Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Keuntungan Isi Bensin Malam Hari

by Jinny
Harga BBM Pertamina turun

Buat Kalian yang tiap hari pergi beraktivitas naik motor, ada tips yang bisa bikin Kalian lebih hemat dalam pengeluaran buat uang bensin, loh. Coba mulai dari sekarang Kalian biasakan ngisi bensin pas malam hari. Berikut penjelasannya, kondisi BBM di tangki penyimpanan SPBU bisa memuai dan menguap ketika kondisi cuaca sedang panas terik. Karenanya, saat BBM disalurkan ke kendaraan Kalian, jumlah liter yang tertera pada dispenser bisa jadi lebih besar dan jadi nggak sesuai dengan massanya.

[product product=”Yamaha Mio M3″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_M3_2068_66732_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-m3-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_mio_m3&utm_medium=blog_keuntunganisibensin_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_mio_m3″ price=”Rp. 400.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Itu artinya, ada kemungkinan Kalian perlu membayar lebih banyak. Seperti yang dijelaskan Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, peneliti dari Institue Teknologi Bandung (ITB). “Kan kita bayar rupiah per liter. Ketika temperaturnya tinggi, liternya juga bertambah. padahal massanya tetap. Berarti kita yang bayar lebih untuk mendapatkan massa yang sama,” kata Tri yang juga menyarankan lebih baik mengisi BBM pada malam hari ketimbang siang, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (21/11/2017).

Baca juga  Honda Tiger Siap Reborn, Basis CBF190TR yang Rilis di China

BBM yang berbentuk cairan ini akan memuai ketika panas. Cairan ini yang dihitung pada dispenser dalam jumlah liter, sedangkan uap nggak. Tangki SPBU punya mekanisme khusus yang menyalurkan uap ke posisi dasar tangki. Meskipun jumlah liter dengan massa bisa berbeda, akan tetapi perbedaan ini nggak akan terasa signifikan buat konsumen karena skalanya yang kecil.

[product product=”Yamaha X Ride 125 All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_X_Ride_125_All_New_8907_79518_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-x-ride-125-all-new-matic-4-langkah-2-valve-sohc-berpendingin-angin-bluecore-125cc?utm_source=yamaha_x_ride_125_all_new&utm_medium=blog_keuntunganisibensin_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_x_ride_125_all_new” price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

“Bedanya enggak sampai setengah liter juga. Misalnya densitas (massa jenis) BBM 0,78 kg per liter, tergantung kenaikan temperatur. Misalnya cuma menjadi 0,75 kg per liter. Ini kan bedanya kecil sekali. Tapi kalau skala industri tertentu berpengaruh, makanya ada cara khusus buat menghitung. Namanya liter 15,” jelas Tri.

Hal ini juga udah dikonfirmasi oleh pihak Pertamina sendiri. “Pak Tri narasumber yang kredibel. Kami yakin beliau paham akan materi yang disampaikan,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Puspanegoro. Mengisi bensin di malam hari ternyata lebih menguntungkan, bukan?.

Baca juga  Tilang Ganjil-Genap Berlaku, Cermati Sistem dan Sanksinya

Mulai sekarang nggak ada salahnya buat mengubah kebiasaan isi bensin kalian di malam hari. Keuntungan isi bensin malam hari, untuk dalam segi jumlah bensin, kalian juga gak perlu repot ngantri juga. Walaupun nggak seberapa, tapi alian bisa jadi lebih irit dan nggak terburu-buru dibandingkan isi bensin saat akan memulai aktivitas di pagi hari.

[product product=”Yamaha Mio S” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_S_9985_81477_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-s-matic-4-stroke-sohc-125cc?utm_source=yamaha_mio_s&utm_medium=blog_keuntunganisibensin_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_mio_s” price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Nah, sekian tips dari Jinny soal keuntungan isi bensin malam hari. Semoga bisa membantu bro bikers di rumah ya..

Ingat Motor, Ingat Moladin

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika