6 Kekurangan Nissan Terra 2023, Bukan Cuma Mahal!

by Firdaus Ali
Kekurangan Nissan Terra 2023

Ada beberapa kekurangan Nissan Terra 2023 yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah mobil ini performa mesin yang kalah dengan rivalnya.

Yup, Nissan Terra 2023 resmi diperkenalkan di Indonesia pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Hadirnya mobil SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut tentunya akan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Desain eksterior Nissan Terra 2023 terlihat lebih elegan dan kokoh berkat kombinasi desain garis bold hotizontal di grill dengan dominasi krom. Kemudian headlamp juga sudah menggunakan desain baru, yaitu Quad LED Projector serta rumah foglamp juga diberikan aksen krom. Untuk garis samping body, masih sama dengan Terra yang sekarang. 

Soal dimensi, Nissan Terra 2023 mempunyai panjang 4.885 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.835 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Adapun untuk velg menggunakan desain baru dual tone ukuran 18 inchi yang dibalut dengan ban berprofil 255/60 R18. Oh ya, untuk sistem pengereman, di 4 roda sudah menggunakan cakram. Tidak seperti Nissan terra sebelumnya yang menggunakan sistem drum di roda belakang.

Soal kenyamanan interior juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Nissan Terra terbaru hadir dengan kombinasi warna merah maroon pada bagian dashboard dan dorrtrim serta jok dengan warna hitam dengan desain jahitan yang menarik.

Selanjutnya, Nissan Terra 2023 juga sudah menyematkan head unit 9-inci yang bisa terkoneksi smartphone secara wireless via Apple CarPlay dan Android Auto, kaca bagian depan dan samping menggunakan jenis acoustic yang menegah suara berisik dari luar, speaker Bose 8 titik, wireless charging, dan monitor 11 inchi untuk penumpang baris kedua. Menarik bukan?

Baca juga  Sosok Nissan Terra Facelift Muncul Ditengah Penutupan Pabrik

Nah, meski Nissan Terra 2023 hadir dengan desain baru serta fitur yang modern namun jika ditelisik lebih dalam, mobil SUV dengan harga Rp 749,9 juta (OTR DKI Jakarta) ini masih mempunyai beberapa kekurangan. Berikut ulasannya:

1. Tidak Tersedia Pilihan Warna Two Tone

Kekurangan Nissan Terra 2023

Tidak tersedia pilihan warna body Two Tone

Kekurangan Nissan Terra 2023 yang pertama adalah tidak adanya pilihan warna body two tone seperti rivalnya Toyota Fortuner 2.8 GR Sport. Saat ini Nissan Terra 2023 tersedia dalam pilihan warna Aspen Pearl White, Galaxy Black, Lunar Metallic Grey, serta Nebulla Metallic Grey.

Sementara itu, untuk pilihan warna dari Toyota Fortuner 2.8 GR Sport ada Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Attitude Black serta warna two tone Platinum White Pearl – Attitude Black. 

2. Performa Mesin Kalah Dengan Toyota Fortuner 2.800 cc

Kekurangan Nissan Terra 2023

Performa mesin kalah dengan Fortuner 2.8 GR Sport

Kekurangan Nissan Terra 2023 selanjutnya adalah performa mesin yang kalah jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport.

Baca juga  Bocor Sosok Nissan Terra Facelift 2021

Di atas kertas, Terra terbaru mengusung mesin 2.500 cc diesel turbo yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum 190 PS dan torsi puncak 450 Nm. Adapun tenaga dan torsi tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 7-percepatan.

Jika dibandingkan dengan sang rival yang sudah terlebih dahulu mengaspal yaitu Toyota Fortuner 2.8 GR Sport, performa Nissan Terra terlihat lebih loyo. Dimana Fortuner 2.8 GR Sport mengadopsi mesin diesel 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc yang mampu menghasilkan tenaga 203,9 PS dan torsi puncak 499,2 Nm.

3. Tidak Dilengkapi Sunroof

Kekurangan Nissan Terra 2023

Tidak dilengkapi sunroof namun sebagai pengganti ada layar hiburan

Kekurangan Nissan Terra 2023 selanjutnya adalah mobil SUV ini belum dilengkapi dengan fitur sunroof sperti kompetirornya Mitsubishi Pajero Sport. Hal ini tentunya membuat Terra 2023 terlihat kurang mewah.

Meski tanpa fitur sunroof, kabin interior Nissan Terra 2023 terobati dengan nuansa yang elegan. Hal itu bisa dilihat dari dominasi warna merah maroon yang menyelimuti bagian jok, doortrim dan dashboard, kemudian material yang digunakan juga terlihat berkualitas. Kemudian ada pula layar hiburan untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

4. Tidak Dilengkapi Paddle Shift

Kekurangan Nissan Terra 2023

Belum dilengkapi paddle shift

Selenjutnya, kekurangan Nissan Terra 2023 berikutnya adalah belum disematkannya fitur paddle shift. Padahal jika melihat dua rival kuatnya seperti Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dan Mitsubishi Pajero Sport, keduanya sudah mengadopsi paddle shift.

Baca juga  Bocor Sosok Nissan Terra Facelift 2021

Sebagaimana diketahui, fitur paddle shift merupakan fitur yang mendukung pengemudi memindahkan gigi hanya dengan menggunakan tuas yang umumnya terletak dibalik setir. Selain itu, paddle shift juga membuat mengemudikan mobil tidak membosankan dan tentu saja fu to drive.

5. Hanya Tersedia Satu Varian

Kekurangan Nissan Terra 2023

Hanya tersedia satu varian yaitu VL 2.5 4×4

Nissan Terra 2023 di Indonesia hanya tersedia satu varian yaitu Terra VL 2.5 4×4. Tentu hal ini membuat konsumen tidak ada pilihan lain untuk pembanding baik dari harga, desain atau kelengkapan fitur.

Padahal, untuk rivalnya seperti Toyota Fortuner dijual dengan beberapa varian. Seperti varian VRZ, G dan GR Sport. Begitu juga dengan rival lainnya seperti Mitsubishi Pajero Sport yang menawarkan pilihan varian Dakar, Exceed, serta Dakar Ultimate.

6. Harga Lebih Mahal Dari Rival

Kekurangan Nissan Terra 2023

Harga Nissan Terra 2023 tergolong mahal

Kemudian, yang menjadi salah satu kekurangan Nissan Terra 2023 yang paling kentara adalah soal harganya yang lebih mahal dibanding Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dan Mitsubishi Pajero Sport.

Nissan Terra VL 2.5 4×4 dijual dengan harga Rp 749,9 juta. Sementara untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 dijual dengan harga Rp 730,6 juta dan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 Two Tone dijual dengan harga Rp 722 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kekurangan Nissan Terra 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika