by

Hyundai Staria Kinder, Mobil Antar Jemput Anak Sekolah

Hyundai resmi meluncurkan Staria Kinder di Korea Selatan, pada Oktober 2021. Mobil ini berbasis dari Staria, namun sudah dimodifikasi sehingga lebih pas untuk digunakan antar jemput anak sekolah.

Tampilan MPV mewah ini berubah drastis, lantaran penggunaan cat bodi warna kuning. Kemudian di bagian atap terdapat tambahan aksesori untuk meletakkan lampu sein dan rem. Sekilas tampilannya mirip bus sekolan mini.

Kemudian masuk ke interior, Hyundai Staria Kinder juga menggunakan tema warna kuning. Desain joknya pun telah disesuaikan agar nyaman. Tidak ketinggalan hadir safety belt untuk masing-masing anak.

Di dalam kabin mobil, mampu memuat hingga 15 orang. Tersedia pula konfigurasi tempat duduk untuk 11 orang. Semua itu bisa disesuaikan tergantung pesanan.

Lebih istimewanya lagi untuk keselamatan, Hyundai tetap mempertahankan teknologi pintar seperti halnya di Staria biasa. Ambil contoh Staria Kinder punya forward collision prevention assist, lane departure prevention assist, rear cross collision prevention assist, lane keeping assist, hingga rear blind collision prevention asssit.

Baca juga  Hyundai Before Service Manjakan Konsumen GIIAS 2021

Bisa jadi inilah mobil antar jemput anak sekolah yang paling canggih fitur keselamatannya.

Pakai Mesin Berbahan Bakar Gas (LPG)

hyundai staria kinder 001
Hyundai Staria Kinder saat ini cuma dijual di Korea Selatan

Keunikan lain dari Hyundai Staria Kinder adalah berbahan bakar gas atau LPG. Hal ini dilakukan oleh Hyundai untuk mendukung pengurangan emisi gas buang di Negeri Gingseng.

Ditambah lagi, mobil antar jemput anak sekolah bermesin LG di Korea Selatan mendapat subsidi hingga 7 juta Won. Jika dikurs ke rupiah, nominalnya sekitar Rp 83 jutaan. Menarik bukan?

Proyek subsidi ini dimaksudkan, agar bus sekolah lama di Korea Selatan yang pakai diesel usang bisa segera diganti dengan mobil berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan.

Bicara harga, Hyundai Staria Kinder dijual mulai Rp 413 jutaan yang memiliki konfigurasi bangku 11 penumpang. Lalu untuk konfigurasi bangku 15 penumpang mencapai Rp 444 jutaan. Itu sudah termasuk subsidi yang didapat dari pemerintah Korea Selatan.

Sekilas Hyundai Staria di Indonesia

hyundai staria vs toyota alphard
Tersedia dua pilihan varian Hyundai Staria yang dijual di Indonesia: Sigtanutre 9 dan Signature 7

Kehadiran Hyundai Staria di Indonesia dimulai pada Agustus 2021. Mobil ini menyasar segmen MPV premium yang dikuasai saat ini oleh Toyota Alphard.

Baca juga  GIIAS 2021: Harga Hyundai Creta, Mulai Rp 279 Juta

Hanya saja, Staria punya spesifikasi cukup unik. Salah satunya penggunaan mesin turbo diesel 2.2-liter. Jantung mekanis tersebut mampu mengeluarkan torsi puncak 430 Nm dan tenaga 177 PS. Kombinasinya adalah transmisi 8-percepatan otomatis.

Lalu Staria yang dijual di Indonesia tersedia dalam dua varian: Signature 7 dan 9. Khusus Signature 7, harganya tembus Rp 1,02 miliar (OTR Jakarta).

Dijual cukup tinggi, karena fitur-fiturnya lebih mewah. Sebut saja penggunaan sistem audio BOSE Premium 12-speaker, serta jok besar di bangku baris kedua lengkap dengan sandaran kaki. Hanya saja memang konfigurasi bangkunya cuma untuk tujuh orang.

Beda dengan Staria Signature 9 yang mampu menampung hingga sembilan orang penumpang. Kemudian kelebihan varian ini, harganya lebih terjangkau yaitu Rp 888 juta (OTR Jakarta).

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru