Honda Prospect Motor Masih Andalkan Brio Sebagai Senjata Utama, Model Lain Kurang Laku?

by Firdaus Ali
Honda Prospect Motor masih andalkan Brio

Honda Prospect Motor masih andalkan Brio sebagai senjata utama. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan apakah model lain kurang laku?

Sebagaimana diketahui, Honda Brio mencatat kontribusi positif bagi total penjualan Honda selama beberapa tahun lalu hingga 2024. Informasi terakhir dari Gaikindo, Honda Brio mampu terserap sebanyak 4.611 unit di bulan April 2024. Atau sebesar 32.677 unit sepanjang kuartal 2024.

Hasil ini tentunya membuat penetrasi Honda Prospect Motor (HPM) masih tertinggal jauh dari sesama pabrikan otomotif Jepang lain seperti Toyota dan Daihatsu.

Menurut catatan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) periode Januari hingga April 2024, Toyota+Lexus membukukan 81,786 unit. Kemudian untuk Daihatsu 55.484 unit.

Honda Mobilio, Bagaimana Nasibnya?

Honda Prospect Motor masih andalkan Brio sebagai senjata utama, dengan kata lain model lain kemungkinan kurang begitu diminati pasar di Indonesia.

Bahkan, Honda Mobilio yang notabennya mobil di segmen Low MPV masih saja dipajang pada laman resmi HPM. Padahal pemain lain seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Mitsubishi Xpander sudah melakukan beberapa kali pembaharuan.

Baca juga  Harga Honda Brio RS Urbanite, Paling Mahal!

Pada awal kemunculannya, Honda Mobilio memang menjadi kompetitor kuat dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Punya desain eksterior yang ‘beda’ membuat Mobilio banyak diminati konsumen yang ‘bosan’ dengan desain duet Avanza dan Xenia.

Namun, nyatanya Avanza, Ertiga dan Xenia berbenah diri dengan memperbaharui desain eksterior, interior dan beberapa fiturnya. Bahkan ketertinggalan Mobilio semakin parah dengan hadirnya Mitsubishi Xpander.

Lalu apakah HPM bakal suntik mati Mobilio? Hingga saat ini belum ada keputusan tersebut, hanya saja kemungkinan ke sana sangat besar.

Namun bagai hidup enggak mati tak mau, Honda Mobilio yang dipajang hanya 1 varian dan itupun tipe terendah yakni Mobilio S M/T yang dibanderol Rp 239,6 juta. Umumnya produk ini lebih banyak dimanfaatkan untuk pembeli borongan operasional perusahaan (fleet) atau taksi. Meski angka penjualannya pun tidak moncer hanya tercatat terjual 194 unit periode Januari – Maret 2024.

Mobilio sendiri merupakan mobil 7-penumpang yang bermain di segmen Low MPV. Mobil ini di pasaran bersaing bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, hingga Suzuki Ertiga. Pertama kali rilis pada 2001, kemudian hadir generasi kedua pada 2014.

Baca juga  Honda Jelaskan Nasib Mobilio di Indonesia, Suntik Mati?

Honda Mobilio rilis facelift terakhir kali pada tahun 2019, dan model inilah yang dipasarkan hingga saat sekarang. Jantung pacunya tetap pakai mesin L15Z1 1.500 cc dan teknologi i-VTEC bertenaga 118 ps mulai putaran 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Soal fitur, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan fitur anti-lock braking sytem (ABS) dan Electronic Distribution Brake (EBD). Plus rem cakram pada roda depan dan tromol pada bagian belakang. Oh ya, ada pula dual SRS airbag dan APAR.

Moladiners, itula ulasan mengenai Honda Prospect Motor masih andalkan Brio sebagai senjata utama. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika