Jorge Lorenzo Jadi Pebalap Penguji Yamaha, Honda Wajib Waspada!

MotoGP 2020 belum juga dimulai, Yamaha lagi-lagi bikin sensasi. Kali ini mantan juara dunia dengan YZR-M1 digaet ke pabrikan Yamaha untuk jadi pebalap penguji, siapa lagi kalau bukan Jorge Lorenzo. Setelah sempat mengganggur pasca putuskan pensiun, kini Lorenzo kembali akan mengaspal.

Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing mengeluarkan pernyataan resmi terkait ditunjuknya Lorenzo jadi pebalap penguji. “Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa juara dunia lima kali dan pembalap Yamaha tersukses, Jorge Lorenzo kembali akan memperkuat tim pabrikan Yamaha untuk musim 2020 jadi pebalap penguji,” bunyi pernyataan yang kami kutip dari laman motogp.com.

Lorenzo tidak butuh waktu lama untuk kembali mengaspal, karena dirinya akan langsung turun di tes pra-musim Sepang, Malaysia, 2-4 Februari. Tidak hanya itu, Lorenzo juga akan ambil bagian dalam tes resmi dan tes pribadi Yamaha lainnya di MotoGP 2020. Jelas, harapannya Lorenzo bisa membantu pengembangan YZR-M1 2020.

Yamaha sepertinya jadi tim yang paling serius mempersiapkan diri menghadapi MotoGP 2020, bahkan YZR-M1 2020 sejak tes pra-musim 2019 sudah mencuri perhatian. Dua pabrikan yang dalam tiga musim terakhir selalu jadi yang teratas patut waspada, termasuk Honda. Musim ini bukan tidak mungkin, duet Vinales dan Valentino Rossi bisa putus dominasi gelar juara Marc Marquez.

Lin Jarvis berharap banyak dengan tangan dingin Jorge Lorenzo. Dalam pengembangan YZR-M1, Lorenzo yang jadi pebalap penguji Yamaha akan dibantu oleh Silvano Galbusera, yang akan menjadi crew chief Lorenzo di tim penguji Yamaha Factory Racing.

“Senang menyambut Jorge kembali ke Yamaha. Saat kami tahu Jorge pensiun, kami segera membuat pertimbangan untuk kembali menggaetnya. Bukan tanpa alasan, karena dia sudah sangat berpengalaman dan akrab dengan M1 juga orang-orang di Yamaha. Jorge kami nilai sosok yang tepat untuk ini, wawasannya sempurna untuk menjadi pebalap penguji di persaingan yang ketat,” ungkap Bos Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis.

“Dengan menggabungkan pengalaman, pengetahuan, dan kecepatan berkendara Jorge Lorenzo dengan Chief Crew berpengalaman Silvano Galbusera adalah elemen penting dalam strategi Yamaha memperkuat tim uji yang bertugas menjembatani kesenjangan antara insinyur dan pebalap penguji di tim Monster Energy Yamaha,” tambahnya.

Baca juga;

 

Jadi Pebalap Penguji, Lorenzo Bakal Jadikan Yamaha YZR-M1 2020 Berbahaya

jorge-lorenzo-jadi-pebalap-penguji-yamaha-honda-wajib-waspada
Hadirnya sosok Lorenzo bakal jadikan M1 2020 semakin berbahaya

Jorge Lorenzo dinilai sosok yang tepat untuk menempati posisi pebalap penguji Yamaha. X-Fuera memang sudah tidak asing dengan YZR-M1, sudah begitu mantan pembalap Repsol Honda ini dikenal sebagai pembalap yang punya riding style smooth sesuai dengan karakteristik YZR-M1.

“Saya senang kembali bergabung dengan Yamaha Factory untuk jadi pebalap penguji. Saya memang berencana untuk terlibat di proyek MotoGP dan kembali ke paddock, saya pikir ini peran yang cocok buat saya. Saya sudah mengenal tim dan M1 dengan baik. Yamaha sangat cocok dengan gaya membalap saya, oleh karena itu senang bisa kembali ke motor lama saya,” ucap Jorge Lorenzo.

“Saya sangat termotivasi untuk memulai pekerjaan ini. Saya ingin melakukan yang terbaik untuk masa depan Yamaha, dan saya berharap dengan pengalaman yang saya miliki akan membantu para insinyur pembalap Yamaha untuk membawa gelar juara kembali ke Yamaha,” lanjut sang pebalap penguji Yamaha ini.

Pria berkebangsaan Spanyol ini melakukan debutnya di MotoGP pada 2008 silam bersama Yamaha, sembilan musim berseragam tim Yamaha Factory, Lorenzo sukses mengoleksi gelar juara dunia mengendarai YZR-M1 pada 2010, 2012 dan 2015.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *