by

3 Kelebihan Kia Sonet yang Patut Dipertimbangkan

Pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia, tampaknya bakal semakin kompetitif melalui kehadiran Kia Sonet. Ada sejumlah kelebihan Kia Sonet yang ditawarkan bagi konsumen di Tanah Air.

SUV asal Korea Selatan yang punya fitur berlimpah, namun urusan harga justru cenderung terjangkau. Produk ini jadi jawaban Kia untuk menjawab kebutuhan pasar, serta memastikan tetap eksis di pasar Nasional.

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek (APM) Kia di Indonesia melihat pasar SUV kini terus bertumbuh. Maka tak heran, jika Kia saat ini berfokus menawarkan line-up produk SUV terbaru mereka untuk pasar domestik.

Di awal tahun 2020, KIA memboyong Kia Seltos ke Indonesia. Dilanjutkan merilis Sonet yang meluncur secara virtual pada Rabu (11/11/2020).

Kelebihan Kia Sonet yang patut jadi pertimbangan ialah dari sisi harga yang ditawarkan. Selain itu, SUV ini juga dijejali beragam fitur dan teknologi modern.

Lalu seperti apa sebenarnya kelebihan Kia Sonet yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan konsumen untuk meminangnya? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Desain Modern dan Tangguh Jadi Kelebihan Kia Sonet

Kelebihan Kia Sonet
Sejumlah kelebihan Kia Sonet yang harus konsumen ketahui

Impresi pertama ketika melihat Kia Sonet, SUV ini sajikan nuansa modern nan mewah dan tangguh. Layaknya sebuah SUV modern, beragam fitur sudah tersemat didalamnya.

Menariknya harga yang ditawarkan hanya Rp 289 juta untuk varian termahal. Harga tersebut sejatinya cukup menggoda bagi masyarakat, khususnya yang mendambakan SUV dengan harga terjangkau.

Baca juga  Toyota Raize Punya Varian GR Sport?

Bicara desain, Kia Sonet punya paras yang menarik. Menggabungkan desain mewah dan tangguh. Selain itu, dimensinya pun cukup kompak. Dengan panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm.

Ruang kabin pun masih dirasa mumpuni untuk menampung 5-penumpang, berkat wheelbase sebesar 2.500 mm. Desainnya mengusung bahasa desain khas Kia yaitu Tiger Nose yang tertuang melalui penggunaan gril yang dirasa modern.

Tampilannya juga semakin terasa modern berkat penggunaan lampu LED yang dipadukan dengan DRL. Tersemat juga lampu kabut projector halogen. Pada bagian belakangnya, juga dibekali dengan lampu DRL dengan desain yang memanjang.

Nuansa kemewahan pun semakin terasa berkat pengaplikasian sunroof. Setidaknya dengan banderol tak sampai Rp 300 jutaan, mobil ini sudah dirasa cukup mewah.

2. Interior Menawan yang Jadi Daya Tariknya

Interior Kia Sonet
Interior Kia Sonet varian tertinggi terasa mewah, ada speaker premium dari BOSE

Membahas lebih dalam mengenai kelebihan Kia Sonet, meski punya harga terjangkau. Namun interior yang ditawarkan sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan.

Di mana mobil ini sudah dibekali dengan peranti hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Penyematan head unit ini, rasanya membuat Kia patut diacungi jempol.

Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless. Dukungan gawai pun semakin komprehensif lewat wireless charger. Belum lagi perangkat hiburan dipadukan dengan sound system Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer.

Baca juga  Pajero Sport Rockford Fosgate 2021, Audionya Mewah

Ketika berada di dalam kabin, rasanya penumpang dapat dimanjakan. Terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin, Kia Sonet sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital. Lalu tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong.

Selain itu, pada varian tertinggi yakni Premiere juga dipersenjatai dengan bangku electrik dan juga cruise control. Seluruh kursi, lingkar kemudi dan tuas transmisi juga sudah dibalut dengan bahan kulit sintetis bertekstur.

Kabin dirancang dengan nuansa kelir hitam, guna menunjang kesan elegan. Semakin mantap dengan hadirnya aksen jahitan merah demi meningkatkan aura kemewahan.

Cukup unik dari Kia Sonet adalah penggunaan LED Sound Mood Light yang memancarkan sinaran lembut di door trim. Fitur itu memungkin berganti warna secara otomatis mengikut lagu yang diputar.

Namun jika pengemudi maupun penumpang terasa terganggu, tak perlu khawatir. Karena fitur tersebut dapat dimatikan sesuaikan kebutuhan.

3. Fitur Sudah Lumayan Lengkap

Kia Sonet Indonesia
Kia Sonet resmi diluncurkan di Indonesia

Kelebihan Kia Sonet lainnya adalah penggunaan fitur yang berlimpah. Pabrikan sudah melengkapinya dengan peranti keselamatan pasif, seperti airbag yang tersedia di enam titik.

Ada juga fitur keselamatan lainnya, seperti ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC), hingga Hill Assist Control (HAC). Guna memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraan, mobil ini sudah dibekali dengan kamera parkir belakang.

Baca juga  5 Perbedaan Nissan Magnite Turbo Vs Nonturbo

Sekadar informasi, untuk pasar Indonesia Kia Sonet hanya tersedia dalam satu varian mesin saja, yaitu mesin 1,5 liter bensin Naturally Aspirated 4-silinder. Sayangnya KIA tidak menawarkan pilihan mesin lainnya untuk Indonesia.

Padahal Kia Sonet sejatinya memiliki sejumlah pilihan mesin, seperti enjin tiga silinder 1,0 liter turbo, lalu empat silinder 1,2 liter NA, serta 1,5 liter diesel seperti di India.

Menyoal mesin Kia Sonet untuk Indonesia, mesin 1.5L tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup bertenaga untuk pemacu sebesar itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission dengan simulasi delapan percepatan ke penggerak roda depan. Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Gimana tertarik setelah mengetahui kelebihan Kia Sonet? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

Daftar harga Kia Sonet

Kia Sonet 1.5 M/T Standard

Rp 193,000,000

Kia Sonet 1.5 M/T Active

Rp 204,500,000

Kia Sonet 1.5 M/T Smart

Rp 238,500,000

Kia Sonet 1.5 iVT Smart

Rp 251,500,000

Kia Sonet 1.5 iVT Dynamic

Rp 265,000,000

Kia Sonet 1.5 iVT Premiere

Rp 289,000,000

Baca juga:

Terbaru