by

6 Konsep Honda Tiger Modif yang Bisa Jadi Pilihan

Honda Tiger menjadi salah satu motor sport yang cukup diminati masyarakat, tak heran Honda Tiger modif kini cukup digandrungi para pecinta modifikasi di Tanah Air.

Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa harga seken Honda Tiger masih cukup tinggi dipasaran. Selain Honda Tiger punya dimensi yang besar dan juga punya kualitas yang baik.

Tiger sendiri sudah dipasarkan sejak era tahun 2000-an di Indonesia. Ada beberapa varian Honda Tiger yang bisa dijadikan untuk bahan modifikasi, mulai dari Tiger 2000 Super Cruiser, lalu Tiger 2000 New Super Cruiser, Honda New Tiger Revo 2008, New Tiger Revolution, Honda New Tiger 2012.

Seluruh produk tersebut biasanya masih memiliki performa mesin yang cukup tangguh. Perawatannya pun cenderung mudah, serta ketersediaan suku cadang yang masih mudah untuk didapat.

Buat kamu yang ingin ‘bangun’ Honda Tiger modif ada beragam jenis modifikasi yang bisa dipilih, mulai dari café racer, japstyle, touring, hingga modifikasi simpel yang mungkin bisa kamu aplikasikan.

Selain itu, sejatinya masih banyak lagi konsep modifikasi ringan untuk Honda Tiger yang bisa jadi pilihan. Daripada berpanjang lebar, kali ini Moladin akan memberikan sejumlah refrensi Honda Tiger modif yang bisa jadi acuan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai habis:

1. Honda Tiger Modif Simpel

Honda Tiger modif simpel
Honda Tiger modif simpel bisa jadi pilihan untuk kamu yang punya bujet minim

Rekomendasi Honda Tiger modif pertama mungkin kamu bisa menganut aliran simpel. Dalam hal ini tidak banyak ubahan yang perlu kamu lakukan.

Ubahan mungkin hanya sebatas pada pengguna pelek jari-jari saja. Dengan menggunakan pelek baru tersebut, tidak menguras biaya besar untuk membangun Honda Tiger modif.

Biasanya untuk melakukan ubahan pada pelek jari-jari ini, bersamaan dengan penggunaan ban yang lebih kecil. Namun yang perlu diperhatikan, kamu juga wajib menggunakan ban yang proporsional.

Jangan gunakan ban yang terlalu kecil, karena bisa melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Di sisi lain, jika menggunakan ban yang kecil tidak akan berimbang dengan bobot Honda Tiger yang relatif besar.

Baca juga  5 Tips Modifikasi Motor Bebek Jadi Supermoto

Pemilihan pelek dengan ukuran dan bahan yang tepat juga mempengaruhi akselerasi motor kamu, lho! Sebaiknya kamu menggunakan pelek berbahan alumunium.

Saat ini banyak pabrikan yang menawarkan pelek dengan kualitas terbaik, seperti TDR, TK Excel, Takasago, dan lainnya. Untuk menunjang tampilan, sebaiknya kamu memilih pelek yang memiliki warna senada dengan bodi motormu.

Umumnya, untuk menghasilkan tampilan lebih menarik, pemodif menurunkan suspensi motor. Agar terlihat lebih rendah.

2. Modifikasi Honda Tiger Japstyle

Honda Tiger modif Japstyle
Konsep Honda Tiger modif Japstyle

Aliran Honda Tiger modif yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu, mungkin bisa mengusung konsep Japstyle, Sob! Konsep modifikasi ini belakangan cukup digandrungi di Indonesia.

Alasan kuat banyak modifikator memilih konsep Japstyle lantaran punya desain yang menarik. Konsep dasar aliran Japstyle adalah memadukan desain retro yang dipadukan dengan fitur modern.

Baca Juga: 7 Helm Retro Terbaik Dibawah 300ribuan.

Dengan paduan konsep retro modern ini, tentunya membuat Honda Tiger modif jadi enak dilihat, dan tak lekang oleh waktu. Nah, yang harus diperhatikan konsep Japstyle ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

Banyak komponen yang harud diganti, yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pun begitu, biaya yang kamu keluarkan dirasa sebanding dengan hasil yang akan didapat.

Setidaknya tampilan Honda Tiger modif kesayanganmu jadi terlihat menarik dan siap menjadi pusat perhatian. Faktor yang penting untuk kamu ingat adalah Tiger punya rangka yang pas untuk dijadikan Japstyle, ditambah performa mesin pun mumpuni yang membuat ini dirasa cocok dimodifikasi.

3. Honda Tiger Modif Cafe Racer

Honda Tiger modif Cafe Racer
Usung konsep cafe racer buat tampilan Honda Tiger jadi semakin menarik

Cafe racer bisa jadi konsep yang bisa jadi rekomendasi untuk Honda Tiger modif. Belakangan memang konsep modifikasi ini cukup digemari banyak kalangan di Indonesia.

Baca juga  Wow, Modifikasi Yamaha YZF R25 2016 Ini Telan Dana Hampir Rp 80 Juta!

Mengusung konsep cafe racer, membuat tampilan Honda Tiger modif justru semakin terlihat gagah. Meski sejatinya desainnya retro klasik, namun menarik perhatian.

Konsep modifikasi cafe racer pada Honda Tiger rasanya sangat cocok untuk kalangan mapan. Pasalnya untuk menghasilkan genre modifikasi ini, modifikator perlu merogoh kocek yang cukup besar untuk menghasilkan karya yang sempurna.

Pemilihan Honda Tiger sebagai bahan modifikasi cafe racer sendiri dianggap motor ini punya rangka yang sesuai dengan DNA motor bergaya cafe racer. Guna menunjang tampilan ada sejumlah komponen standar yang harus diubah.

Seperti mengubah stang yang dirancang lebih rendah, dan berubah menggunakan stang jepit. Tak hanya itu saja, modifikator juga harus mengganti tangki lebih ramping dan jok dengan model baru.

Sebaiknya kamu juga melakukan ubahan pada bagian kaki-kaki, yang diaplikasikan melalui penggantian pelek model jari-jari. Wah.. banyak juga ya yang berubah!

4. Honda Tiger Ala Chopper

Honda Tiger konsep Chopper
Tiger konsep modifikasi Chopper

Konsep Honda Tiger modif berikutnya mungkin kamu bisa memilih genre Chopper. Banyak modifikator yang mulai melirik konsep modifikasi yang satu ini.

Bila berminat untuk memilih konsep modifikasi yang satu ini, kamu juga harus memikirkan bujet yang perlu dipersiapkan. Karena tentunya biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit.

Desain chopper sendiri terlihat mampu menarik perhatian. Dengan konsep tampilan yang ceper, dengan stang yang tinggi.

Sedikit berbeda dari Tiger versi standar, untuk konsep chopper terlihat kini cenderung lebih kecil, dengan posisi berkendara yang cukup nyaman.

Stang tinggi dengan posisi duduk pada jok single seater menjadi konsep chopper. 70 persen komponen standar dari Honda Tiger harus diubah untuk menghasilkan Honda Tiger modif chopper.

Tersisa mungkin hanya rangka dan juga mesin saja. Hal ini yang menyebabkan biaya yang harus dikeluarkan cenderung besar.

Baca juga  5 Ide Modifikasi CB150R, Pilih yang Mana?

5. Modifikasi Honda Tiger Full Fairing

Honda Tiger Full Fairing
Honda Tiger Full Fairing

Berbeda dengan konsep Honda Tiger modif sebelumnya, untuk rekomendasi berikutnya mungkin kamu bisa mengubah tampilannya bak sebuah MotoGP, Sob!

Dalam merancang konsep modifikasi Honda Tiger full fairing ini, kamu juga membutuhkan bujet yang tentunya tidaklah sedikit. Setidaknya ada sejumlah ubahan yang perlu kamu lakukan untuk menyempurnakan tampilan.

Nah, yang tak kalah penting untuk kamu ingat. Untuk modifikasi yang satu ini kamu juga harus melakukan update di STNK apabila melakukan ubahan warna.

Selain itu, sebaiknya gunakan fairing yang sudah sesuai dengan rangka dan dudukan yang dimiliki Honda Tiger. Agar penyesuaian tidak akan sulit untuk dilakukan.

6. Honda Tiger Modif Adventure

Modifikasi Honda Tiger Adventure
Modifikasi Honda Tiger Adventure

Suka touring? Mungkin pilihan Honda Tiger modif adventure bisa jadi pilihan yang tepat. Di sisi lain, performa yang ditawarkan motor sport andalan Honda itu mumpuni untuk menghadapi segala medan jalan.

Sentuhan modifikasi untuk konsep adventure ini hanya terfokus pada penambahan aksesori saja, serta perlu mengganti spakbor depan. Untuk kebutuhan aksesori yang dibutuhkan pun kini mudah didapat.

Desain modifikasi adventure terbilang lebih terjangkau, dibandingkan dengan konsep modifikasi lainnya. Namun ketelitian dan perhitungan yang tepat sangatlah diperhatikan, saat akan melakukan modifikasi jenis ini. Apalagi motor akan digunakan untuk perjalanan menerabas jalan off-road.

Gimana sekarang sudah tahukan konsep Honda Tiger modif apa yang bisa jadi pilihan kamu? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian.

Di Moladin, kamu bisa menemukan aneka Motor Honda lainnya hingga Motor Bekas Berkualitas dengan DP ringan lho! Cek Moladin sekarang!

Baca juga:

Terbaru