Honda PCX Electric Rilis Akhir Januari. Fix / Hoax? Ini Pendapat Jinny


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Haloo sobat Moladiners. Kabar gembira datang lagi dari kubu Honda, sob. Pasalnya, AHM bakal menjadi pabrikan Jepang pertama yang memasarkan sepeda motor listrik ke Tanah Air. Unit yang pertama kali diperkenalkan saat IMOS 2018 ini bakal dirilis dalam waktu dekat. Pihaknya pun memberikan kode keras jika Honda PCX Electric rilis 31 Januari 2019 mendatang. Bener atau nggak? Cari tau sendiri jawabannya di bawah ini ya!

 

Fix, 31 Januari 2019 Honda Rilis Motor Baru

rilis motor terbaru

Menurut penuturan Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya terkait kabar perilisan motor baru mereka. “Yang jelas akan ada peluncuran produk baru Honda”. Dan ia pun membocorkan bahwa motor tersebut adalah model yang diperkenalkan di IMOS 2018 lalu. “(motor) Itu merupakan teknologi baru dan bukan menggunakan mesin konvensional,”. imbuh Thomas yang meng-isyaratkan bahwa motor baru ini bakal hadir tanpa menyebut Honda PCX Electric.

Honda PCX listrik sendiri diperkenalkan secara global pertama kali saat gelaran Internasional Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Waktu itu, skuter listrik bongsor tersebut disandingkan dengan varian PCX hybrid. Catatan penjualan PCX Hybrid pun terbilang cukup diluar ekspektasi, skutik hybrid ini mencatat 80-100 unit per bulan.

Sementara itu, hadirnya Honda PCX Electric produksi lokal ini juga akan berpengaruh pada banderol yang dirilis AHM.

 

Adaptasi Model PCX Series

honda pcx electric
BTW, Rem belakang masih menggunakan model Tromol

Honda PCX Electric ini memiliki kemiripan bentuk dengan sang kakak, PCX varian hybrid maupun standard-nya. Yang jelas, perbedaan nantinya akan terlihat pada bagian belakang di sistem penggeraknya, sob.

Bagian blok CVT maupun filter udara bisa dipastikan bakal absen. Hanya sistem motor penggerak yang menyatu dengan swing arm. Hah, skutik pake swing arm? Iya sob, rupanya komponen ini merupakan bagian penting untuk dudukan suspensi serta spakbor belakang.

 

Spesifikasi Honda PCX Electric

mesin pcx electric

Menyoal spesifikasi, tentunya akan sangat jauh berbeda dibanding PCX konvensional. Fitur bagasi luasnya harus dikorbankan untuk menyimpan dua baterai swap lithium-ion 50,4 volt miliknya, sob. Dengan daya sebesar itu, diharapkan mampu untuk menyuntik tenaga motor listriknya yang berkekuatan 0,98 kW. Kapasitas kedua baterai yang terbilang relatif kecil, PCX electric ini hanya mampu menjelajah sejauh 41 Km.

Namun setidaknya, PCX listrik ini akan memiliki daya sebesar 5,7 dk dengan torsi berkisar 18 Nm.

 

Kesimpulan Benar Tidaknya Honda PCX Electric Rilis

charging pcx electric

Dengan tetap berpedoman pada acuan di atas, nampaknya PCX listrik ini masih belum siap untuk dijejalkan pada market roda dua Tanah Air. Meskipun, common part terbilang sudah sangat ready dari komponen milik PCX series lainnya. Sebabnya begini sob, development yang dilakukan Honda kayaknya masih belum cukup.

Misalnya saja dari lama pengisian ulang batere swap miliknya, masih membutuhkan waktu yang kurang lebih hingga 6 jam. Fikir aja sob, 41 KM tapi harus nge-charge dulu selama 6 jam. Apalagi fitur bagasi yang merupakan hal terpenting dari sebuah commuter kini akan dihilangkan hanya untuk menyimpan batere. Sepertinya Honda akan berfikir lagi untuk menghilangkan fitur bagasi ini kalau nggak mau kehilangan calon konsumennya. Yang jelas, AHM akan rilis motor baru di tanggal 31 esok, tapi kayaknya sih bukan PCX Electric.

Yamaha Nmax 155 VVA

*Harga di bawah ini adalah DP Motor

 

Terlepas dari hal diatas, menurut sobat Moladiners benar atau tidak pada 31 Januari nanti AHM bakal rilis PCX listrik ini? Berikan pendapat kalian di kolom komentar bawah ini yaa! Jinny pamit undur diri. See yaa!

 

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *