oleh

Ini 4 Kelebihan Honda HR-V 2022, Tertarik Punya?

Ada beberapa kelebihan Honda HR-V 2022 yang menarik untuk dibahas. Sebab mobil dengan segmen Spo rt Utility Vehicle (SUV) ini telah resmi meluncur hari ini (23/3/2022).

Honda HR-V terbaru mengusung tampilan yang stylish dan elegan. sentuhan desain eksteriornya terlihat apik dengan perpaduan desain grill, lampu utama serta beberapa lekukan body yang menyelimutinya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan Honda HR-V 2022, mari kita simak sekilas perjalanan HR-V di  Indonesia.

Honda HR-V pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2015. Posisinya untuk mengisi celah antara Honda Jazz dan Honda CR-V. Kehadirnnya mendapat sambutan yang positif, terbukti dari penjualannya yang memuaskan.

Dari data Gaikindo, mulai dari tahun 2015 hingga 2021 Honda HR-V sudah terjual sebanyak 208.749 unit. Sementara itu untuk globalnya, mobil medium SUV ini membukukan angka penjualan sebesar 3,5 juta unit.

Jadi, wajar jika sekarang Honda merilis kembali generasi terbaru Honda HR-V dengan tampilan, fitur serta warna baru yang semakin stylish dan modern. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengulang kesuksesan seperti generasi sebelumnya.

“Honda HR-V terbaru ditunjukan untuk para eksekutif mudah yang membutuhkan mobil dengan tampilan stylish, performa mesin yang memuaskan serta fitur yang modern untuk mendukung aktivitas yang dinamis,” ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resminya. (23/3/2022).

Kembali ke pembahasan kelebihan Honda HR-V 2022. Mau tahu ulasan lengkapnya, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain Eksterior Lebih Stylish

kelebihan honda hr-v 2022
Honda HR-V SE dan RS Turbo

Kelebihan Honda HR-V 2022 yang pertama adalah dari sisi tampilan eksteriornya. Mobil medium SUV ini menghadirkan dua tampilan yang berbeda untuk variannya. Untuk varian RS Turbo desainnya lebih sporty, dimana grillnya menganut gaya rumah tawon dengan kombinasi warna hitam dengan aksen krom yang di tengahnya terdapat logo Honda yang juga mengadopsi aksen krom.

Baca juga  Booking Fee BR-V Terbaru di Diler Honda, Cuma Segini!

Untuk lampu utama, lampu sein serta foglamp sudah menggunakan LED. Kemudian pada bagian bumpernya diberi kelir hitam serta disematkannya aksen garis horizontal berwarna silver yang menjulur dari ujung kanan sampai ke kiri.

Sementara itu, pada bagian belakangnya HR-V 2022 juga desainnya terlihat lebih eksklusif. Terlihat dari desain lampu kanan dan kiri yang menyambung serta dibagian tengah terdapat logo Honda.

Kemudian, untuk menegaskan sebagai varian flagship, terdapat emblem RS Turbo  dan emblem Honda HR-V di sudut kanan dan kirnya. Oh ya, untuk menambah kesan sporty, bumper belakang juga diberi warna hitam serta dua knalpot.

Selanjutnya untuk varian S, E dan SE tampilannya lebih mengarah ke gaya dinamis. Dimana perbedaan signifikan dari varian RS Turbo adalah pada grillnya. Dimana desainnya mengadopsi garis-garis horizontal serta tidak adanya emblem RS Turbo dan menggunakan 1 knalpot.

2. Fitur Honda Sensing

kelebihan honda hr-v 2022
HR-V 2022 suda mengusng Honda Sensing di semua variannya

Kelebihan Honda HR-V 2022 dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah soal kelengkapan fitur. Yup, Honda HR-V terbaru sudah mengadopsi fitur Honda sensing di seluruh variannya.

Fitur Honda Sensing pada HR-V 2022 mencakup fitur Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam serta Lead Car Departure.

Selain Honda Sensing, masing-masing varian dari mobil ini juga mempunyai kelengkapan fitur yang berbeda-beda.

Untuk HR-V varian S (entry level) dilengkapi dengan fitur full Width Rear Light with 3D effect, one push ignition system & smart entry, 42 inchi TFT meter cluster with customized display setting, air diffusion outlet, auto AC, serta driver seat height adjuster.

Kemudian ada juga head unit touchscreen berukuran 7 inchi yang mempu mengoperasikan radio, Bluetooth, hands-free telephone, voice command switch, USB player, serta smartphone connection. Selanjutnya ada pula hands-free telephone & audio steering switch, LED map light, dual rear USB charger, serta 4 speaker.

Baca juga  Honda Civic Generasi Ke-11, Parasnya Mirip Camry

Dan ada juga fitur EPB+ABH, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Emergency Stop Signal, 4 Airbags, rear Parking Sensor, Immobilizer, Alarm System, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Rear Seat Reminder, Rear parking Camera, serta ECO Assist.

Sedangkan untuk HR-V varian E terdapat fitu-fitur yang ada pada varian S namun dengan tambahan fitur Remote Engine Start, painted Fog & Bumper Garnish, Auto Foldable Door Mirror with LED Turning Signal, Leather Fabric Combi Seat, paddle Shift, Leather Shift Knob, half Leather Steering, Rear AC Ventilation, serta Rear Seat Armrest with Cup Holder.

Kemudian untuk varian SE, fitur yang disematkan sama dengan varian E dengan tambahan fitur Sequential LED Turning Signal, Panoramic Glass Roof, LED Fog Lights, velg 18 inci, Paino Black Power Window Panel, head unit 8 touchscreen yang mampu mengoperasikan USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink (Need additional cable for phone mirroring), Vanity Mirror with Lamp, Honda LaneWatch, Electrostatic Touch LED Map Light, serta Multi-Angle Rear View Camera.

Nah, untuk varian RS Turbo, fiturnya sama dengan varian SE dengan tambahan Stylish RS Aero Kit, Dual Chrome Exhaust Pipe Finisher, Stylish Black Interior and Leather-Trimmed Seat with Red Stitches, Door Upper Soft Pad, Leather-Wrapped Steering Wheel, 7 inchi Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting, 4 Speakers + 2 Tweeters, 3-Mode Drive System (Sport, Normal, ECON), Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close, serta 6 Airbag.

3. Perfoma Mesin Terbaik

kelebihan honda hr-v 2022
Performa mesin HR-V 2022 lebih mumpuni

Honda HR-V 2022 mengusng dua pilihan mesin. Yaitu mesin 1.5L Turbo DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup VTEC + DBW dan 1.5L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW. Di atas kertas untuk mesin 1.5 Turbo menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm serta torsi 246 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm.

Baca juga  Menakar Kemungkinan Honda Odyssey Facelift ke Tanah Air

Kemudian untuk mesin 1.5L non Turbo diklaim mampu menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara pada Honda HR-V generasi sebelumnya, yang bermesin 1.8L tenaganya di atas kertas mencapai 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm. Jika dibandingkan dengan mesin 1.5L Turbo, jelas HR-V RS lebih unggul.

Sementara untuk mesin 1.5L SOHC tenaganya diklaim mencapai 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Tak hanya dengan saudaranya sendiri, Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Hyundai Creta, HR-V 2022 tenaganya juga lebih unggul. Tercatat tenaga maksimum dari Creta hanya 113 hp dan torsi 144 Nm.

4. Kabin Lebih Lapang

kelebihan honda hr-v 2022
Dimensi Honda HR-V 2022 lebih panjang dan lebar

Kemudian, kelebihan Honda HR-V 2022 selanjutnya adalah dimensi mobil yang lebih bongsor. Ini otomatis menjadikan, ruang kabin semakin lapang.

Di bangku baris kedua, muat 3 orang dengan nyaman. Ada headrest di masing-masing jok. Lalu kalau cuma di isi dua orang, tersedia hand rest tengah untuk menunjang kenyamanan.

Ada pula USB port dua unit di belakang, berguna ketika penumpang ingin mengisi daya baterai smartphone saat berkendara. Mantap bukan?

Kelebihan Honda HR-V 2022 selanjutnya ada di pelipatan bangku fleksibel. Jika membutuhkan ruang meletakkan barang, sesungguhnya bagasi mobil ini sudah jauh lebih besar dari model lama.

Namun, kalau kamu butuh ruang yang lebih luas lagi, jok belakang bisa dilipat rata lantai dengan konfigurasi 60:40. Hasilnya ruangan yang super besar untuk membawa barang.

Plus, kalau kamu mau bawa barang yang ukurannya tinggi seperti pohon. Jok baris kedua pun bisa dilipat ke depan. Mantap deh. 

Moladiners, itulah pembahasan mengenai kelebihan Honda HR-V 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru