by

Isuzu Traga Blind Van, Mini Bus Reinkarnasi Panther

Isuzu Traga Blind Van resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (22/10/2021). Mini bus ini hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha angkut barang, yang di masa pandemi mengalami peningkatan cukup signifikan.

Dengan kehadiran Traga Blind Van, maka pengusaha angkut barang diharapkan tidak perlu lagi memiliki unit mobil yang terlalu banyak. Pasalnya, daya angkut kendaraan ini sangatlah besar. Jadi ongkos operasional dapat ditekan.

“Isuzu Traga Blind Van merupakan hasil kerja sama PT Isuzu Astra Motor Indonesia dengan karoseri partner, dirancang dengan cargo belakang berkualitas standard Isuzu dan bergaransi, sehingga kualitas lebih baik dan lebih tahan lama,” terang Product Marketing CV & LCV Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Arvin Sumbung.

Soal kelebihannya, mobil niaga dirancang memiliki mesin yang sudah dikenal bandel dan irit. Bagaimana tidak? Isuzu menggunakan basis jantung mekanis Panther untuk Traga Blind Van. Jadi wajar, kalau dikatakan mobil ini sebagai titisan Isuzu Panther.

Jantung mekanisnya memakai kode 4JA1-L dengan konfigurasi empat silinder dan turbocharger. Mesin diesel berkapasitas 2.499 cc itu bisa melontarkan torsi puncak 191,2 Nm pada 1.800 rpm dan tenaga maksimal 80 PS pada 3.500 rpm. Sementara itu untuk transmisinya menggunakan 5-percepatan manual.

Baca juga  Bocoran Sosok Suzuki Carry Pickup 2021, Lebih Gagah!

Hanya saja kekurangannya adalah masih mengadopsi standar emisi Euro 2. Padahal pada tahun depan, Indonesia bakal memasuki standar emisi Euro 4 yang lebih ramah lingkungan.

Isuzu mengaku bakal mengubah spesifikasi mesin Traga Blind Van, kalau memang pemerintah Indonesia sudah benar-benar menerapkan standar tersebut.

Kapasitas Cargo Isuzu Traga Blind Van

isuzu traga blind van
Saat ini Traga Blind Van belum memiliki kompetitor di kelas 2.500 cc diesel

Di samping memiliki performa mesin mantap. Isuzu Traga Blind Van unggul dari sisi kapasitas cargo. Di atas kertas dimensi panjang totalnya adalah 2,9 meter, lebar 1,52 meter, tinggi 1,2 meter, dan volume 5,22 m3.

Kemudian yang tidak kalah menarik, mini bus tanpa kaca di bagian cargo ini memiliki dua pintu: belakang dan samping. Terkhusus untuk pintu samping, bukaannya sangat luas mencapai 1 meter. Alhasil tidak sulit ketika msuk serta keluar barang.

Isuzu mengatakan, ke depannya bukan tidak mungkin Traga Blind Van bakal memiliki opsi pintu lain. Sebut saja pintu geser di bagian samping. Hal ini akan dipertimbangkan, bila ada masukan dari konsumen.

Walau bongsor, tapi penggunaan mobil ini di dalam kota tidak masalah. Pasalnya Isuzu telah mendesainnya dengan baik. Salah satunya dengan radius putar minimal 4,5 m, sehingga mudah bermanuver.

Baca juga  Program Spesial Isuzu Jelang Lebaran 2021

Kemudian yang juga menarik, hingga sekarang Isuzu Traga Blind Van tidak punya kompetitor. Maklum, mobil ini menggabungkan keunikan dari penggunaan mesin diesel 2.500 cc dengan kapasitas cargo luas ala mini bus.

Soal harga, hingga sekarang, belum diumumkan oleh Isuzu. Klaim mereka, banderol resmi dari mobil blind van tersebut sudah bisa diketahui saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Isuzu Traga Blind Van. Apakah kamu tertarik meminangnya? Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru