Juara di Valencia, Marquez Bawa Honda Raih Triple Crown

Marquez menutup musim MotoGP 2019 dengan gemilang usai menang di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (17/11). Setelah meraih gelar juara dunia individu dan konstruktor, The Baby Alien bawa Repsol Honda jadi juara dunia tim sekaligus kukuhkan gelar triple crown.

Honda meraih prestasi tertinggi di gelaran MotoGP 2019, dibantu dengan Jorge Lorenzo yang sumbangkan tiga poin buat Repsol Honda berkat finis di posisi ke-13. Juara dunia tiga kali MotoGP juga memberikan salam perpisahan dengan menancapkan bendera berlambang kebesarannya di pinggir trek, ritual khas X-Fuera ketika menjuarai balapan.

Jalannya race seru, duel Marquez dan Quartararo kembali tersaji, keduanya silih berganti pimpin balapan. Namun, saat memasuki lap ke-8 Marquez berhasil memimpin balapan hingga finis. Sementara itu, Quartararo finis di posisi kedua dan Jack Miller melengkapi podium dengan finis ketiga.

Hasil buruk diraih Ducati yang sedang mengejar gelar juara tim lantaran Petrucci gagal menyelesaikan race setelah jatuh di lap ke-14, sementara itu Andrea Dovizioso gagal naik podium dengan hanya finis di posisi ke-4.

Banyak pembalap yang terjatuh, akibat suhu udara di Valencia yang dingin membuat pembalap alami kesulitan pada daya cengekeram ban. Motor pada akhirnya sulit untuk dikendarai apalagi saat memasuki tikungan.

Saat race baru berjalan 11 lap Crutchlow terjatuh, kemudian tiga pembalap terjatuh di tikungan 6 saat race berjalan 14 lap. Petrucci menjadi pembalap yang pertama kali terjatuh, selanjutnya Zarco akibat kehilangan grip ban di tikungan yang sama. Debutan Iker Lecuona juga terjatuh, motor KTM yang ia kendarai terlepas dan melesat ke gravel. menghantam Zarco yang sedang berjalan ke pinggir trek.

MotoGP 2019 berakhir sudah, usai race akan ada tes pra-musim 2020 selama dua hari di yang digelar pada Selasa-Rabu, (19-20/11). Sejumlah pabrikan siap untuk tes motor prototipe 2020 mereka.

Baca juga;

 

Marquez Gemilang, Honda Sukses Sapu Bersih Gelar MotoGP

MotoGP 2019 memang jadi musimnya Honda, setelah Marquez berhasil sukses amankan gelar juara dunia dengan gap poin yang jauh dari Andrea Dovizioso. Gelar konstruktor juga tim berhasil di raih Honda di musim ini.

Hebatnya, Marc Marquez sumbangkan poin paling banyak untuk kejayaan Honda musim ini, hampir 400 poin. Patut untuk dinantikan penampilan The Baby Alien di MotoGP 2020. Berikut hasil lengkap klasemen akhir MotoGP 2019.

juara-di-valencia,-marquez-bawa-honda-raih-triple-crown
Klasemen akhir pembalap MotoGP 2019
juara-di-valencia,-marquez-bawa-honda-raih-triple-crown
Klasemen akhir tim MotoGP 2019
juara-di-valencia,-marquez-bawa-honda-raih-triple-crown
Klasemen akhir konstruktor MotoGP 2019

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *