Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

3 Kekurangan Suzuki XL7, Perhatikan Sebelum Beli!

by Baghendra Lodra
kekurangan suzuki xl7

Kekurangan Suzuki XL7 – Desain gagah, muat 7-orang, dan punya fitur modern. Harganya pun paling murah dibanding kompetitor, mulai Rp230 jutaan. Sekilas itulah gambaran sempurna tentang Suzuki XL7.

Hanya saja setelah diperhatikan detail, crossover Mobil Suzuki ini ternyata punya cela bila dibanding kompetitor. Buat kamu yang tertarik memiliki, ada baiknya simak bahasan kekurangan Suzuki XL7, berikut ini:

1. Bangku Baris Kedua Tidak Ada Head Rest Tengah

kekurangan suzuki xl7

Jok Suzuki XL7 juga belum dibalut kulit, di varian tertinggi sekalipun

Persis dengan Ertiga, kekurangan Mobil Suzuki XL7 adalah tidak ada head rest di bangku baris kedua bagian tengah. Penumpang yang harus duduk di sana, akan kesulitan menyandarkan kepala. Tentu ini mengurangi kenyamanan saat perjalanan. Terlebih, kompetitor seperti Honda BR-V sudah memilikinya.

Kekurangan lain dari mobil berlambang S adalah joknya belum dibalut kulit. Padahal fungsi jok kulit sangat penting di mobil keluarga. Jok kulit memudahkan ketika membersihkan kabin dari tumpahan air dan makanan, akibat ulah anak-anak.

Baca juga  Sejarah Hyundai Santa Fe, Sudah 4 Generasi

Hal ini juga disebut sebagai kekurangan, lantaran Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross selaku rival telah menyediakannya. Walau memang, kehadiran jok kulit hanya di varian tertinggi.

Dengan kekurangan tersebut, ada baiknya kamu sebagai pemilik Suzuki XL7 langsung membalut joknya dengan kulit. Tujuannya tidak lain agar lebih nyaman untuk dipakai melewati perjalanan bersama keluarga.

2. Performa Mesin Paling Lemah Jadi Kekurangan Suzuki XL7 Dibanding Kompetitor

kekurangan Suzuki XL7

Mesinnya sama dengan Suzuki Ertiga

Di atas kertas, performa mesin Suzuki XL7 paling lemah dibanding kompetitor kelas crossover. Salah satu penyebab, kapasitas jantung mekanisnya ternyata yang terkecil cuma 1.462 cc. Sementara kompetitor seperti Mitsubishi Xpander Cross pakai 1.499 cc dan Honda BR-V berkubikasi 1.497 cc.

Hal tersebut berefek ke performa Suzuki XL7 jadi yang paling lemah. Mesin mobil ini cuma bisa mengeluarkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 103 hp pada 6.000 rpm. Sementara yang terkuat adalah Honda BR-V dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga 118 hp pada 6.600 rpm.

Baca juga  Suzuki Carry, Mobil Terlaris di Masa Pandemi

Terkait pilihan transmisi, Suzuki XL7 punya dua opsi: 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Baca juga:

Spesifikasi Mesin Suzuki XL7 Dibanding Kompetitor

 

Suzuki XL7

Mitsubishi Xpander Cross

Honda BR-V

Tipe Mesin

1.462 VVT DOHC 16 Valve

1.499 cc MIVEC DOHC 16 Valve

1.497 cc VTEC + DBW SOHC 16 Valve

Torsi Puncak

138 Nm pada 4.400 rpm

141 Nm pada 4.000 rpm

145 Nm pada 4.600 rpm

Tenaga Maksimal

103 hp pada 6.000 rpm

103 hp pada 6.000 rpm

118 hp pada 6.600 rpm

Transmisi

4-Percepatan AT / 5-Percepatan MT

4-Percepatan AT / 5-Percepatan MT

CVT / 6-Percepatan MT

Kapasitas Tangki

45 liter

45 liter

42 liter

3. Tanpa Fitur Cruise Control

kekurangan suzuki xl7

Kompetitor seperti Mitsubishi Xpander Cross sudah memiliki cruise control untuk kenyamanan pengemudi di jalan bebas hambatan

Honda BR-V memang belum punya cruise control juga, namun kompetitor lain yaitu Mitsubishi Xpander Cross sudah memiliki. Kelebihan fitur ini, bisa membuat mobil melaju otomatis tanpa intervensi injakan gas. Kecepatan kendaraan diatur melalui tombol yang ada di kemudi.

Baca juga  MG Umumkan Harga HS i-Smart Dark Midnight, Paling Mahal!

Alhasil dengan cruise control, kaki pengemudi dapat beristirahat terutama saat melewati jalan bebas hambatan. Kekurangan Suzuki XL7 yang ini memang tidak terlalu vital, namun tetap penting ada bila ingin memberi kenyamanan lebih ke pengemudi.

Soal kelebihan, Suzuki XL7 juga punya satu fitur istimewa yang tidak dipunya kompetitor. Fitur tersebut adalah smart e-mirror. Gunanya menangkap gambar secara digital baik di depan dan belakang kendaraan.

Terkait fitur keselamatan, mobil ini kurang lebih sama dengan kompetitor. Ada anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan dual SRS airbag.

Khusus Suzuki XL7 varian Beta dan Alpha, dapat tambahan fitur keselamatan electronic stability programme (ESP) untuk mencegah mobil tergelincir saat bermanuver di tikungan. Ada pula hill hold control khusus transmisi otomatis.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika