by

5 Kelebihan Mini JCW GP Seharga Rp 1,5 Miliar

Kelebihan Mini JCW GP – Mini Indonesia meluncurkan mobil yang sangat istimewa di tengah pandemi korona. Kendaraan tersebut bernama, Mini John Cooper Works GP. Mobil ini meluncur secara virtual pada Senin (27/7/2029).

Mini JCW GP disebut istimewa, lantaran hanya diproduksi pada 2020. Kemudian unitnya dibuat terbatas, cuma ada 3.000 mobil secara global. Lebih gilanya lagi, untuk pasar Indonesia cuma kebagian 12 unit.

“Hari ini, kami merayakan premiere the new Mini John Cooper Works GP di Indonesia. Mini paling buas yang pernah disetujui untuk penggunaan di jalan raya,” kata President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Kehadiran mobil ini sekaligus menandakan komitmen merek Mini di Indonesia untuk para konsumen setianya. Dengan spesifikasi tertinggi di jajaran model Mini John Cooper Works, MINI JCW GP merupakan tolok ukur baru dalam hal performa dan keseruan berkendara untuk segmen sports car premium kompak di Indonesia.

Terkait harga, Mini John Cooper Works GP dijual Rp 1,5 miliar. Jika kamu melakukan pembelian, maka otomatis mendapat Mini 4 Years Unlimited Mileage Warranty dengan Free Scheduled Service, 5 Year MINI Service Inclusive, dan 2 Years BMW Group Tyre Coverage.

Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya tahu lebih detail soal kelebihan Mini JCW GP terbaru? Untuk membahasnya secara lengkap, simak bahasan berikut:

1. Mesin Paling Buas Jadi Kelebihan Mini JCW GP

spesifikasi mesin mini jcw gp
Mobil ini dilengkapi mesin paling buas yang dipunya oleh Mini JCW

Tidak perlu diragukan lagi, kelebihan Mini JCW GP yang pertama adalah mesinnya buas. Di atas kertas pakai kapasitas 2.0-liter 4-silinder dengan Teknologi MINI TwinPower Turbo. Mesin tersebut bisa menyemburkan tenaga 306 hp dan torsi 450 Nm. Tenaganya bahkan lebih tinggi 75 hp dibanding varian Mini John Cooper Works lain.

Baca juga  BMW M8 Competition, Mobil Rp6 Miliar yang Laris di Indonesia

Soal kemampuan akselerasi dari posisi diam hingga 100 Kpj hanya dalam 5,2 detik. Lalu dalam hal kecepatan maksimal mencapai 265 Kpj. Meski punya performa buas layaknya mobil balap, Mini John Cooper Works GP hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan.

Apa yang membuat mesin Mini JCW GP istimewa? Salah satunya, mesin 2.0 liter tersebut menggunakan teknologi MINI TwinPower Turbo serta mendapat banyak fine-tuning. Mulai dari sektor crankshaft yang diperkuat
dengan memperbesar diameter bantalan utama, piston-piston yang dikembangkan khusus, batang penghubung bushless serta peredam vibrasi torsional baru, dan tidak ketinggalan sistem pendinginan dioptimalkan.

Mini John Cooper Works GP memiliki sump oli mesin khusus dengan volume yang meningkat dan geometri spesifik. Hal ini memastikan suplai oli yang stabil pada setiap saat, bahkan selama menggunakan gaya berkendara ekstrem di lintasan sirkuit.

Bukan cuma itu, sistem gas buang juga dibuat berbeda untuk menghasilkan suara yang kuat secara emosional dan khusus dikembangkan bagi Mini JCW GP terbaru. Karakter sports car yang sangat sporty ditekankan oleh suara akustik ini sehingga berkontribusi pada pengalaman berkendara seru bagi pengemudi dan penumpang.

2. Suspensi Lebih Rendah 10 mm Dibuat untuk Balapan

kelebihan mini jcw gp
Racikan suspensi Mini JCW GP dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi standar kebutuhan berkendara di sirkuit

Kelebihan MINI JCW GP selanjutnya ada di suspensi. Mobil hot hatchback ini benar-benar punya rasa berkendara go-kart yang khas. Karakter suspensinya disetel sesuai dengan performa mesin serta konsep mobil balap. Tidak tanggung-tanggung, Mini melakukan pengetesan untuk mobil ini secara intensif di Nurburgring Nordschleife serta berbagai lintasan balap lain.

Baca juga  7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Alhasil diperolehlah racikan yang tepat, Mini John Cooper Works GP berbeda lantaran punya suspensi 10 mm lebih rendah. Hal tersebut dirancang untuk mengoptimalkan body-roll selama pengemudi melakukan gerakan manuver spontan di sirkuit.

3. Pelek Istimewa

kelebihan mini jcw gp
Cuma diproduksi 3.000 unit dan Indonesia kebagian 12 unit saja untuk Mini JCW GP

Secara tampilan, kamu bisa lihat kelebihan Mini JCW GP dari sektor pelek. Desainnya berbeda dari Mini John Cooper Works lain dengan model huruf X, berukuran 18 inci dengan berat tidak sampai 9 Kg. Lalu untuk komponen dop, ada logo Gp. Bannya pakai ukuran 225/35-18 inci, dirancang supaya berkendara jadi lebih presisi sekaligus meningkatkan cengkereman ke aspal.

Pengereman MINI John Cooper Works GP juga dirancang beda. Sistem tersebut dibuat untuk memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten, bahkan ketika digunakan secara intensif. Spesifikasinya pakai rem cakram kaliper 4-piston di roda depan dan rem kaliper piston tunggal di roda belakang.

Sistem rem ala mobil sport ini memiliki kaliper depan yang terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Tidak ketinggalan, kaliper rem Mini JCW GP berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.

4. Desain Khas Mobil Balap dengan Spoiler Besar

spoiler mini jcw gp
Di belakang bodinya tersemat spoiler besar untuk membuat tampilan lebih keren dan sebagai peningkat kemampuan bermanuver

Kelebihan Mini JCW GP bisa terlihat pula dari desain eksteriornya. Bentuknya seperti mobil balap dengan berbagai komponen pembelah udara. Paling menonjol adalah spoiler belakang besar. Lalu ada apron surround depan yang dikenal sebagai Blackband dan spoiler lip depan dari MINI John Cooper Works GP.

Semua komponen itu membentuk paket terkoordinasi yang dirancang khusus untuk mengurangi gaya angkat. Hasilnya, koefisien drag yang makin baik secara signifikan dibandingkan dengan MINI John Cooper Works lain.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Yaris Facelift 2020, Konsumen Wajib Tahu

Ada pula fender dari carbon fibre-reinforced plastic yang desainnya besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus yang diperkuat serat karbon
(CFRP).

Tidak hanya itu, Mini John Cooper Works GP memiliki cat bodi eksklusif berwarna grey metallic yang dikombinasikan dengan chilli red dan melting silver metallic. Tidak kalah istimewa, ada penomoran berurutan untuk memberi kesan eksklusif.

Dari total 3.000 unit Mini JCW GP yang diproduksi, Indonesia cuma kebagian 12 unit. Oleh karena itu, masing-masing konsumen bakal mendapat nomor unik. Istimewanya lagi, Mini Indonesia menyimpan nomor 0075 untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

5. Interior Mini JCW GP Cuma Punya Dua Tempat Duduk

interior mini jcw gp
Di dalam kabin terasa seperti mobil balap, cuma tersedia dua tempat duduk

Di samping punya eksterior keren, kelebihan Mini JCW GP juga ada di interior. Mobil ini cuma memiliki dua jok. Tujuannya optimasi bobot, sekaligus memberikan interior Mini John Cooper Works GP nuansa mobil sport yang otentik.

Interior Mini JCW GP semakin istimewa dengan kombinasi warna seperti eksteriornya. Ada pula penyematan logo GP di berbagai komponen. Sebut saja, paddle shift, karpet lantai, layar head unit, dan lain-lain.

Walau kental aura mobil balap, namun sektor kenyamanan tetap dipunya oleh Mini John Cooper Works GP terbaru. Sebagai contoh hadir kontrol AC otomatis dan head unit layar sentuh berukuran 8,8 inci. Tidak ketinggalan fitur Mini Navigation System serta wireless-charging.

Itulah tadi kelebihan Mini JCW GP yang dijual di Indonesia. Bagaimana menurut kamu soal mobil ini?

Comment

Leave a Reply

Terbaru