Honda TrackFest 2023, Test Drive Brio RS Hingga Civic Type R

by Baghendra Lodra
sejarah honda civic type r

Dalam acara Honda TrackFest 2023 di Sirkuit Mandalika, kami mencoba seluruh varian RS yang dipunya oleh pabrikan berlogo H. Mulai dari Brio RS, WR-V RS, hingga Civic RS. Bahkan, mobil sport, Civic Type R FL5 juga ikut kami jajal!

“Semua aktivitas dalam Honda TrackFEST kami rancang untuk menunjukkan karakter sporty serta berbagai keunggulan di masing-masing produk RS,” kata President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Kotaro Shimizu saat pembukaan acara di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Selasa (30/5/2023).

Hanya saja, tidak semua mobil yang kami pakai di Honda TrackFest 2023 diajak untuk mengitari sikuit Mandalika. Sebut saja untuk Brio RS fun slalom dan WR-V RS driving technique dilakukan di area belakang paddock. Kemudian Honda Civic RS, kami uji drag race 201 meter cuma di lintasan lurus sirkuit.

Sementara yang benar-benar kami test drive mengitari sirkuit adalah Honda City Hatchback RS dan Civic Type R. Meski tidak semua mobil, tapi ajang ini benar-benar istimewa, lantaran semua pembalap Honda Racing Indonesia (HRI) hadir untuk menjadi mentor di setiap aktivitas.

Ingin tahu rasa berkendara dari masing-masing mobil Honda varian RS dan Type R Gen-6? Simak artikel di bawah ini:

Drag Race Honda Civic RS

test drive honda civic rs - honda trackfast 2023

Sedan Civic RS sukses mencatatkan dragrace 10,034 detik

Aktivitas pertama yang kami lakukan di Honda TrackFest 2023 adalah Honda Civic RS Fun Drag Race 201m. Kami gas pol mobil sedan ini sejauh 201 meter dalam lintasan lurus untuk merasakan respons akselerasinya.

Di atas kertas, Civic RS punya mesin 1.500 cc turbo yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal 178 PS serta torsi maksimal 240 Nm. Berapa kira-kira catatan waktunya saat diajak drag race?

Baca juga  5 Kelebihan Honda Civic Type R Terbaru 2023, Si Ganteng FL5

Sebelum gas pol, kami matikan dulu traction control dan AC. Lalu mode berkendara diubah ke posisi sport. Barulah pedal gas kami injak penuh.

Ternyata Civic RS masih terasa halus respons akselerasinya, tidak terlalu menyentak. Hasil yang kami dapat dalam drag race 201 meter adalah 10,034 detik. Catatan yang juga kebanyakan didapat oleh para peserta lain. Walau demikian, ada pula beberapa peserta yang sukses mendapatkan catatan waktu 8 hingga 9 detik.

Cruising Mandalika dengan City Hatchback RS

Kegiatan Honda TrackFest 2023 selanjutnya adalah Cruising Mandalika dengan City Hatchback RS. Akhirnya kami benar-benar keliling lintasan, walau belum pakai Civic Type R.

Di test drive kali ini, kami bisa merasakan kemampuan manuver dari City Hatchback RS benar-benar patut diacungi jempol. Kestabilannya menjejak aspal ketika diajak bermanuver ke kiri dan kanan melewati 17 tikungan sangat menyenangkan. Respons gasnya juga oke untuk mobil 1.500 cc bertransmisi CVT.

Maka wajar, Honda City Hatchback RS menjadi juara di kejurnas balap mobil touring car ITCR 1500 pada 2022.

WR-V RS Driving Technique

test drive honda wr-v rs - honda trackfast 2023 001

Test drive WR-V RS mengantisipasi oversteer dan understeer

Pada aktivitas WR-V RS Driving Technique di Honda TrackFest 2023, kami merasakan pengendalian mobil di kondisi ekstrem. Pabrikan berlogo H sengaja meletakkan troli di kedua roda belakang SUV ringkas tersebut. Alhasil WR-V jadi sulit dikendalikan ketika bermanuver.

Untuk menguji kemampuan manuver dari WR-V RS bertransmisi otomatis ini, disediakan rintangan berupa cone. Kami harus zig-zag melewatinya. Alhasil mobil sering mengalami oversteer dan understeer. Itu terjadi ketika fitur vehicle stability control (VSC) dimantikan.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Civic Ferio, Tertarik Beli?

Hanya saja saat VSC aktif, SUV tersebut jadi lebih mudah dikendalikan. Pasalnya VSC memastikan respons gas bisa dijaga, sehingga ban tidak selip. Alhasil efek oversteer dan understeer dapat diminimalkan.

Fun Slalom Bersama Honda Brio RS Facelift 2023

slalom honda brio facelift 2023 - honda trackfast 2023

Slalom Brio RS Facelift 2023

Honda Brio RS Facelift, mobil ini meluncur di Indonesia pada awal Mei 2023. Walau demikian, di akhir Mei, kami sudah dapat kesempatan untuk test drive bersamanya dalam sesi fun slalom.

Dalam aktivitas Honda Brio RS Fun Slalom, kami mendapat tantangan untuk bermanuver melewati rintangan berupa cone. Di sini, respons kemudi sigap serta pengendalian stabil dari Brio terbaru benar-benar terasa.

Pemula sekali pun, menurut kami bakal bisa fun slalom dengan Brio. Selama melakukan kegiatan ini, kami meletakkan posisi transmisi di D dan tidak angkat rem tangan sama sekali. Dengan kata lain, untuk bisa menyelesaikan waktu secapat mungkin dalam fun slalom ini, benar-benar memanfaatkan gas dan rem kaki, serta kemampuan memutar lingkar kemudi.

Ketika Brio RS terbaru ini kami ajak zig-zag melintasi cone, rasanya nurut. Begitu pula ketika harus putar balik cepat dan bannya berdecit keras, manuvernya masih sangat menyenangkan. Respons gasnya pun oke.

Alhasil dalam acara Fun Slalom Brio RS di Honda TrackFest 2023, kami suskes menjadi yang tercepat dengan waktu 20.664 detik. Walau memang, kalau dibandingkan dengan Keizha Venda Salsabila selaku peslalom HRI, kami kalah jauh. Perempuan pembalap itu sukses mencatatkan angka sekitar 19 detik.

Baca juga  Konsumsi BBM Honda Jazz Lintas Generasi, Siapa Paling Irit?

Test Drive Honda Civic Type R

test drive honda civic type r fl5 - honda trackfast 2023

Civic Type R FL5 digas di Sirkuit Mandalika

Kesempatan test drive Honda Civic Type R akhirnya datang juga. Mandalika dan mobil sport merupakan kombinasi sempurna untuk berkendara.

Varian Type R mengusung konsep Ultimate Sport dengan performa racing yang teruji di lintasan balap. Ini adalah Pinnacle of Honda Sporty Line Up, dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap.

Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6. Varian Type R menjadi inspirasi bagi Honda untuk mengembangkan berbagai varian yang juga memiliki kesamaan karakter sport, salah satunya varian RS.

Salah satu kendala kami ketika test drive Civic Type R adalah transmisinya cuma ada manual. Tentunya ini perlu penyesuaian terlebih dulu, maklum kami terbiasa pakai mobil matik.

Hanya saja setelah satu lap, kami mulai nyaman. Apalagi Civic Type R benar-benar stabil di lintasan. Dengan aerodinamika istimewa, ban mobil sport ini sukses mencengkram aspal dengan sangat baik. Jadi, ketika bermanuver cepat di lintasan, rasanya begitu menyenangkan dan setirnya manut diajak ke kiri dan kanan.

Belum lagi performa mesin 2.000 cc turbonya yang istimewa. Injak pedal gas, mudah sekali dapat 100 Km/jam. Maka wajar kalau mobil sport berpenggerak roda depan tersebut, sukses pecahkan rekor di Nurburgring tahun 2023.

Itulah tadi bahasan test drive Civic Type R, Brio RS, WR-V RS, City Hatchback RS, dan Civic RS dalam ajang Honda TrackFast 2023. Untuk informasi terbaru serta terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika