Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Inilah Sosok MPV Wuling 9-Seater Bemesin Turbo

by Baghendra Lodra
mpv wuling 9-seater

Sosok MPV Wuling 9-Seater mulai terlihat ke publik. Mobil tersebut istimewa karena mampu memuat banyak penumpang. Hanya saja kehadirannya bukan di Indonesia, melainkan baru di Cina.

Sebagai mobil MPV, jangan terlalu berharap dengan tampilannya. Pasalnya Wuling merancangnya dengan sangat sederhana.

Dari bocoran yang terlihat, kendaraan ini memiliki bentuk bodi yang mengotak. Kemudian peleknya belum bermaterial alloy, serta penggunaan grille warna hitam.

Sekilas, MPV Wuling 9-seater mirip sekali dengan Wuling Hongguang Plus. Walau demikian, tampilannya dibuat lebih khas mobil niaga. Perbedaan lain, jarak sumbu roda kendaraan anyar ini lebih panjang dengan ukuran mencapai 3.180 mm.

Dengan sumbu roda panjang, tentu kabin mobil terasa semakin lega. Cocok buat menampung banyak orang di dalamnya.

Lalu pintu mobil bagian belakang dibuat bergaya geser, dengan begitu untuk keluar masuk penumpang bakal lebih mudah. Di dalam kabinnya sendiri terdapat konfigurasi bangku 2+2+2+3.

Beberapa media Cina mengatakan, kehadiran mobil ini untuk mengakomodir peraturan pemerintah Cina yang membolehkan warganya memiliki tiga anak pada 2021. Sebelumnya Cina cuma mengizinkan satu anak, lalu pada 2016 mulai longgar jadi dua anak.

Baca juga  Wuling Almaz Hybrid Vs Almaz RS, Beli yang Mana?

Pakai Mesin 1.500 cc Turbo

mpv wuling 9-seater

Tampak belakang mobil MPV Wuling yang muat sampai 9-orang

Secara resmi, Wuling telah mengumumkan bahwa mobil anyarnya diberi nama Journey. Peluncurannya sendiri akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2021.

Walau demikian berbagai media Cina sudah mengantongi bocorannya. Sebut saja dimensinya memiliki panjang 5.150 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.895 mm. Cukup besar memang untuk sebuah mobil keluarga.

Kemudian MPV Wuling 9-seater itu pakai mesin berkubikasi 1.500 cc turbo layaknya Hongguang. Jantung mekanisnya bisa melontarkan torsi hingga 250 Nm dan tenaga maksimal 147 hp. Lalu transmisinya kemungikan pakai 6-percepatan manual dan CVT.

Kemudian soal harga, prediksinya tidak sampai 100.000 yuan atau di bawah Rp 200 jutaan. Istimewa bukan?

Semoga saja mobil MPV Wuling 9-seater ini bisa hadir di Indonesia. Pasalnya mobil tersebut selain bisa digunakan sebagai kendaraan keluarga, juga dapat dipakai untuk keperluan niaga.

Sampai sekarang, segmen seperti itu memang belum banyak dihuni oleh merek kendaraan di Tanah Air. Di Indonesia sampai sekarang, cuma ada DFSK Glory yang ada di dalamnya yang dijual Rp 185 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  6 Kekurangan Wuling Alvez, Rp 200 Jutaan Banyak Tapinya!

Jadi kalau Wuling ikut main, bukan tidak mungkin akan semakin bertumbuh pasarnya. Plus, mobil Wuling sesungguhnya punya desain yang lebih manis dibanding DFSK.

Bagaimana menurut kamu tentang MPV Wuling 9-seater? Atau jangan-jangan, kamu menganggap lebih pas di Tanah Air MPV 7-seater saja?

Kalau soal 7-Seater, Wuling sudah punya dua produk yang dijual di Indonesia. Mereka adalah Confero S dan Cortez CT. Sebagai informasi, Wuling Confero S merupakan jenis LMPV dengan harga terjangkau dan pakai mesin 1.500 cc. Sementara Wuling Cortez CT adalah MPV kelas menengah yang menggunakan mesin 1.500 cc Turbo. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika