Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sudah Tau Belum, Rantai Ternyata Punya Banyak Jenis dan Kegunaan Lho!

by Baghendra Lodra
jenis rantai motor

Halo, sobat Moladin dimanapun berada! Apa kabar kalian, sob? Kali ini, Jinny mau membahas ragam rantai motor. Kalian pasti tahulah kalau rantai merupakan salah satu komponen sepeda motor yang penting. Rantai berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda. Biasanya rantai digunakan oleh motor yang menggunakan transmisi manual ya.

Jadi, secara umum ada dua jenis rantai motor yang sering dipakai oleh motor manual yaitu rantai dengan ring dan rantai tanpa ring. Sedangkan tipenya sendiri yang paling umum dipakai adalah 415, 420, 428, 428H dan 520. Untuk rantai di bawah 428 biasanya dipakai untuk motor jenis bebek, sedangkan tipe rantai 428 dan 520 biasanya dipakai untuk motor sport.

Pertanyaan mengenai tipe-tipe rantai ini banyak ditanyakan sobat bikers di forum Moladin lho sob! Buat yang belum nongkrong di Moladin, buruan gabung sekarang banyak sobat bikers dari banyak komunitas yang ada di forum Moladin.

Lalu, apa sih perbedaan dari rantai dengan ring dan tanpa ring ini? Yuk, cek jenis rantai motor di bawah, sob. Gasss!

Baca juga  Lindungi Motor Kesayangan Dengan Glass Coating

1. Rantai dengan Ring

Rantai dengan ring itu lingkaran cincinnya biasanya terbuat dari bahan karet dan berada di antara lempengan mata rantai sehingga mata rantai tidak langsung bergesekan. Rantai dengan ring juga ada dua macamnya, yakni O-Ring dan X-Ring. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai penyekat antara mata rantai ada sedikit perbedaan di atara keduanya, sob.

Rantai O-Ring
Rantai ini memiliki cincin yang berbentuk huruf O atau melingkar. O-Ring ini bisa dibilang lebih awet daripada rantai tanpa ring karena ring-nya berfungsi sebagai segel untuk menjaga pelumas tetap berada di antara dua lempengan mata rantai. Kalau tertekan biasanya bentuknya jadi pipih. Meskipun menyimpan pelumas di antara mata rantai, rantai jenis ini bagian luarnya juga harus dilumasi secara berkala ya, sob.

Rantai X-Ring
Rantai X-Ring adalah jenis yang paling baik dari tiga rantai yang kita bahas kali ini, maka dari itu harganya lebih mahal, sob. Fungsinya sama dengan rantai O-Ring yaitu menjaga bagian dalam rantai tetap terlumasi dengan baik.

Baca juga  Kredit Motor, Ditolak? Coba Cek Penyebab Berikut!

Bedanya dengan rantai O-Ring adalah bentuknya yang serupa dengan huruf X, kalau rantai O jadi pipih kalau tertekan, nah rantai X ini jadinya terpilin untuk menghindarkan logam rantai saling bergesekan. Rantai jenis ini sering dipergunakan di ajang balap. Kalau kalian memilih menggunakan rantai jenis ini, sama halnya dengan rantai O-Ring, bagian luarnya juga harus dilumasi secara berkala.

2. Rantai Tanpa Ring

tips supaya rantai motor awet

Rantai tanpa ring adalah rantai yang paling banyak kita temui. Hal ini karena harganya yang cukup terjangkau. Namun, rantai ini bisa dibilang kurang awet dibandingkan rantai yang menggunakan ring, sebab mata rantainya bisa langsung bergesekan sehingga pelumas lekas kering karena tidak tersimpan di antara rantai. Kalau kalian memilih rantai jenis ini, memang kalian akan lebih cepat ganti rantai dibandingkan dengan yang pakai ring.

Itu dia, jenis rantai motor dan kegunaannya, sob. Kalian pilih yang mana buat motor kesayangan? Jangan sampai salah pilih ya!

DAPATKAN DP YAMAHA AEROX STANDARD DP MULAI DARI 900 RIBUAN* DI SINI!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika