Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross, Ketahui Sebelum Membeli

by Deni Ferlindungan
Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross – Perjalanan Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia terbilang cukup berat, mengingat mobil ini bermain di pasar yang cukup gemuk. Produk baru banyak bermunculan dengan berbekal beragam fitur dan teknologi modern.

Bicara penjualan di segmen crossover, Honda HR-V memang jadi raja. SUV kompak Honda itu berhasil mendominasi penjualan di segmen crossover di Indonesia. Suzuki SX4 S-Cross ada di posisi dua. Hal ini menandakan bahwa masih cukup diminati masyarakat Tanah Air.

Wajar, lantaran Suzuki SX4 S-Cross sejatinya tak kalah menarik jika dibandingkan dengan rival-rivalnya. Apalagi harga yang ditawarkan pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan kompetitor. Meski punya kelebihan, bukan berarti kekurangan Suzuki SX-4 S-Cross tidak ada.

Kemungkinan, kekurangan inilah yang membuat banyak konsumen lebih beralih ke Honda HR-V. Walau sebenarnya harga yang ditawarkan, crossover Honda lebih mahal dibanding SX4 S-Cross.

Padahal untuk layanan purnajual dan juga ketersediaan suku cadang, kedua mobil ini tidaklah sulit. Baik Suzuki maupun Honda sudah menyebar hampir keseluruh pelosok Negeri.

Kecuali kamu membeli crossover Mazda CX-3, tentunya akan sedikit lebih sulit untuk urusan perawatannya. Mengingat kota-kota besar mungkin masih menyediakan, namun ketika kamu masuk ke wilayah kecil terlebih pedalaman, jaringan purnajual dan suku cadang cenderung sulit pastinya.

Pertanyaannya, apa saja sebenarnya kekurangan Mobil Suzuki, jika dibandingkan dengan kompetitor? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Mesin Kurang Bertenaga, Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Performa mesin dibawah kompetitor jadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Performa mesin dibawah kompetitor jadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Membahas mengenai kekurangan Suzuki SX4 S-Cross yang cukup terlihat adalah dari sisi performa mesin yang ditawarkan. Di mana SX4 S-Cross masih dibawah sang rival, Honda HR-V.

Dari data spesifikasi, Suzuki SX4 S-Cross dibekali dengan mesin M15A berkubikasi 1.491 cc dengan teknologi DOHC dan VVT. Mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 107,5 hp pada 6.000 rpm. Tenaga dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis.

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021 Rilis 16 Februari

Sementara kompetitor, dalam hal ini Honda HR-V dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1497 cc 4 silinder SOHC i-VTEC, dengan tenaga yang lebih besar yakni 118 hp dengan torsi 145 Nm. Mesin disalurkan melalui transmisi 6-percepatan dan CVT.

Data tersebut terlihat jelas, bahwa performa mesin Suzuki SX4 S-Cross masih dibawah sang rival. Bila konsumen lebih mencari performa, tentunya akan bergeser untuk lebih memilih Honda HR-V.

2. Fitur SX4 S-Cross Mulai Tergerus Kompetitor

Fitur mulai ketinggalan, Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Fitur mulai ketinggalan, Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Bila mengacu pada kompetitor, fitur-fitur yang ditawarkan crossover ini mulai tertinggal dengan kompetitor. Ini jadi salah satu kekurangan yang dimiliki Suzuki SX4 S-Cross.

Melihat perbandingan keduanya, Suzuki SX4 S-Cross dan Honda HR-V memiliki karakter dan fungsi yang cukup berimbang sebenarnya. Sayangnya ada sejumlah fitur modern yang belum ada di SX4 S-Cross.

SX4 S-Cross sudah dilengkapi dengan lampu projector HID, DRL LED, cruise control, paddle shift, head unit layar sentuh 7-inci, keyless entry dan tombol start/stop engine, auto rain sensor dan tilt & telescopic steering.

Sementara Honda HR-V sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang lebih lengkap, yang meliputi lampu projector LED light guide, Cruise control dan paddle-shift juga tersedia di HR-V. Head unit Honda HR-V sudah layar sentuh berukuran 8 inci yang sudah terintegrasi dengan multi angle rear view camera.

Ada juga electronic parking brake, smart key, AC otomatis, immobilizer, dan jok kulit juga telah tersedia.

