oleh

Hongqi S9, Hypercar Cina yang Tembus Pasar Italia

Hongqi S9 Hypercar China telah menembus pasar Italia. Mungkin banyak yang belum tahu, jika Negeri Tirai Bambu memiliki brand hypercar.

Meski produknya kurang nyaring terdengar di dunia. Setidaknya kini mobil Hongqi S9 yang mengusung teknologi hybrid tersebut mulai unjuk gigi. Dilansir laman Alvolante, Jumat (13/8/2021) Hypercar kebangaan China ini rencananya akan mendirikan rumah produksi di Reggio Emilia, Italia mulai tahun 2023.

Tidak hanya sampai di sini, S9 bahkan telah tampil di publik Italia selam Milan Design Week yang bergulir April 2021 lalu. Meski menyandang hypercar China, namun kendaraan ini sangat kental dengan Italia.

Tidak salah memang, mobil tersebut sungguh rancangan desainer Italia yang terkenal memang jago-jago soal desain mobil hypercar. Lihat saja brand-brand hypercar kelas dunia seperti Bugatti, Pagani,  dan Ferrari.

Seperti yang diketahui, Hongqi S9 sendiri merupakan produk hypercar terbaru yang didanai keseluruhannya oleh China (Silk and Faw). Untuk desain dan produksi  Hongqi S9 Hypercar melibatkan dua negara lain yakni Italia dan Amerika Serikat.

Baca juga  7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Hongqi S9 hypercar yang mengadopsi teknologi plug in hybrid ini pertama kali dipernalkan secara global pada awal 2021. Mobil ini dirancang oleh Walter De Silva, yang merupakan seorang desainer kawakan dunia dan mantan kepala desain Alfa Romeo, Seat, Audi dan Volkswagen.

Agar mampu merebut pasar Italia, mobil ini pun menancapkan kukunya dengan berencana membangun rumah produksi di negeri Pizza tersebut. Peresmiannya akan dilakukan di Salone del Mobile di Milan pada 4 September 2021.

Hongqi S9 hypercar sendiri sudah memiliki lahan untuk pusat produksinya seluas 320.000 meter persegi. Kini S9 bersiap untuk menjadi salah satu pemain hypercar dunia yang disegani.

Terlebih mereka saat ini juga didukung oleh beberapa mantan manajer Ferrari dan Lamborghini untuk lebih mengembangkan jajaran Hongqi masa depan, sebut saja beberapa nama seperti Amedeo Felisa, mantan CEO Ferrari dari 2008 hingga 2016. Dia akan menjadi manajer marketing Silk-FAW.

Roberto Fedeli, seorang pensiunan Ferrari, BMW, Alfa Romeo dan Maserati, akan mengawasi pusat inovasi Silk-FAW di Italia dan China dan memimpin pekerjaan perusahaan pada teknologi mengemudi otonom, konektivitas dan elektrifikasi.

Baca juga  Subaru WRX Terbaru Meluncur Agustus 2021, Lebih Buas!

Carlo Della Casa, yang memiliki pengalaman tiga puluh tahun sebagai direktur teknis Lamborghini dan McLaren, akan menjadi kepala pengembangan produk. Tidak main-main nih, pokoknya.

Spesifikasi Hongqi S9 hypercar 

Hongqi S9 hypercar 
Sosok Hongqi S9 yang pakai mesin hybrid

Menyandang sebagai mobil hypercfar, Hongqi S9 punya spek mesin yang tidak main-main. Hongqi S9 ditenagai oleh sistem plug-in hybrid yang terdiri dari V8 4 liter generasi terbaru dengan tenaga sekitar 880 HP, diapit oleh dua motor listrik yang mampu meningkatkan tenaga keseluruhan hingga 1.400 HP.

Beberapa data resmi berbicara tentang kecepatan tertinggi mobil ini, yakni  lebih dari 400 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam mampu dipacu hanya  dalam waktu kurang dari 2 detik.

Di pasar Eropa mobil ini dibandrol seharga 1,5 juta euro, atau jika diubah ke kurs Indonesia jadi senilai dengan Rp 25 miliar lebih.

Demikian ulasan terkait Hongqi S9 hypercar. Simak terus Moladin.com untuk update berita otomotif terbaru.

Terbaru