Isuzu Traga Blind Van Mulai Dilirik Negara Tetangga

by Ivan
Isuzu Traga Blind Van mulai dilirik masuk Filipina

Apa kabar Isuzu Traga Blind Van ? Ini adalah mobil asli dalam negeri yang dihadirkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) pada Oktober 2021 sebagai mobil komersial yang lahir dari perkembangan industri logistik selama pandemi Covid-19.

Saat itu di medio tahun 2020 hingga 2021 menjadi tahun yang berat lantaran Covid-19. Meski nyatanya bisnis e-commerce justru mengalami peningkatan berbanding lurus dengan bisnis logistic.

Nah dengan spesifikasi khusus dan daya tamping maksimalnya, Isuzu Traga Blind Van nampak mulai dilirik negara tetangga seperti Filipina. Lantaran sudah bertahun-tahun sejak Isuzu Crosswind (Panther Grand Touring) dihentikan produksinya, tidak ada suksesor yang berperan optimal di segmen ini.

Crosswind memiliki masa produksi yang panjang, tetapi akhirnya membuat perusahaan ini tidak memiliki kendaraan pengangkut penumpang. Isuzu I-Van mencoba menggantikannya, tetapi bahkan mobil itu sudah tidak diproduksi lagi.

Isuzu Traga Blind Van Diproyeksi Pas Mengisi Celah

Absennya Isuzu Crosswind dan I-Van, bikin Traga Blind Van dibidik jadi model pengganti yang tepat
Absennya Isuzu Crosswind dan I-Van, bikin Traga Blind Van dibidik jadi model pengganti yang tepat

Dengan tidak adanya model penumpang berdimensi panjang macam Isuzu Crosswind bahkan I-Van, maka Isuzu Traga Blind Van dibidik jadi model pengganti yang tepat.

Baca juga  Perbandingan Tenaga Isuzu D-Max EV, D-Max Mild Hybrid dan D-Max Solar Versi Lokal

Di Filipina Isuzu Traga dikenal dengan nama Isuzu Traviz. Meski berbeda dengan Isuzu I-Van yang asli untuk mengangkut penumpang, maka Traga termasuk Traga Blind Van adalah murni mobil komersial. Namun berbagai proyeksi bisa berubah, bahkan siap mengubah segmentasi Traga Blind Van mengingat di Filipina juga banyak perusahaan karoseri.

Dari segi tampilan, Traga Blind Van memiliki kemiripan sekilas dengan I-Van lama. Namun, mengingat segmennya, mobil ini mungkin lebih kecil dari I-Van dan lebih mirip dengan L300 Versa Van di sana.

Memang, jendelanya tertutup (karenanya, Blind Van), tetapi kita melihat ada potongan jendela. Mungkin saja ada versi van penumpang di kemudian hari, tetapi itu tergantung pada Isuzu Indonesia. Namun, fakta bahwa mobil itu ada dan menambahkan pintu geser mungkin menjadi hal yang membantu. Selain itu, lampu belakang tampak seperti adaptasi dari lampu Crosswind model awal.

Volume kargo Isuzu Traga Blind Van mencapai 5,22 m3
Volume kargo Isuzu Traga Blind Van mencapai 5,22 m3

Melihat semua ruang di belakang membuat kita bertanya-tanya berapa banyak kursi yang bisa muat di sana. Menurut Isuzu, ada ruang seluas 5,2 meter persegi di sana, sehingga dapat dengan mudah membawa banyak parsel dan lebih dari cukup untuk beberapa kursi dan beberapa penumpang.

Baca juga  Isuzu Bicara Elektrifikasi dan Perluasan Lingkup Usaha di Tahun 2024

Secara mekanis, mobil ini sama dengan Isuzu Traviz di Filipina. Isuzu Traga Blind Van ditenagai oleh mesin 4JA1-L unit turbodiesel 2.5 liter yang menghasilkan tenaga 78 hp dan torsi sebesar 176 Nm. Satu-satunya transmisi yang tersedia adalah manual lima percepatan. Serta memiliki radius radius putar minimal 4,5 m sehingga mempermudah untuk bermanuver.

Setup suspensi juga sama dengan versi van dan pikap, artinya ada suspense double wishbone dengan per koil di bagian depan dan per daun di bagian belakang.

Jika Isuzu memutuskan sudah waktunya untuk mencoba lagi segmen van penumpang di Filipina, yups mereka memanfaatkan pelaku karoseri lokal untuk mencoba dan mewujudkannya.

Harga Isuzu Traga Blind Van di Indonesia

Isuzu Traga Blind Van dijual seharga Rp 319,7 juta
Isuzu Traga Blind Van dijual seharga Rp 319,7 juta

Isuzu Traga Blind Van lahir dari pabriknya dengan volume cargo yang luas. Hal ini tentu penting bagi bisnis logistic di area perkotaan sehingga distribusi barang menjadi lebih cepat dan mudah.

Dengan volume kargo mencapai 5,22 m3, Traga Blind Van diklaim memiliki ruang kargo terluas di kelasnya. Mampu mengangkut lebih banyak sehingga lebih menguntungkan dan menghemat biaya operasional dalam proses pengantaran.

Baca juga  Singgung 'Tetangga', Isuzu Bilang Belum Waktunya Rilis Truk Listrik Meski Punya Elf EV

Bagi konsumen yang berminat Isuzu Traga Blind Van dijual seharga Rp 319,7 juta. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika