by

Hyundai Casper, SUV Termurah yang Siap Lawan Rocky-Raize

Mobil micro SUV terbaru, Hyundai Casper digadang-gadang siap diproduksi massal. Mobil ini merupakan varian terbaru dari Hyundai yang khusus dipersiapkan masuk ke pasar SUV segmentasi mesin kecil.

Rencananya Hyundai Casper akan diproduksi di India. Walau demikian, nantinya unit ini akan dijual secara global. Keputusan Hyundai dalam melepas Hyundai Casper kepasaran bisa saja kerena melihat tren SUV yang terus meningkat dan berkembang.

Hingga akhirnya membuat pabrikan mobil Asal Korea selatan ini melengkapi pasar SUV-nya pada ke kapasitas mesin yang lebih kecil lagi.

Hyundai yang dinegaranya sendiri merupakan produsen otomotif terbesar kedua, menurut laman Gaadiwaadi dikutip Sabtu, (24/7/2021) dikabarkan sedang sering-seringnya menguji jalan Casper.

Karena peluncurannya dikabarkan kian dekat, yakni September 2021. Kabarnya untuk mula-mula Casper akan diluncurkan di Korea Selatan lalu berencana masuk kepasar Asia melalui pabrik perakitan India.

Untuk pasar India nantinya Casper akan bersaing dengan Suzuki Ignis dan Tata HBX. Di mana secara ukuran dan kapasitas mesin ketiga mobil ini mirip-mirip.

Baca juga  Hyundai Staria, MPV Penantang Toyota Alphard

Nah, jika masuk ke Indonesia nantinya nantinya Hyundai Casper akan bersaing seru dengan duet SUV compact pendatang baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Dan satu lagi yang akan meluncur di Agustus Renault Kiger.

Di India diprediksi Hyundai Casper akan memiliki harga sekitar Rs. 9.00 lakh atau sekitar Rp 175 jutaan. Di kelas SUV, ini merupakan produk Hyundai yang paling murah.

Speksifikasi Mesin dan Fitur Casper

Hyundai casper
Bocoran interior yang diduga Hyundai Casper

Bicara spesifikasi, beberapa sumber menyebut Hyundai Casper akan mengaplikasi penggunaan pelek standar 17 inci, dibalut ban ukuran 205.

Selain itu pada bagian depan nampak modern dengan penggunaan lampu LED untuk penerangan siang, penempatannya tepat di bawah kap mesin.

Sedangkan lampu utamanya berjarak sekitar lima jari di bawahnya. Dengan berdesain bulat yang juga mengadopsi teknologi LED dan projector sebagai penerangan utama.

Penggunaan grill model lebar seperti kawat nyamuk membuat tampilan ini lumayan sporti dari depan.

Di bagian belakang, mobil ini juga mengusung lampu penerangan model bulat. Terpisah dengan rumah lampu sein yang terdapat di bagian atasnya, desain seinnya juga bulat.

Baca juga  Hyundai Stargazer Muncul di Bandung, Segera Mengaspal?

Desain mobil ini juga seperti SUV umumnya, menggunakan roof rail, kap mesin tinggi, jarak overhang pendek. Sedangkan ban serep diletakan di dalam mobil.

Sektor interior, berdar rumor jika Hyundai Casper juga akan menggunakan sunroof. Sebagai SUV compact modern, Casper juga sudah menggunakan key less entry and go dan sistem tombol start stop untuk pengoprasian dan mematikan mesin.

Menurut bocoran lainnya Hyundai Casper juga diprediksi memiliki kontrol iklim, unit infotainment layar sentuh 8 inci dengan Android Auto & Apple CarPlay.

Untuk keamanan  dan keselamatan, Hyundai Casper dibekali sistem pengereman ABS EBD, airbag, kamera parkir mundur, alarm sabuk pengaman, dan peringatan kecepatan tinggi.

Yang menarik soal mesin. Hyundai Casper menganut kapasitas 1.1L dan bensin 1.2L. Untuk yang 1.0L akan menghasilkan output 68 hp dan torsi maksimum 99 Nm. Untuk 1.2L yang lebih besar, berkapasitas maksimal 83 Hp dengan 113 Nm.

Apakah Casper bakal hadir ke Indonesia? Untuk saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Hyundai.

Baca juga  Hyundai Creta Diuji Jalan, Bakal Masuk Indonesia?

Demikian ulasan terkait Hyundai Casper yang diprediksi siap meluncur akhir tahun ini. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update terbaru seputar konten otomotif.

Terbaru