Kamis, April 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Jangan abaikan, Ini 3 Tanda Rantai Motor Harus Diganti

by Baghendra Lodra
tips supaya rantai motor awet

Sobat Moladin pernah mengalami putus rantai motor di tengah jalan kah? Gimana rasanya, sob? Meskipun enggak terlalu sakit di hati seperti putus cinta, tapi putus rantai motor di jalan bisa bikin sakit badan lho. Kok bisa? Ya iyalah, rantai motor yang putus saat kalian sedang asik-asiknya melaju di kecepatan tinggi bisa membuat kalian mengalami kecelakaan. Tak lupa juga bikin kalian malu.

Nah supaya gak sampai kejadian seperti itu, Jinny mau kasih tips supaya rantai motor awet selalu dan kapan harus diganti. Cekidooot!

[product product=”Honda Vario 150 eSP” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Vario_150_eSP_2087_69907_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-vario-150-esp-matic-4-langkah-sohc-150cc?utm_source=honda_vario_150_esp&utm_medium=blog_jangan-abaikan-ini-3-tanda-rantai-motor-harus-diganti_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dhonda_vario_150_esp” price=”Rp. 1.038.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

1. Pastikan Gir Selalu Oke

Pastikan gear selalu ok

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk mencegah kejadian rantai putus di tengah jalan adalah mengecek kondisi gir motor. Gir motor ini langsung bersentuhan dengan rantai. Coba lihat apakah ujungnya gir lancip, lekukannya dalam, dan warnanya berubah gelap? Itu tandanya kalian harus siap merogoh kocek untuk membeli gir baru. Apalagi kalau lebar lekukan dan sudut tajamnya sudah tidak sama lagi, sob, gir kalian harus buru-buru diganti. Sebagai informasi, perubahan bentuk gir ini dikarenakan aus akibat bergesekan terus menerus dengan rantai motor.

Baca juga  Tonton Channel YT Moladin, Ada Giveaway Menarik!

2. Rantai Terlihat Kendor

tips supaya rantai motor awet

Cara lain yang bisa kalian coba adalah dengan membawa motor kalian secara perlahan-lahan, atau kalau lagi malas jalan-jalan bisa juga dengan menarik tuas gas dengan pelan-pelan dengan posisi motor ditahan oleh standar tengah. Kalau kalian lihat rantai motor mengendor trus mengencang dan ada perputaran roda yang tidak stabil, itu artinya rantai motor kalian layak dipensiunkan, sob. Hal itu biasanya disebabkan penghubung antar mata rantai sudah aus atau bahkan bagian dalam rantai yang aus.

[product product=”Suzuki Address FI” images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_Address_FI_2138_88831_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-address-fi-matic-4-stroke-1-cylinder-air-cooled-sohc-115cc?utm_source=suzuki_address_fi&utm_medium=blog_jangan-abaikan-ini-3-tanda-rantai-motor-harus-diganti_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dsuzuki_address_fi” price=”Rp. 600.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

3. Suara Tak Wajar

performa mesin

Kalian mendengar ada suara yang sangat kasar, bising, atau tak wajar dari rantai dan gir kah, sob? Waspadalah, bisa dipastikan ada yang salah dengan rantai atau gir motor kalian. Bisa jadi karena komponennya sudah banyak yang aus atau ada pemasangan yang kurang tepat.

Setel rantai motor sesuai dengan pedoman dari pabrikan motor ya, sob. Karena pabrikan motor pastinya sudah melalukan uji coba untuk setiap pemasangan komponennya. Coba-coba modifikasi boleh, tapi jangan sampai kebablasan dan sampai membahakan nyawa ya, sob.

Baca juga  Motor Terendam Banjir? Ini 5 Cara Menanganinya

[product product=”Yamaha Aerox 155″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Aerox_155_2061_69082_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-aerox-155-premium-matic-liquid-cooled-4-stroke-sohc-155cc?utm_source=yamaha_aerox_155&utm_medium=blog_jangan-abaikan-ini-3-tanda-rantai-motor-harus-diganti_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_aerox_155″ price=”Rp. 1.000.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

So, jangan tunggu lama-lama. Kalau sudah waktunya diganti, ganti rantai motor kalian secepatnya, sob. Rantai motor itu penting lho dalam menjaga keamanan berkendara. Supaya berkendara motor harian kalian tetap aman dan nyaman lakukan pengecekan rantai motor ini secara berkala ya. Jinny pamit, sampai ketemu di info selanjutnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika