oleh

5 Kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc, Mesin Kecil Buas!

Apa saja kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc? Mungkin banyak konsumen Indonesia yang bertanya, apalagi dari sisi kapasitas mesin paling kecil dibanding kompetitor.

Lalu Isuzu juga membuat MU-X terbaru dalam satu varian. Fitur-fiturnya juga tidak bisa disebut mewah. Sebut saja tidak ada audio steerting switch, jok belum kulit, lalu head unit pakai ukuran yang tidak terlalu besar. Ini berbeda dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport selaku rival.

Kalau dilihat sekilas dari fakta di atas, tentu mobil SUV Isuzu tersebut tidak istimewa. Hanya saja bila melihat lebih detail, keunggulan Isuzu MU-X 1.900 cc ternyata cukup banyak.

Apalagi mobil ini memang dibuat oleh Isuzu untuk pasar fleet atau mobil operasional perusahaan di dunia tambang, perkebunan, dan lain-lain. Jadi spesifikasinya pun disesuaikan dengan kondisi offroad.

Dari hasil rangkuman kami, totalnya ada 5 Kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc. Berikut bahasan lengkapnya:

1. Punya Fitur Offroad Lengkap

kelebihan isuzu mu-x 1.900 cc 001
Bagian bawah bodi MU-X 4×4 sudah dilapisi dengan kover sehingga tidak mudah terkena lontaran batu

Kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc yang pertama adalah punya fitur khas mobil offroad. Dalam hal ini bukan cuma kemunculan teknologi modern seperti rough terrain mode, fungsinya membuat traksi lebih baik di jalan bergelombang dan licin.

Baca juga  3 Kelebihan Xpander Cross Black Edition Seharga Rp 300 Juta

Tapi MU-X terbaru juga sudah dilengkapi under body protection di bagian depan hingga belakang. Jadi bagian penggerak, mesin, serta berbagai komponen lain lebih terlindungi dari lontaran batu saat melewati jalan offroad.

Bukan cuma itu, di interiornya tersedia banyak tempat botol minum berukuran besar. Alhasil pengemudi dan penumapang bisa membawa botol air 1,5 liter, maklum di wilayah tambang dan perkebunan butuh hal tersebut karena sulit menemukan warung.

Selanjutnya yang tidak kalah istimewa, Isuzu memberikan produknya kemampuan menembus air menggenang. MU-X terbaru memiliki water wading depth hingga 80 cm atau di atas roda sedikit. Istimewa bukan?

2. Sistem Penggerak 4×4

isuzu luncurkan mu-x dan d-max
Isuzu MU-X terbaru cuma tersedia dalam opsi penggerak 4×4

Selanjutnya yang jadi kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc adalah penggunaan sistem penggerak 4×4, tidak memiliki varian 4×2. Ini dikarenakan pasarnya memang untuk kendaraan operasional tambang dan perkebunan.

Penggerak 4×4 milik MU-X juga sudah pakai teknologi shift on the fly. Alhasil perpindahan dapat dilakukan secara mulus. Kemudian proses perpindahan dari 4×4 ke 4×2 bisa dilakukan dengan mudah, cukup putar tuas.

Ada pula fitur keselamatan lain yang mendukung berkendara dengan All New Isuzu MU-X. Sebut saja ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist), hingga HDC (Hill Descent Control).

Baca juga  5 Masalah Chevrolet Captiva Diesel, Waspadai!

3. Mesin Diesel MU-X Terbaru Punya Tenaga Besar

kelebihan isuzu mu-x 1.900 cc - mesin tenaga besar
Mesin 1.900 cc milik MU-X

Walau kubikasinya kecil, namun mesin merupakan salah satu keunggulan Isuzu MU-X 1.900 cc. Jantung mekanis diesel itu memiliki kode RZ4E-TC. Di atas kertas pakai konfigurasi empat silinder, DOHC, dengan teknologi variable geometry system (VGS) dan common rail.

Lalu yang menarik, tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin MU-X terbaru mencapai 150 PS pada 3.600 rpm. Artinya ini lebih baik dari kemampuan mesin Toyota Fortuner Diesel yang cuma bisa mengeluarkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan mesin Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 berkode 4D56 dengan 136 PS.

Kemudian Isuzu MU-X juga memiliki tangki bensin 80 liter. Ukuran tersebut paling besar dibanding para kompetitor. Pakai kombinasi mesin kecil dan tangki besar, tentu membuat SUV ini tidak mudah kehabisan bensin saat melewati jalan offroad. Terlebih memang di medan tambang dan perkebunan, sangat jarang bisa ditemukan SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).

4. Transmisi Otomatis

kelebihan isuzu mu-x 1.900 cc - interior
MU-X sudah memiliki transmisi otomatis sebagai standar

Kemudian yang menarik selanjutnya, kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc ada di penggunaan transmisi otomatis. Jadi pengemudi hanya cukup injak gas saja untuk melaju, tidak perlu injak kopling.

Baca juga  Nissan X-Trail Terbaru, Gagah dan Bertenaga!

Tentu, penggunaan transmisi otomatis di MU-X terbaru bisa membuat berkendara lebih nyaman. Apalagi buat para bos-bos persuahaan yang menggunakan mobil ini sebagai operasional kegiatannya. Ditambah lagi, kompetitornya yaitu Pajero Sport GLX 4×4 hanya tersedia dalam transmisi manual.

5. Harga Kompetitif

kelebihan isuzu mu-x 1.900 cc - eksterior
Harga MU-X 4×4 di kisaran Rp 500 juta

Terakhir yang jadi kelebihan Isuzu MU-X 1.900 cc ada di harga. Dengan segala kelebihan itu, harganya cuma Rp 559,8 juta (OTR Jakarta). Lebih murah dibanding Toyota Fortuner 2.4G 4×4 yang dijual Rp 565,15 juta (OTR Jakarta).

Hanya saja memang, MU-X lebih mahal dibanding Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 yang cuma Rp 542,8 juta (OTR Jakarta). Walau begitu, bedanya tidak banyak dibanding MU-X 1.900 cc.

Itulah tadi bahasan lengkap soal SUV Isuzu terbaru yaitu MU-X yang baru saja meluncur di GIIAS 2021. Untuk informasi lebih lengkap soal otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru