oleh

3 Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022, Wajib Tahu!

Mengetahui kekurangan Wuling Cortez facelift 2022 sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli mobil baru. Wuling Cortez sendiri baru rilis pada 24 Maret 2022.

Model ini melalukan ubahan minor pada eksterior, tapi pada sisi fitur dan teknologi. Lumayan dalam memberi penyegaran.

Pada eksterior MPV paling mewah Wuling ini hanya mengubah emblem logo 5 berlian Wuling dari yang tadinya berwarna merah menjadi silver. Selain itu pelek alloy yang berukuran 16″ juga mengalami perubahan motif.

Wuling Cortez juga masih menggunakan electric sunroof, stylish led headlamp, LED rearlamp sampai dengan roof rail seperti model sebelumnya.

Begitu pun di sektor dapur pacu masih menggunakan konfigurasi mesin yang sama, yakni 1.5L berpenggerak hanya CVT, dikombinasikan dengan 4 mode pilihan berkendara yaitu normal, eco, sport dan 8-speed manual simulation.

New Wuling Cortez facelift 2022 memiliki 2 varian, yakni CE dan EX. Keduanya sama-sama dibekali dengan mesin turbocharged seperti yang digunakan sebelumnya dan diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 140 HP dan torsi 250 Nm.

Untuk harga, sedkit mengalami penyesuaian. Awalnya Wuling CT yang notabene versi sebelumnya hargannya hanya berkisar Rp 209 – 290 jutaan. Sedangkan sekarang versi terbarunya dibanderol mulai dengan harga on the road Rp 273,8 juta untuk varian CE 1.5T Lux+. Sementara varian tertingginya EX 1.5T Lux+ dijual Rp 310,65 juta.

Baca juga  Wuling Pertahankan Diskon PPnBM Mandiri, Almaz RS Tetap Murah

Terkait rival, Wuling Cortez sering diadu dengan Toyota New Kijang Innova. Wajar karena dimensi keduanya mirip, kemudian soal performa mesin juga tidak beda jauh.

Jika dilihat, perbandingan keduanya cukup berbeda di sektor dimensi eksterior. Meski sama-sama mengadopsi captain seat di varian tertinggi, namun pada Toyota New Kijang Innova memiliki bodi yang lumayan besar.

tercatat, menurut data pabrikan New Wuling Cortez facelift 2022 memliki panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm dan tinggi 1.755 mm. Sedangkan Toyota Kijang New Innova memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Jika diperhatikan bahwa dimensi Wuling Cortez lebih panjang dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova. Namun unutuk masalah lebar dan tinggi Innova lebih besar.

Untuk wheelbase dan kapasitas penumpangnya, kedua model mobil ini memiliki angka yang sama di angka 2.750mm dengan kapasaita penumpang 7 orang.

Meski kaya akan fitur cangih, New Wuling Cortez facelift 2022 juga memiliki kekurangan. Terutama jika dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Cuma Ada Satu Pilihan Mesin

Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022
Mula-mula kemunculannya Cortez memiliki mesin berkonfigurasi 1.800cc namun dihilangkan setelah hadirnya versi Turbo.

Kekurangan Wuling Cortez facelift 2022 yang pertama terletak pada varian mesinnya. Sebagaimana diketahui Toyota New Kijang Innova memilki dua varian mesin.

Baca juga  Wuling Almaz RS Resmi Dijual dengan Pre Booking

Yakni bensin berkode 1TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc dan juga mesin diesel 2.393 cc 2GD-FTV with VNT Intercooler.

Untuk varian bensin, mesin mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp dan torsi 183 Nm. Sementara untuk mesin diesel bertransmisi manual sanggup memproduksi tenaga sebesar 147 hp dan torsi hingga 342 Nm.

Begitu pun dengan pilihan transmisinya. Pada New Wuling Cortez facelift hanya mengusung transmisi matic CVT tidak ada pilihan manual.

Berbanding dengan versi mula-mula kemunculannya Cortez, memiliki mesin berkonfigurasi 1.800cc dan 1.500 cc tanpa turbo. Namun dihilangkan setelah hadirnya versi 1.500 cc Turbo.

2. Airbag Cuma Untuk Penumpang Depan

Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022
Cortez kalah di fitur keselamatan. Toyota New Kijang Innova memilki 7 airbags yang tersebar pada dua di depan, dua di jendela baris dua belakang dan satu di bagian lutut penumpang depan.

Kekurangan Wuling Cortez facelift 2022 berikutnya ada di sektor keamanan, jumlah airbag. Hal ini sungguh disayangkan lantaran Wuling tidak mengupgrade sistem keamanan airbagnya, sejak awal kemunculannya di tahun 2017.

Fitur airbag memang sudah wajib ada di mobil jaman sekarang. Hal ini karena resiko bisa terjadi dimana saja dan dari mana saja. Hal itulah yang harunsya jadi pertimbangan pabrikan untuk memberikan fitur keamanan airbag tidak hanya di sisi depan, namun juga di sisi samping agar baik pengemudi maupun penumpang tetap aman. 

Baca juga  Mengenal Fitur Unggulan Wuling Almaz RS

Nah mengacu pada sistem keamanan airbag New Cortez facelift, hanya memilki 4 titik airbag yang tersebar dua di depan dan dua di samping pilar baris kedua.

Sedangkan Toyota New Kijang Innova memilki 7 airbags yang tersebar pada dua di depan, dua di jendela baris dua belakang dan satu di bagian lutut penumpang depan.

3. Varian Cortez Kalah Banyak dari Innova

Kekurangan Wuling Cortez Facelift 2022
New Wuling Cortez facelift hanya memiliki dua varian. Keduanya memiliki kesamaan pada ekterior, yakni sudah menggunakan logo baru Wuling, dimana lambang lima berliannya sudah beraksen silver.

Kekurangan Wuling Cortez facelift 2022 berikutnya ada di jumlah varian. Wuling Cortez facelift hanya terdiri dari 2 varian CE dan EX. Padahal pada versi sebelumnya, Wuling memberikan banyak pilihan pada konsumen dengan menghadirkan Cortez CT Type S, C dan L.

Bahkan di awal kemunculannya lebih banyak lagi, Wuling menyediakn 6 varian untuk Cortez seperti Cortez: 1.8 C 6MT, 1.5 C 6MT, 1.8 L Lux i-AMT, 1.8 L Lux Plus 6MT, 1.8 C Lux Plus i-AMT dan 1.8 C i-AMT.

Berbanding dengan kompetitiornya Kijang New Innova, memiliki sekitar 13 varian di antaranya G M/T Diesel, G A/T Diesel, V M/T Diesel, V A/T Diesel, G M/T Gasoline, G Luxury M/T Gasoline, G A/T Gasoline, G Luxury A/T, Gasoline, V M/T Gasoline, V Luxury M/T Gasoline, V A/T Gasoline, V Luxury A/T Gasoline.

Setidaknya kehadiran banyak varian, mampu membuat konsumen memilih mana produk yang benar-benar tepat untuknya. Demikian ulasan terkait kekurangan Wuling Cortez facelift 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru