Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Hyundai Exter, SUV Ringkas Penantang Rocky-Raize!

by Tigor Sihombing
Hyundai Exter

Hyundai Exter siap dipasarkan sebagai peluru baru Hyundai Motors India. Mobil ini rencananya dilepas ke pasaran pada pertengahan tahun ini, sekitar Oktober 2023.

Hyundai Exter adalah SUV kompak yang hanya menggunakan mesin kecil. Di India, saingannya adalah Tata Punch, Citroen C3, Tata Nexon dan Suzuki Ignis. Sedangkan lawan sepadan di Indonesia, tentu saja duet Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Bukan dari segi dimensi saja yang membuat Exter menyerupai pesaing-pesaingnya tersebut. Melainkan juga dari mesin yang mengadopsi tenaga yang mirip-mirip. Laman Carwale menyebut, Hyundai Exter besar kemungkinan akan mengusung mesin 4 silinder 1.2 iter naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 82 hp (61 kW/83 PS). Selain itu terdapat juga pilihan mesin 1.0 turbocharge yang mengeluarkan tenaga 99 hp (74 kW/100 PS).

Prediksi penggunaan mesin tersebut berdasarkan kabar sharing platform antara Hyundai Exter dengan Grand i Nios/Aura (India), i10 (Eropa), dan Casper (Korea Selatan) dengan kode platform K1. Untuk transmisi sendiri dipercaya Hyundai Exter akan mendapatkan girboks manual 5-percepatan dan automated manual transmission (AMT).

Baca juga  Sales Hyundai Buka Pemesanan Stargazer Cross, Meluncur Juli 2023!

Desain Petualang Khas SUV Crossover Hadir di Hyundai Exter

Hyundai Exter

Hyundai Exter merupakan representas dari petualangan, travel, dan ketenangan.

Tarun Garg, selaku Chief Operating Officer Hyundai Motor India mengatakan, “Dengan bahagia kami memperkenalkan desain dinamis dan evokatif Hyundai Exter, mobil terbaru di lineup SUV kami. Exter merupakan representas dari petualangan, travel, dan ketenangan”.

Dalam pernyataanya Hyundai India menjelaskan jika Exter memiliki elemen-elemen Parametric Dynamism, yang siap menyasar aspirasi konsumen Gen Z yang ingin SUV modern dan berjiwa muda. Jadi, tidak heran jika kita melihat desain salah satu mobil termurah Hyundai ini terlihat lebih kekar, gagah dan condong ke crossover.

Bila melihat pada teaser yang disebar, Hyundai Exter tampil dengan warna hijau terang. Di mana warna-warna mencolok ini memang paling cocok digunakan oleh mobil-mobil berdesain kecil.

Selain itu terloihat dari depan desainnya mengotak. Di atas atapnya ada roof rail yang menandakan mobil tersebut siap diajak petualang, lantaran telah disiapkan jalur untuk penggunaan roof box.

Baca juga  Hyundai Creta Panen SPK di GIIAS 2021

Tapi belum diketahui, roof rail tersebut hanya variasi atau memang bisa digunakan secara serius. Karena di Indonesia sendiri, ada beberapa mobil kecil yang roof rail-nya hanya pemanis, bukan peruntukan roof box.

Selain itu aksen kotak juga terlihat dari desain lampu utama yang sejajar dengan gril, serta di atasnya ada lampu LED DRL berdesain H yang terlihat modern.

Demikian ulasan terkait teaser Hyundai Exter yang sudah diperkenalkan di India. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika