Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda Monkey 2021 Pakai Mesin Baru

by Reza Agis Surya Putra
Honda Monkey 2021

Pada ajang pameran Bangkok International Motor Show (BIMS), melucur Honda Monkey 2021. Produk teranyar ini hadir dengan beragam ubahan yang sangat menarik seperti skema warna dan mesin.

Honda Monkey terbaru kini hadir dengan skema warna baru. Dimana kombinasi warna yang semula berwarna putih dipadu dengan warna kuning, merah dan hitam. Kini, warna putih diganti dengan warna silver.

Posisinya pun berubah dari versi pendahulu. Pengaplikasian variasi tersebut kini menempati bagian atas tampungan bahan bakar. Sementara di model lamanya berada di area bawah.

Sementara pada tulisan Monkey yang menjadi identitas motor bertubuh mungil ini juga mendapatkan pembaruan. Sementara, bagian rangka dan swing arm yang sebelumnya selalu mengikuti warna motor seperti warna merah dan kuning.

Kini warnanya dirubah menjadi warna hitam untuk kedua bagian itu. Meski demikian, untuk suspensi belakang pada bagian pegas masih diberikan warna yang senada dengan warna motor.

Pada Honda Monkey 2021, pembaruan juga dilakukan pada bagian kaki-kaki motor. Pada bagian velg kini mengusung desain baru yang palang model huruf ‘Y’. Velg ini makin terlihat keren dengan laburan warna hitam.

Baca juga  All New Honda XRM 125, Motor Bebek Bergaya Trail

Menilik soal ukuran roda, tidak ada ubahan pada ukuran diameter roda Monkey 2021. Ukurannya masih berdiamter 12 inci dengan dibalut dengan karet bundar berukuran 120/80-12 untuk roda depan dan 130/80-12 untuk roda bagian belakang.

Pembaruan pada bagian mesin

Honda Monkey 2021

Mesin Monkey 2021 saat ini dengan 5 percepatan

Pihak Honda AP Thailand (pemegang merek Honda di Thailand) mengatakan bahwa Honda Monkey terbaru ini telah mengusung mesin yang baru. Sebelumnya motor mungil ini menggunakan mesin dengan 4 percepatan, pada versi terbarui ini Monkey menggunakan mesin dengan 5 percepatan.

Meski tak diterangkan secara detail, diyakini mesin baru Honda Monkey 2021 tersebut diadopsi dari kepunyaan Honda Grom 2021. Bisa dikatakan bakal sama pula perancangan terhadap jantung mekanisnya.

Monkey terbaru ini mengusung mesin SOHC satu silinder berkapasitas 123,9 cc dengan racikan bore x stroke: 50 x 63,1 mm. Sementara untuk rasio kompresi disetel 10:1. Dengan begitu, Honda Monkey 2021 sanggup menghasilkan daya sebesar 9,78 PS pada putaran 7.250 rpm dan torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 10,5 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Baca juga  Terjerat Skandal Rangka Patah, Honda Scoopy Jadi Motor Favorit Pengunjung IMOS 2023

Sementara untuk soal dimensi, diperkirakan tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya. Honda Monkey memiliki total ukuran 1.710 x 755 x 1.029 mm (P x L x T). Ketinggian jok diatur pada 776 mm dengan ground clearance cukup tinggi yaitu 160 mm.

Harga Honda Monkey 2021 sampai sekarang belum diumumkan di Thailand. Walau demikian, bisa digambarkan Monkey yang dijual saat ini di Indonesia mencapai Rp 78,7 juta (OTR Jakarta). Maka bukan tidak mungkin kalau versi terbarunya nanti dijual lebih mahal, lantaran sejumlah penyegaran.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika