by

5 Kelebihan Land Cruiser 300, Generasi Baru Bermesin Kecil

Toyota Land Cruiser generasi terbaru resmi meluncur di Uni Emirat Arab pada Rabu (9/6/2021). Apa kelebihan Land Cruiser 300 Series tersebut?

Tentu pabrikan berlogo T memberikan banyak penyegaran. Sebut saja dari sisi tampilan, mobil SUV ini semakin gagah dan kekar.

Kemudian bobot Land Cruiser anyar berkurang sampai 200 Kg dibanding model lama. Hal ini salah satunya berkat penggunaan rangka GA-F terbaru yang berbasis TNGA.

Hal menarik lain, mesin yang dipakai memiliki kapasitas lebih kecil, tapi justru jadi keunggulan Toyota Land Cruiser 300 Series. Pasalnya jantung mekanis terbarunya justru semakin bertenaga.

Ada pula teknologi keselamatan Toyota Safety Sense yang ditingkatkan. Lalu yang tidak kalah penting, kemampuan offroad semakin istimewa.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan Toyota Land Cruiser 300 Series, berikut bahasan lengkapnya:

1. Desain Semakin Gagah dengan Opsi Tampilan GR-Sport

kelebihan toyota land cruiser 300 series - gr sport
Varian GR-Sport untuk Land Cruiser terbaru terungkap di video peluncurannya

Kelebihan Land Cruiser 300 Series yang pertama, kini memiliki desain semakin gagah. Grille depan dibuat semakin besar, kemudian bodinya juga dirancang semakin mengotak. Efeknya tentu kesan gagah semakin terpancar di mobil SUV premium tersebut.

Hal menarik lain, ada varian GR-Sport di Land Cruiser generasi terbaru. Ciri khasnya memiliki berbagai aksen hitam mulai dari grille, pelek, spion hingga bumper. Kemudian Land Cruiser 300 GR-Sport dapat diketahui pula dari penggunaan nama Toyota berukuran di bumper depan.

Baca juga  Toyota Umumkan Harga Raize 1.200 cc, Lebih Murah!

Walau terlihat lebih gagah, namun secara keseluruhan Toyota mengklaim tidak ada ubahan dimensi. Artinya dimensi Land Cruiser 2021 masih sama dengan model lamanya baik dalam hal panjang, lebar, dan jarak sumbu roda.

2. Rangka Lebih Ringan 200 Kg

kelebihan land cruiser 300 series - interior
Rangka TNGA digunakan sebagai basis Land Cruiser generasi terbaru

Kini Toyota mengaplikasikan rangka GA-F terbaru untuk Land Cruiser 300. Istimewanya rangka tersebut berbasis TNGA dan berefek ke bobot mobil yang menjadikan bobot mobil berkurang hingga 200 Kg dibanding model lama.

Pengurangan bobot ini salah satunya disebabkan oleh sistem pencetakan dan pengelasan rangka yang mutakhir. Pipa yang digunakan lebih pipih, walau begitu kekuatan rangka justru naik 120 persen.

Rangka baru tersebut pun menjadi salah satu kelebihan Land Cruiser 300 Series, karena mampu mengoptimalkan distribusi bobot serta membuat center of gravity semakin rendah. Posisi mesin dan transmisi sebagai komponen yang memiliki bobot paling berat diubah lebih rendah 28 mm dan dimundurkan 70 mm.

Ubahan tersebut diklaim bisa menghilangkan rasa berkendara yang berat di depan, sebagaimana kerap dikeluhkan oleh pemilik Land Cruiser 200 Series.

3. Mesin V6 yang Bertenaga

mesin land cruiser 300 series - interior
Mesin yang digunakan memang lebih kecil, tapi performanya semakin buas

Toyota telah memutuskan bahwa mesin Land Cruiser 300 Series dibuat lebih kecil. Ini sukses menyumbang bobot mobil jadi semakin ringan. Ditambah lagi emisi gas buang pun semakin baik.

Baca juga  Renault Kiger 2021 Indonesia, Cuma Rp 75 Juta?

Selamat tinggal mesin V8 dengan kubikasi mencapai 4.000 cc, karena kini Land Cruiser 2021 atau generasi terbaru justru cuma memanfaatkan konfigurasi V6. Kubikasinya pun 3.5-liter untuk varian bensin dan 3.3-liter khusus varian diesel.

Meski kapasitas lebih kecil, namun secara performa ternyata mobil SUV ini jauh lebih bertenaga. Inilah yang jadi kelebihan Land Cruiser 300 Series.

Jantung mekanis 3.5-liter bensin miliknya mampu melontarkan torsi puncak 650 Nm dan tenaga maksimal 415 PS. Sementara varian mesin 3.3-liter diesel, sanggup menyemburkan torsi hingga 700 Nm dan tenaga 309 PS.

Kedua pilihan mesin itu sama-sama dilengkapi teknologi twin-turbo. Sekaligus mendapat padanan transmisi otomatis 10-percepatan.

4. Toyota Safety Sense Ditingkatkan

kelebihan land cruiser 300 series - tampak belakang
Kini fitur keselamatannya  semakin baik untuk mendeteksi dan mencegah tabrakan depan serta belakang

Bicara fitur keselamatan, tentu juga jadi salah satu kelebihan Land Cruiser 300 Series. Pabrikan berlogo T memberinya Toyota Safety Sense yang ditingkatkan. Salah satunya lewat fitur pre-collision system mutakhir, kini dapat mencegah tabrakan buka cuma dengan mobil lain tapi pejalan kaki dan pesepeda.

Cara kerja pre-collision system dengan mendeteksi keberadaan benda lain yang membahayakan di sekitar mobil. Kemudian bisa mengintervensi setir untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Ada pula fitur parking support brake terbaru yang bisa mengintervensi pengereman, setelah mendeteksi terjadinya bahaya tabrakan di depan dan belakang. Dengan demikian, bukan cuma saat berkendara jadi semakin aman, tapi juga ketika parkir mobil.

Baca juga  5 Perbedaan Wuling Almaz Vs Almaz RS, Mending Mana?

5. Kemampuan Offroad Mumpuni

kelebihan land cruiser 300 series - head unit besar
Head unit mobil bisa menampilkan situasi medan offroad yang dihadapi dengan baik

Habitat Land Cruiser tetaplah dunia offroad, oleh karenanya kemampuan ini tetap dipertahankan untuk generasi terbarunya. Bahkan Toyota melakukan berbagai revisi agar SUV tersebut semakin nyaman dipakai di jalan tanah.

Salah satu caranya mengubah geometeri suspensi belakang. Di Land Cruiser 200 series, rancangannya terlalu miring sehingga pergerakan suspensi tidak sejalan dengan pergerakan ban. Alhasil mobil jadi kurang stabil. Oleh karenanya di Land Cruiser generasi terbaru, hal tersebut diubah sehingga ban mampu mencengkeram tanah lebih kuat.

“Kami menyesuaikan frame model terbaru, sehingga posisi shock absorbers lebih sempurna (dibuat agak tegak),” Kazuyuki Ueno (Chief Expert) Off-road Drivability Toyota dalam video peluncuran Land Cruiser 300 Series.

Lalu untuk membuat cengkeraman ke tanah semakin mantap, ada pula pengadaptasian teknologi electronic kinetic dynamic suspension system (E-KDSS). Toyota mengklaim teknologi E-KDSS ini pertama kalinya digunakan di dunia.

Ada pula fitur multi-terain monitor yang bisa memperlihatkan rintangan offroad yang dihadapi dari sisi pengendara, melalui head unit besar. Kemudian mode berkendara juga dapat mengatur secara otomatis pilihan yang dibutuhkan untuk melahap jalanan tersebut.

Itulah tadi bahasan lengkap kelebihan Land Cruiser 300 Series terbaru. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau Moladin!

Terbaru