Fitur yang tidak dimiliki oleh SX4 S-Cross dan tersedia di Honda HR-V antara lain Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA), auto AC layar sentuh dan electric parking brake.

Baca juga  Harga Chery Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, Tembus Rp 500 Juta!

Sangat disayangkan, hingga saat ini Suzuki Indonesia tak kunjung melakukan penyegaran pada crossover andalannya tersebut. Mengingat perang fitur tentunya akan sangat menentukan konsumen memilih mobil yang sesuai kebutuhan.

3. Varian yang Ditawarkan Kurang Beragam

Varian minim Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Varian minim Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross lainnya adalah varian yang sangat minim. Mobil ini hanya tersedia dalam satu varian saja. Alhasil tak banyak pilihan yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen.

Hal ini berbanding terbalik, jika dibanding kompetitor. Honda HR-V contohnya, sudah tersedia dalam banyak varian seperti S, E, hingga Prestige yang menjadi varian tertinggi.

Selain itu, Honda HR-V juga tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.5 liter dan 1.8 liter. Untuk urusan penjualan HR-V bermesin 1.5 liter lebih banyak diminati oleh konsumen di Indonesia.

Tentunya dengan banyaknya pilihan varian dapat membuat konsumen akan lebih leluasa dalam memilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan bujet tentunya.

4. Belum Ada Sunroof, Jadi Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Tak tersedia sunroof jadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Tak tersedia sunroof jadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Selanjutnya yang jadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross, mobil ini belum dilengkapi dengan sunroof. Padahal mengacu pada sejumlah kompetitor seperti Mazda CX-3, Honda HR-V sudah tersedia sunroof.

Kehadiran sunroof tentunya mampu mendongrak tampilan jadi terasa lebih mewah. Di sisi lain, sunroof berfungsi untuk mengurangi bau atau aroma apek pada mobil anda.

Tugas sunroof adalah sebagai piranti yang memberikan sirkulasi udara pada mobil kamu, sehingga bisa meminimalisir bau yang tidak sedap.

Selain itu, sunroof juga untuk menurunkan suhu mobil. Sebagai contoh ketika mobil terpapar sinar matahari langsung, biasanya suhu mobil akan meningkat sehingga membuat penumpangnya akan merasa cukup kepanasan.

Baca juga  Honda CR-V Facelift Mulai Terlihat, Siap Dijual di Indonesia?

Kala inilah fungsi sunroof berperan untuk mengurangi suhu panas dalam mobil tersebut.

Menariknya kehadiran sunroof juga mampu menyegarkan mata pengemudi maupun penumpang. Di mana dengan hadirnya sunroof pengemudi ataupun penumpang bisa melihat pemandangan secara langsung.

5. Konsumsi Bahan Bakar Boros

konsumsi bahan cenderung boros

Konsumsi bahan cenderung boros, kekurangan Suzuki SX4 S-Cross

Mesin boleh sama dengan Honda HR-V, sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter. Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross terletak pada konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros, jika dibandingkan kompetitor.

Berdasarkan keterangan para pengguna Suzuki SX4 S-Cross, konsumsi bahan bakar mobil ini cukup boros. Di mana untuk 1 liter bensin jarak tempuh yang dicapai antara 9 hingga 11 kilometer saja untuk perjalanan dalam kota.

Sementara untuk rute perjalanan luar kota, konsumsi bahan bakar yang diraih SX4 S-Cross untuk 1 liter bensin mampu meraih jarak antara 13 hingga 15 kilometer.

Apabila mengacu pada kompetitor, dalam hal Honda HR-V di atas kertas konsumsi bahan bakar yang dihasilkan cenderung lebih efisien. Berdasarkan catatan Moladin, yang sempat menguji mobil ini.

Konsumsi BBM yang dihasilkan mencapai 14 km/liter di rute dalam kota, dan 16,5 km/liter untuk penggunaan jalur luar kota. Kala itu, kami mengujinya dengan rute Jakarta-Purwakarta-Bekasi.

Meski efisien, untuk urusan tenaga ternyata Honda HR-V juga cukup mumpuni. Oleh karenanya khusus racikan mesin, bisa dibilang Honda HR-V berada di atas Suzuki SX4 S-Cross.

Nah, sekarang sudah tahukan apa saja yang menjadi kekurangan Suzuki SX4 S-Cross. Bila dibandingkan dengan kompetitor? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika