oleh

Kapan Toyota GR 86 Masuk Indonesia?

Sudah dipastikan, Toyota GR 86 masuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Toyota Astra Motor (TAM) saat memperkenalkan brand GR alias Gazoo Racing di Tanah Air pada Kamis (19/8/2021). 

Beberapa model yang sudah jadi bagian dari GR adalah Veloz GR Limited, Yaris GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, Fortuner GR Sport, Raize GR Sport. Ada pula Toyota GR Supra yang meluncur 2020. Kemudian Toyota Raize GR Sport, hadir sejak Mei 2021.

Nah setelah itu, Toyota berencana memboyong GR Yaris serta GR 86. Kalau bicara GR Yaris, sesungguhnya pemesanan telah dibuka sejak lama. Kuota yang ada cuma 120 unit, namun peminatnya sudah lebih 600 orang. 

GR Yaris ini dijual dengan harga Rp 850 jutaan. Kemungkinan peluncurannya sendiri di Tanah Air, dalam waktu dekat.

Setelah GR Yaris hadir, barulah TAM bakal menghadirkan GR 86 di Indonesia. Kemungkinan Toyota GR 86 masuk Indonesia, antara akhir 2021 atau awal 2022.

Toyota GR 86 sedang dalam under preparation, tunggu saja kehadirannya,” ungkap Jimmi Suwandi selaku Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM). (19/8/2021).

Baca juga  Honda dan Toyota Kolaborasi Bikin Mobil Masa Depan

Kabar Toyota GR 86 masuk Indonesia sebenarnya bukan hal aneh. Pasalnya mobil ini sudah diperkenalkan ke dunia sejak April 2021.

Buat kamu yang belum tahu, mobil ini berbagi basis dengan Subaru BRZ. Namun jika diperhatikan lebih dekat, keduanya mempunyai perbedaan utamanya pada bagian desain bumper. Grille mobil sport Toyota ini dibuat dengan kisi-kisi yang padat dengan kotak-kotak kecil serta air intake yang didesain vertikal.

Sekilas Toyota GR 86

toyota gr 86 siap mengaspal di indonesia
Toyota Hachiroku, cikal bakal Toyota GR 86

Toyota 86 atau Toyota FT 86 dibangun atas kerjasama antara Toyota Motor Corporation dengan Fuji Heavy Industries atau Subaru. Untuk penyebutannya pun disetiap negara berbeda-beda, untuk market Australia, Asia, Afrika Selatan dan Amerika Selatan dikenal dengan nama Toyota 86.

Sementara itu untuk pasar Eropa sports car ini lebih dikenal dengan nama Toyota GT 86 dan di Jamaica dikenal dengan Toyota FT 86.

Berbeda dari negara-negara yang disebutkan sebelumnya. Di Amerika Serikat dan Kanada Toyota 86 mempunyai nama Scion FR-S. Bahkan beberapa negara lain lebih mengenalnya dengan nama Subaru BRZ.

Baca juga  Toyota GR Corolla Hadir di Jepang, Ini Spesifikasinya

Ada yang menarik, di negeri kelahirannya yaitu Jepang, Toyota 86 dikenal dengan nama Toyota Hachiroku.

Hachiroku adalah bahasa Jepang yang mempunyai arti 86. Hachi adalah 8 roku adalah 6, jadi dika digabungkan menjadi Hachiroku alias 86. Bukan tanpa alasan, penamaan ini juga mengacu pada mobil lansiran Toyota yang famous di Jepang yaitu Toyota AE86.

Toyota AE86 merupakan mobil tipe hatchback, dibeberapa negara yang memasarkan mobil ini lebih mengenal dengan nama Toyota Sprinter dan Toyota Corolla Levin, kiprahnya dimulai dari tahun 1983 sampai dengan 1987.

Setelahnya, Toyota ingin mengulang kesuksesan dengan bekerjasama bareng Subaru untuk membangun penerus mobil legenda tersebut, hingga muncul Toyota GR 86.

Kiprah Toyota 86 mendulang kesuksesan dan membuat Toyota terus mengembangkan Toyota 86 hingga saat ini lahir Toyota GR 86.

Soal mesin, Toyota GR 86 menggunakan dapur pacu berasal dari pabrikan Subaru dengan mengandalkan mesin Boxer berkapasitas 2.4 liter natural aspirated. Dari mesin tersebut, tenaga yang dapat dihasilkan diklaim mampu mencapai 231 hp.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Soal harga, kemungkinan di Indonesia, kaalu Toyota GR 86 masuk Indonesia maka kisarannya di atas Rp 1 miliar. Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota GR 86 masuk Indonesia. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru