Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda PCX Hybrid Memulai Debut Perdana, Bakal Murah?

by Jinny
honda pcx hybrid

Secara mengejutkan PT. Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda PCX Hybrid, skuter matik berjenis hybrid pada ajang pameran otomotif tahunan dan terbesar yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada Kamis, 19 April lalu. Sebagai motor berteknologi Hybrid pertama di dunia, Honda memastikan akan merakitnya secara massal di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

[product product=”Yamaha Xmax 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Xmax_250_9907_79511_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-xmax-250-premium-matic-4-stroke-sohc?utm_source=yamaha_xmax_250&utm_medium=blog_honda-pcx-hybrid_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_xmax_250″ price=”Rp. 4.500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Skutik Hybrid pertama di dunia yang diracik anak bangsa ini memiliki teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Motor listrik sebagai assist yang ditenagai oleh baterai lithium-ion akan meningkatkan torsi sehingga akan berpengaruh pada akselerasi lebih responsif.

Mesin Honda PCX Hybrid

Skema Pergerakan Mesin Honda PCX Hybrid

Skema Pergerakan Mesin Hybrid

 

Sama seperti Honda PCX pendahulunya, motor ini juga menggendong mesin berkubikasi 149,3cc. Bedanya PCX hybrid memakai baterai yang terdiri dari beragam tipe, seperti di antaranya MF tipe 12 volt dan lithium-ion tipe 50.4 V – 4 Ah. Dengan kolaborasi antara mesin dan motor listrik tersebut, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 14,4 Dk @8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 nm @6.500 rpm.

Baca juga  Modifikasi Honda CRF150L Supermoto Bikin Ganteng, Ini Biayanya!

Speedometer Honda PCX Hybrid Full Digital

Panel Speedometer All New Honda PCX Hybrid

Panel Speedometer Honda PCX Hybrid

 

Selain itu, Honda New PCX Hybrid ini ditambahkan fitur baru berupa speedometer full digital yang wujudnya sedikit mirip dengan PCX 150 versi bensin. Namun kali ini,  panel speedometer tampil dengan indikator lebih lengkap yang menampilkan beragam informasi tambahan seputar mode berkendara, level pengisian baterai dan kapasitas baterai.

Sebagai informasi, skutik Hybrid ini memiliki switch mode berkendara pada stang di sisi kiri, dimana mode tersebut terbagi menjadi 3 mode pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pengendara. Mode ‘D’ (drive) yang merupakan mode standar dengan performa bertenaga namun hemat bahan bakar. 
Selanjutnya mode ‘S’ (sport) dengan akselerasi lebih responsif dibanding mode D. Terakhir adalah mode ‘idling’, yang mematikan fitur Idling Stop System dengan performa yang hampir sama seperti mode D.

[product product=”Kawasaki W 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_W_250_9541_63738_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-estrella-250se-sports-pendingin-udara-4-tak-tunggal-250cc?utm_source=kawasaki_w_250&utm_medium=blog_honda-pcx-hybrid_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dkawasaki_w_250″ price=”Rp. 2.985.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Pengen beli motor secara online dan nggak perlu keluar rumah? Cari tahu di sini!

Desain Honda PCX Hybrid

Honda PCX Hybrid

Tidak banyak yang berubah dari sisi tampilan, skutik premium Honda ini masih terlihat identik dengan PCX 150 versi bensin. Perbedaan utama terletak pada warna Hybrid Blue yang menambah kesan mewah, serta penambahan emblem hybrid di sisi samping bodi.

Baca juga  Honda PCX 160 Resmi Meluncur, Lebih Hebat dari Nmax?

Skutik hybrid ini rencananya akan diproduksi sekitar 2000 unit/tahun atau sekitar 166 unit/bulan, itupun dimulai pada semester kedua tahun ini. Meski belum dapat dipastikan kapan akan produksi, namun Honda New PCX hybrid sudah dapat dipesan. Nantinya, New PCX Hybrid akan tersedia di seluruh Wing dealer dan Big Wing dealer Honda tahun ini.

Harga Honda PCX Hybrid

PT. AHM belum bisa mengumumkan berapa harga jual pasti All New PCX Hybrid ini, patokan harga motor diperkirakan lebih mahal 9 – 10 jutaan dari Honda PCX standar. Diperkirakanmotor ini akan dijual dengan harga menyentuh Rp40 juta-an. Relatif mahal untuk motor skutik 150cc, mengingat motor ini mengusung teknologi yang juga mahal untuk ukuran sebuah mobil canggih sekalipun.

[product product=”Kawasaki W 175″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_W_175_14190_85499_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-w-175?utm_source=kawasaki_w_175&utm_medium=blog_honda-pcx-hybrid_button_biru&utm_campaign=utm_name%3kawasaki_w_175″ price=”Rp. 1.335.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Dengan spesifikasi dan harga yang diperkirakan menyentuh sampai Rp40 juta, pantas nggak motor ini untuk dinantikan? Tulis pendapat kalian di kolom komentar yuk!

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Baca juga  Honda PCX 160 Semakin Dekat Indonesia, Ini Buktinya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika