengenai Honda Jazz Vs Toyota Yaris adalah dimensi yang ditawarkan. Dari data yang dihimpun Moladin, Honda Jazz punya dimensi panjang 4.035 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.524 mm, serta wheelbase 2.530.

Sementara untuk kompetitor, yakni Yaris punya dimensi panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm serta jarak sumbu roda 2.550 mm. Untuk urusan ruang kabin, nampaknya Toyota Yaris mampu mengungguli Honda Jazz.

Belum lagi kalau membandingkan jarak sumbu roda. Secara akumulasi, volume kabin produk Toyota jadi terlapang. Dari sisi desain, sejatinya kedua produk ini juga sama-sama menarik dan juga modern.

Di Yaris, gril depan bergaya trapesium lebar, pakai gaya jaring agar terlihat lebih segar. Sorot utama kini berteknologi LED dengan tatanan rumah lampu kian menyipit.

Posisi DRL juga ikut berpindah tempat ke dalam lampu utama, mengikuti gaya lini produk Toyota teranyar. Bentuk fog lamp masih bulat cenderung menyiku ke atas.

Rancangan Jazz RS tampak atraktif berupa tarikan garis tajam di sekujur tubuh. Ia memiliki overhang pendek. Bumper depan dinamis dan kisi-kisi diberi lencana RS biar terasa muda nan sporty.

Baca juga  5 Mobil Terlaris Honda di Awal Tahun 2020

Selain itu, mobil ini juga sudah didukung dengan sistem penerangan berteknologi LED. Dalam menunjang tampilan, Honda Jazz didukung dengan pelek berukuran 16 inci dwi warna.

3. Toyota Yaris Punya Banderol Sedikit Lebih Mahal

toyota yaris facelift
Harga Honda Jazz Vs Toyota Yaris

Selanjutnya membahas mengenai Honda Jazz Vs Toyota Yaris, kedua produk ini sejatinya punya banderol yang tak jauh berbeda. Namun untuk urusan kelengkapan, Yaris nampaknya di atas rata-rata.

Toyota menawarkan Yaris TRD CVT tujuh airbags seharga Rp 301,4 juta. Dari tipe sama namun tiga airbags dijual Rp 296,4 juta. Buat kalian yang ingin meminang mobil ini, dengan bujet lebih sebaiknya memiliki varian tertinggi.

Pasalnya faktor keamanan tentunya begitu penting dalam menunjang keamanan ketika berkendara. Mengenai harga kompetitor, Honda Jazz RS CVT dilepas Rp 292,5 juta on the road Jakarta. Kasta tertinggi dua merek ini memiliki selisih harga Rp 8,9 juta.

Namun selisih harga tersebut terbilang setara dengan apa yang bisa didapatkan. Mengingat perangkat keamanan dan keselamatan dalam berkendara mampu mengungguli sang rival.

4. Adu Fitur Honda Jazz Vs Toyota Yaris

toyota yaris terbaru
Yaris tersedia dalam varian 3 airbags dan 7 airbags

Urusan harga memang Toyota Yaris sedikit di atas Honda Jazz. Namun banderol itu dirasa pas untuk dapat menebus sejumlah perangkat keamanan yang kini sudah tersedia pada hatchback Toyota itu.

Contohnya seperti sistem pengereman Yaris TRD pakai piringan cakram di semua roda. Makin mantap dengan imbuhan Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist (BA). Tak ketinggalan turut dipasang Vehicle Stability Control plus Hill Launch Assist.

Baca juga  5 Mobil Tahun 90 yang Masih Diburu Masyarakat

Honda Jazz hanya memiliki rem cakram di depan saja. Roda belakang menggunakan tipe tromol. Lalu dukungan peranti keselamatan ABS, EBD tanpa Brake Assist.

Jazz juga belum dilengkapi dengan VSC, Traction Control maupun Hill Start Assist. Dari sini mulai terlihat, kacek harga memang sepadan dengan kelengkapan fitur keamanan yang ditawarkan Toyota Yaris terbaru.

5. Kenyamanan Kabin Unggul Siapa?

Desain interior Honda Jazz
Desain interior Honda Jazz RS

Selanjutnya membahas mengenai Honda Jazz Vs Toyota Yaris, rasanya kurang pas jika tidak membahas mengenai interior yang ditawarkan. Untuk urusan yang satu ini, kedua produk sejatinya punya kelebihan maupun kekurangan.

Berdasarkan hasil pengamatan kami, Toyota Yaris terbaru punya cluster instrument yang tak alami ubahan. Masih mengandalkan MID TFT multifungsi. Layar infotainment anyar mendukung pemutar DVD/CD, Bluetooth, Miracast dan USB.

Pengaturan AC Yaris baru sudah model digital, namun masih menggunakan tombol fisik untuk penyetelannya. Jazz punya layar infotainment lebih besar yakni 8 inci plus multisambungan. Penyejuk kabin juga sudah digital. Pengaturannya suhu pun sudah dengan smart touch.

Setir Toyota Yaris pun sudah didukung dengan tilt steering, sementara Jazz sudah dilengkapi tilt dan teleskopik.

Lingkar kemudi keduanya sudah dibalut dengan material kulit, serta dilengkapi audio switch pada palang kemudi. Tombol start/stop dijumpai pada kabin keduanya.

Well.. Semoga informasi mengenai Honda Jazz Vs Toyota Yaris ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru