oleh

4 Kelebihan Daihatsu Sirion 2022 Dibanding Kompetitor!

Ada beberapa kelebihan Daihatsu Sirion 2022 yang menarik untuk diulas. Yup, mobil yang diimport dari Malaysia ini hadir di Indonesia untuk mengisi lini produk city car PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu Sirion terbaru, hadir dengan pilihan dua varian, yaitu Sirion X dan Sirion R.

Dalam pembahasan kali ini kami akan membandingkan kelebihan Daihatsu Sirion 2022 dengan kompetitor yaitu Suzuki Baleno. Alasannya, secara dimensi kedua mobil ini tidak berbeda jauh. Begitu juga dengan kapasitas mesin, serta harga jualnya.

Nah, mau tahu apa saja kelebihan Daihatsu Sirion 2022 dibanding Suzuki Baleno. Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Tenaga Mesin Sirion Lebih Mantap

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022
Performa mesin Sirion 2022 lebih maksimal dibanding Baleno

Kelebihan Daihatsu Sirion yang pertama adalah dari sisi dapur pacunya. Sirion terbaru dipersenjatai dengan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder berkapasitas 1.329 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 hp.

Sementara itu, untuk Suzuki Baleno di atas kertas memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Di mana mobil hatchback andalan Suzuki itu dilengkapi dengan mesin bertipe K14B berkapasitas 1.373 cc.

Jika dilihat dari kapasitas mesin, Suzuki Baleno angkanya lebih besar. Namun begitu, tenaga yang dihasilkan ternyata masih di bawah Sirion 2022 yaitu hanya 91 hp.

2. Sistem Transmisi Sirion Terbaru Lebih Modern dengan D-CVT

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022
Sirion 2022 sudah menggunakan transmisi D-CVT

Kemudian, kelebihan Daihatsu Sirion 2022 selanjutnya adalah dari sistem transmisi. Ya, Sirion terbaru sudah mengadopsi sistem transmisi Dual Continously Valve Transmission (D-CVT).

Sistem transmisi ini mampu melakukan perubahan rasio gigi dengan menyesuaikan putaran mesin, sehingga perpindahan gigi terasa lebih halus. Selain itu, pada teknologi ini rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

Transmisi D-CVT juga diklaim sanggup memberikan angka penggunaan BBM yang lebih efisien.

3. Fitur Sirion 2022 Lebih Komplit

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022
Fitur Sirion facelift 2022 lebih lengkap dibanding Baleno

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022 berikutnya adalah dari sisi kelengkapan fitur-fiturnya. Sebut saja ada fitur 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik.

Kemudian ada pula fitur HSA (Hill Start Assist). Sebagai informasi, fitur HAS ini bertugas mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Selanjutnya ada juga fitur speed sensing door lock yang akan mengunci pintu mobil secara otomatis ketika berada di kecepatan tertentu. Hadir pula idle stop, untuk menghemat konsumsi BBM. Cara kerja idle stop dengan mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti. Tak ketinggalan, fitur headlamp leveling, key free dan engine start-stop button. Buat mencegah pencurian, tersedia alarm.

Sistem audio dari Sirion terbaru juga lebih modern. Di mana Sirion 2022 sudah menyematkan head unit layar sentuh yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. fitur Smart Link sendiri mampu menghubungkan antara sistem hiburan di headunit dengan smartphone melalui aplikasi, baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Oh ya, untuk Sirion 2022 varian R sudah dilengkapi MID 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif serta tombol PWR mode di kanan stirnya.

Sedangkan Suzuki Baleno selaku kompetitor, airbag saja cuma dua. Belum ada HSA, idling stop, dan lain-lain. Jadi jelas, Sirion lebih unggul.

4. Harga Daihatsu Sirion Terbaru Lebih Murah Dibanding Suzuki Baleno

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022
Harga Sirion 2022 lebih murah dibanding Baleno

Kelebihan Daihatsu Sirion 2022 selanjutnya adalah dari sisi harga yang lebih murah dibandingkan Suzuki Baleno. Yup, Sirion hadir dengan dua varian dan tentunya ada perbedaan harga pada masing-masing variannya.

Untuk Daihatsu Sirion X harganya Rp 227,6 juta dan untuk Sirion R dibanderol dengan harga Rp 238,6 juta. Sementara itu, untuk Suzuki Baleno dibanderol mulai dari Rp 252 jutaan hingga Rp 266,5 jutaan. Harga-harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta.

Oh ya, untuk Suzuki Baleno yang dijual di Indonesia saat ini juga masih menggunakan Nomor Induk Kendaraan (NIK) 2021. Sementara Sirion terbaru sudah NIK 2022. Jadi untuk harga purna jual (mobil bekas), Sirion 2022 juga lebih menjanjikan.

Dari perbedaan harga yang tertera jelas Daihatsu Sirion 2022 lebih menarik untuk dipinang. Selain performa mesin yang lebih mumpuni, fitur yang lebih komplit serta sistem transmisi juga lebih modern.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kelebihan Daihatsu Sirion 2022 dibanding Suzuki Baleno. Tertarik membeli Sirion terbaru?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru