by

Kawasaki Ninja ZX-10R Terbaru, Semakin Bengis

Motor sport full fairing, Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru akhirnya meluncur di Eropa. Kuda besi ini berubah semakin bengis, terutama lewat desain paras anyar.

Bukan cuma ganti muka, pabrikan geng hijau juga melakukan revisi di berbagai sisi supaya performanya semakin mantap. Pengembangan tersebut dilakukan bersama-sama dengan para pembalap World Superbike (WSBK) dari Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea.

Selain Ninja ZX-10R, mereka juga meluncurkan versi siap balap yang bernama Ninja ZX-10RR model 2021. Ingin tahu detail kedua motor sport tersebut? Apa saja bedanya? Simak bahasan berikut:

Desain Baru, Aerodinamika Meningkat 

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021
Windshield semakin tinggi, swingarm diperpanjang, semua revisi itu untuk performa berkendara yang lebih baik

Tampilan Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru memang beda. Lampunya dibuat lebih pipih, kemudian lubang udara dirancang semakin lebar. Hadir pula winglet dengan desain menyatu fairing.

“Dari sisi aerodinamika, inovasi winglet yang terintegrasi fairing dan lubang udara menambahkan 17 persen downforce dibandingkan model sebelumnya,” seperti dikutip rilis resmi Kawasaki Eropa.

Kemudian ubahan lain juga dilakukan. Sebut saja desain windscreen yang lebih tinggi 40 mm. Ada pula pijakan kaki naik 5 mm, serta posisi setang dibuat layaknya motor tunggangan Jonathan Rea di WSBK.

Baca juga  Kelahiran Motor Buas, Benelli TNT600i Saat Wabah Korona

Geng Hijau pun mengubah rangka Kawasaki Ninja ZX-10R Terbaru. Kini Swing arm motor jadi lebih panjang 8 mm dan semakin rendah 1 mm. Suspensi dibuat offset 2 mm. Perubahan tersebut sengaja untuk menghasilkan rasa berkendara yang stabil pada kecepatan tinggi.

Soal mesin Kawasaki Ninja ZX-10R, ada perubahan posisi sensor throttle. Rasio gigi transmisi juga dibuat lebih pendek khususnya gigi satu, dua, dan tinga. Sproket belakang pun menggunakan 41 gigi. Perubahan tersebut untuk menghasilkan akeselrasi yang lebih mantap di awal.

Terkait ramah lingkungan, motor sport ini pun telah mendaposi Euro 5 dengan melakukan perubahan di catalytic converter dan knalpot.

Soal performa, mesin 998 cc berkonfigurasi empat silinder milik Kawasaki Ninja ZX-10R bisa melontarkan torsi hingga 114,9 Nm pada 11.400 rpm. Lalu untuk tenaganya tembus 213 PS pada 13.200 rpm ketika RAM Air bekerja.

Fitur-Fitur Kawasaki Ninja ZX-10R Terbaru

kawasaki ninja zx-10r terbaru
Panel instrumennya pakai layar TFT yang bisa terkoneksi smartphone

Motor Kawasaki yang sukses memenangkan WSBK 7 kali ini juga memiliki banyak fitur modern. Ambil contoh mode berkendara: sport, road,rain, rider (manual). Tersedia pula electronic cruise control untuk membuat pengendara rileks saat berada di jalan bebas hambatan.

Baca juga  Motor Sport Listrik Blackberry, Canggih Pakai Kamera 360!

Panel instrumen Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru tidak kalah modern, menggunakan layar TFT warna-warni. Menariknya lagi bisa terkoneksi smartphone.

Soal pengereman, kakak tertua dari Kawasaki Ninja ZX-25R mendapat Brembo M50 monobloc calipers. Ukuran cakram depan kembarnya mencapai 330 mm semi floating. Lalu roda belakang pakai cakram tunggal 20 mm.

Tidak ketinggalan yang paling unik, penggunaan lampu LED direct projection dari Mitsubishi. Inilah pertama kalinya modul luminous optical mereka digunakan oleh motor.

Kawasaki Ninja ZX-10RR 2021, Edisi Siap Balap

Kawasaki Ninja ZX-10RR
Tersedia pula versi siap balap yaitu ZX-10RR yang cuma tersedia 500 unit di dunia

Kawasaki juga menjual Ninja ZX-10R dengan spesifikasi siap balap atau bernama ZX-10RR. Hanya saja produknya cuma terbatas 500 unit di dunia.

Motor sport edisi khusus tersebut istimewa karena mendapat pelek Marchesini yang dikombinasikan ban Pirelli Diablo Supercorsa SP. Pilihan warna bodinya juga cuma satu yaitu hijau.

Perbedaan lain, mesin ZX-10RR mampu meraung lebih tinggi 400 rpm. Salah satu penyebabnya, penggunaan perangkat piston dari Prankl yang berbahan titanium ringan.

Efeknya performa motor juga semakin buas, khususnya untuk tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 214 PS pada 14.000 rpm. Sementara torsinya 111,8 Nm pada 11.700 rpm.

Baca juga  Daftar Harga Honda CB150 Verza, Mau Pilih yang Mana?

Setelah mengetahui spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R dan ZX-10RR, mana yang lebih kamu suka?

Terbaru