Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ini Efek Motor Kekurangan Oli, Jangan Sampai Diabaikan!

by Baghendra Lodra
Oli Mesin Habis

Moladin – Oli memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Tapi tahu gak nih Moladiners kalau motor yang kekurangan oli dampaknya bahaya?

Ternyata takaran oli pada motor harus pas lho, biasanya takaran oli 0,8 liter, sedangkan untuk motor yang besar bisa mencapai 3,8 liter. Efek kalau sampai motor kekurangan oli itu gak sembarangan, mulai dari komponen yang cepat haus sampai bisa sebabkan turun mesin. Walau efeknya gak terasa secara langsung, tapi lama kelamaan bisa berasa ke performa motor.

ini-efek-motor-kekurangan-oliSelalu cek oli motor, jangan sampai kurang dari takaran | Foto: Faktualnews

Dikutip dari laman castrol.com, disebutkan bahwa oli mesin berperan sebagai sistem pelumas yang dapat mengurangi keausan bagian-bagian mesin motor yang nantinya berdampak pada penurunan panas mesin.

[product product=”Suzuki Address Playful” images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_Address_Playful_2133_89249_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-address-playful-matic-4-stroke-1-cylinder-air-cooled-soch-110cc” price=”Rp. 600.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Efek Negatif Kekurangan Oli Pada Motor

Ternyata kekurangan oli berdampak negatif ya sob buat motor kesayangan kalian. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari kekurangan oli mesin, otomatis pelumasan mesin jadi kurang optimal. Terlebih ketika di pagi hari, saat motor dinyalakan, pompa oli dipastikan bekerja lebih berat lhoo son hal itu disebabkan karena debit oli yang kurang. Efeknya, motor bisa ngebul ditambah lagi suhu mesin menjadi jauh lebih panas.

Baca juga  10 Tips Kredit Motor Bekas via Online Tanpa Ribet dan Aman

Masih ada lagi nih efek negatif yang ditimbulkan dari kurangnya oli mesin pada motor, komponen penting yang ada di mesin seperti silinder, blok, dan ring piston jadi lebih cepat aus dan baret. Nah, kalau cepat aus itu berarti umur pemakaiannya jadi lebih pendek.

Hal ini juga bisa membuat kompresi motor jadi lemah dan kinerja mesin dijamin bakal menurun. Dampak fatal dari kekurangan oli adalah motor bisa turun mesin. Ini pastinya bikin kantong Moladiners jadi jebol, secara biaya pengerjaan turun mesin gak murah.

knalpot berasap karena kekurangan oliMotor ngebul juga salah satu akibat dari kurangnya oli mesin | Foto: Motorplus

Gimana nih Moladiners? Pastinya sudah paham ya pentingnya oli mesin pada motor. Jangan sampai motor kekurangan oli, takarannya harus pas. Dan gak kalah penting nih, selalu pastikan oli motor kalian asli. Motor yang perawatannya rutin, tentu lebih nyaman dipakai harian dan gak bikin kalian khawatir mogok dijalan serasa motor baru deh! Ingat Motor, Ingat Moladin!

[product product=”Viar Q1″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/viar/Viar_Q1_18125_73442_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/viar/viar-viar-q1″ price=”Rp. 1.750.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  Royal Enfield Spek Murah Siap Rilis, Harga Rp 20 Jutaan

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika