Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Teknologi Internet of Things pada MG HS i-SMART, Apa Fungsinya ?

by Tigor Sihombing
Internet of Things pada MG HS i-SMART

Internet of Things pada MG HS i-SMART, kira-kira apa sih fungsinya ? Mungkin sebagian dari kalian masih bingung nih dengan istilah Internet of Things pada MG HS i-SMART.

Secara di era yang modern ini, banyak orang yang tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi dan internet untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk pekerjaan, gaya hidup, hingga mobilitas.

Dengan berkembangnya internet dan teknologi, muncul istilah Internet of Things (IoT) yang bahasa mudahnya berarti “segalanya terkoneksi ke internet”.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Statista, jumlah perangkat Internet of Things (IoT) di seluruh dunia pada tahun 2030 diperkirakan akan meningkat hampir tiga kali lipat dari dari tahun 2020 menjadi lebih dari 25,4 miliar perangkat IoT.

Industri otomotif disebut sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk perangkat berbasis IoT.

Perkembangan teknologi berbasis IoT inilah yang terus diikutin MG untuk diterapkan pada model-model kendaraan. Seperti saat ini, pabrikan yang bermarkas di China ini baru saja menghadirkan mobil MG Marvel R Electric, khusus untuk pasar Eropa.

Baca juga  Bocoran Wuling Almaz Facelift 2023, Jadi Ganteng!

SUV elektrik ini dikatkan MG dalam keterangan resminya Rabu, (4/8/2021) memiliki banyak fitur canggih yang terkoneksi langsung dengan internet, termasuk MG Pilot ADAS dan sistem konektivitas MG i-SMART baru dengan layar sentuh berukuran 19,4 inci.

Selain itu di sisi lain, MG terus mengembangkan rencana produknya dengan menyematkan teknologi canggih nan megah melalui mobil konsep.

Yang teranyar, MG Cyberster, memanfaatkan teknologi IoT dan sukses menghadirkan konektivitas 5G di dalam kabinnya sehingga para pengendara dapat menikmati tidak hanya gaming, tetapi kegiatan dan konektivitas berbasis internet lainnya dengan lebih lancar.

Inovasi global ini lah yang dibawa MG ke Indonesia pada mobil MG HS i-SMART. Dengan pemanfaatan teknologi IoT memungkinkan pemilik MG HS i-SMART selalu terhubung dengan kendaraannya tanpa adanya hambatan jarak dan waktu.

Melalui teknologi MG i-SMART, MG menjadi satu-satunya merek mobil asal Inggris di Indonesia yang mengandalkan kecanggihan internet.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, “Internet of Things pada MG HS i-SMART tercipta karena pesatnya perkembangan teknologi di dunia dan tingginya mobilitas saat ini.

Baca juga  Harga MG VS HEV Cuma Rp 389 juta, Mobil Hybrid Termurah di Indonesia Saat Ini!

“Kami memahami bahwa sebagian besar pecinta otomotif membutuhkan sebuah mobil pintar yang terkoneksi dengan internet untuk menunjang aktivitas berkendara dan gaya hidup mereka,” tambahnya.

Fungsi IoT Pada Kendaraan MG

Internet of Things pada MG HS i-SMART

Interior mobil konsep MG Cyberster, terkoneksi 5G, bisa dibuat ngegame di dalam kabinnya.

Berkat adanya penggunaan teknologi Internet of Things pada MG HS i-SMART, bepergian dengan meninggalkan mobil di rumah untuk waktu yang cukup lama bukan lagi menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan karena para pengguna tetap dapat memeriksa kondisi kendaraan mereka.

Fungsi lain Internet of Things pada MG HS i-SMART adalah pengguna bisa mengakses lagu secara online langsung dari layar infotainment system di dalam mobil sehingga kegiatan berkendara akan terasa lebih menyenangkan.

Selain itu, Smart Connect juga mengizinkan penggunanya mencari lokasi-lokasi penting yang ingin dituju seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit, serta melihat keadaan jalanan dan mengetahui informasi cuaca secara real time, sehingga mereka tidak harus melakukannya melalui ponsel pintar mereka saat sedang berkendara

Dengan demikian, teknologi IoT pada MG HS i-SMART juga turut berkontribusi dalam menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman.

Baca juga  MG 5 GT Siap Dijual di Jakarta Auto Week 2022

Salah satu kecanggihan dari pentingnya integrasi teknologi Internet of Things pada MG HS i-SMART memungkinkan para pengguna untuk terus memperbarui firmware mereka menggunakan koneksi internet via Firmware Over the Air (FOTA).

Demikian ulasan terkait Internet of Things pada MG HS i-SMART. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika