Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback, Patut Dipertimbangkan

by Deni Ferlindungan
Daftar kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback – Nama besar Suzuki Baleno di Indonesia tentunya tak perlu diragukan lagi di pasar otomotif Tanah Air. Baleno sudah diperkenalkan sejak tahun 1995 dengan mengusung gaya sedan.

Kala itu, penggunaan nama Baleno hanya untuk Indonesia saja. Sejatinya mobil ini lahir dengan nama Suzuki Cultus Crecent di negara asalnya, Jepang.

Seiring dengan perkembangan, di tahun 2015 Suzuki memperkenalkan generasi terbaru dari Baleno, dalam bodi hatchback. Sejak pertama kali muncul di Indonesia, Baleno Hatchback ini adalah generasi ke empat dan satu-satunya model bergaya hatchback.

Selang dua tahun, tepatnya pada tahun 2017. Suzuki Baleno hatchback ini pun diboyong ke pasar otomotif Tanah Air, untuk dijual secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Produk ini cukup diserap pasar dengan baik, dan mampu menjadi rival kuat dari sejumlah kompetitor seperti Toyota Yaris dan juga Honda Jazz. Hanya saja memang dari angka penjualan masih jauh dari dua raja yang disebutkan di atas.

Nah, yang terpenting Suzuki Baleno Hatchback mampu berkontribusi dalam menopang penjualan Suzuki di Indonesia. Segmentasi yang disasar sendiri konsumen berjiwa muda.

Hal ini nampaknya yang menjadi alasan kuat mengapa Suzuki Baleno Hatchback punya desain yang modern. Terlebih harga yang ditawarkan juga cenderung kompetitif.

Tak hanya itu saja, ada sejumlah kelebihan Suzuki Baleno Hatchback hingga akhirnya mampu diterima masyarakat di Indonesia. Apa saja sebenarnya kelebihan Suzuki Baleno Hatchback? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Harga Paling Terjangkau Jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback Harganya murah

Salah satu kelebihan Suzuki Baleno Hatchback punya banderol terjangkau

Faktor yang cukup penting bagi masyarakat dalam memilih kendaraan adalah banderolnya yang terjangkau, dan ini jadi salah satu kelebihan Suzuki Baleno Hatchback.

Baleno hatchback banderol cenderung lebih terjangkau dari kompetitor terdekatnya, yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz. Harga Rp 230 juta hingga Rp 242,5 juta.

Baca juga  Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Digoreng di IIMS Bikin Konsumen Kecewa, Emang Yakin laku?

Sementara sang rival seperti Toyota Yaris dipasarkan dengan harga Rp 250,95 juta hingga Rp 291,45 juta. Honda Jazz Rp 250,2 juta hingga Rp 292,5 juta.

Tentunya harga yang cenderung lebih terjangkau, menjadi alasan kuat mengapa Suzuki Baleno Hatchback mampu diserap pasar dengan baik hingga saat ini. Di sisi lain, fitur-fitur yang ditawarkan pun tak kalah menarik dengan kompetitor.

Beragam fitur sudah tersedia seperti AC Digital yang dilengkapi dengan teknologi Climate Control. Teknologi ini membuat pengaturan AC menjadi lebih praktis dan tidak ribet.

Di sisi keselamatan, Suzuki Baleno memiliki Dual SRS Airbags yang berfungsi sebagai pelindung kepada para penumpang agar tetap selamat jika suatu saat terjadi kecelakaan atau terkena benturan dari depan.

Mobil ini juga sudah start/stop engine button. Untuk menunjang kenyamanan penumpang dan pengemudi, Baleno Hatchback sudah dibekali fitur AC model digital dengan auto climate control.

2. Desain Eksterior yang Menarik, Jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Desain eksterior menarik jadi kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Desain eksterior menarik jadi kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Kalau bicara kelebihan Suzuki Baleno Hatchback, rasanya kurang pasa jika tidak membahas mengenai desain yang diusungnya kini.

Mengingat pada awal kemunculannya dahulu, mobil ini mengusung desain sedan. Hingga pada tahun 2017, Suzuki Baleno mengalami perombakan besar dari model sedan menjadi hatchback yang lebih menarik.

Secara tampilan, Suzuki Baleno Hatchback menyajikan tampilan yang sangat modern dan sportif. Mobil ini juga didukung dengan beragam fitur-fitur modern, seperti LED rear combination lamps, chrome curve grille with sporty bumper, HID Projector headlamp with DRL.

Guna menunjang tampilannya semakin terasa menarik, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fog lamp dan sisi belakang dengan rear spoiler with high mount stop lamp.

Baca juga  Sosok Mobil Balap Honda City Hatchback RS Dipamerkan!

Bagian interiornya juga mengalami ubahan yang signifikan. Di mana tampilannya juga terasa cukup modern, serta didukung dengan fitur terkini.

3. Kapasitas Bagasi yang Luas, Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Bagasi Luas Jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Bagasi Luas Jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Selanjutnya, membahas kelebihan Suzuki Baleno Hatchback lainnya terletak pada bagasi yang cukup luas. Pasalnya kapasitas bagasi Suzuki Baleno Hatchback memiliki kapasitas sebesar 355 liter.

Dalam hal ini, Suzuki Baleno Hatchback lebih unggul dibandingkan Daihatsu Sirion yang memiliki kapasitas bagasi total sebesar 277 liter.

Kapasitas bagasi besar yang dimiliki Suzuki Baleno Hatchback mampu mengakomodir kebutuhan pengguna dalam berpergian jauh. Khususnya dalam membawa barang bawaan yang banyak ketika perjalanan jauh.

4. Punya Dimensi yang Bisa Bersaing Dengan Kompetitor

Dimensi yang kompak jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Punya dimensi yang mumpuni untuk mengakomodir 5-penumpang jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Di atas kertas, kelebihan Suzuki Baleno Hatchback lainnya terletak pada dimensi yang ditawarkan . Baleno Hatchback punya dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm , tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.520 mm dan didukung radius putar sebesar 4,9 meter.

Mengacu pada sejumlah kompetitor, wheelbase atau jarak sumbu roda yang dimiliki oleh Suzuki Baleno Hatchback ternyata lebih panjang terpaut 20 mm lebih panjang dibandingkan Daihatsu Sirion sebesar 2.500 mm.

Berdasarkan catatan kami, Baleno hatchback lebih pendek. Namun lebih lebar ketimbang Yaris yang berdimensi PxLxT : 4.145 mm x 1.730 mm x 1.500 mm.

Dengan dimensi yang dimilikinya, Suzuki Baleno Hatchback menyuguhkan kabin yang cukup luas untuk mengakomodir kebutuhan bagi 5 orang penumpang. Headroom dan legroom pun terasa masih mampu mengakomodir.

5. Mesin yang Efisien Jadi Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Mesin K14B jadi andalan Suzuki Baleno Hatchback

Mesin K14B jadi andalan Suzuki Baleno Hatchback

Jantung mekanis yang ditawarkan berkode K14B, DOHC, VVT, MPI dengan kubikasi 1.4 liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 92,4 hp pada 6.000 rpm dan torsinya 130 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga  Daftar Perubahan Suzuki Carry Pikap Terbaru

Mesin itu diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Berdasarkan hasil pengujian internal Suzuki, ketika menguji Suzuki Baleno Hatchback rata-rata konsumsi BBM dalam kota mencapai 20 km/liter.

Urusan performanya cukup baik untuk melibas berbagai kondisi jalan, khususnya perkotaan. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yakni 5-percepatan manual dan otomatis 4-percepatan.

Dalam merancang produk hatchback-nya ini tampaknya memang pihak pabrikan mengincar konsumsi bahan bakar yang efisien. Karena di atas kertas performa yang ditawarkan lebih kecil dibandingkan kompetitor.

Penggunaan mesin K14B sendiri bukan tanpa alasan, mengingat sejumlah produk Suzuki seperti Ertiga yang sudah teruji cocok untuk pasar otomotif Tanah Air.

6. Ground Clearance Tertinggi Dikelasnya, Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback

Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback adalah memiliki ground clearance yang tinggi

Berangkat dari sejumlah kompetitor, kelebihan Suzuki Baleno Hatchback berikutnya terdapat pada ground clearance yang ditawarkan.

Meski terjangkau, namun yang harus diperhatikan yaitu ground clearance. Sebab di segmen ini, mobil harusnya kapabel di berbagai kondisi jalan.

Ini sangat penting, mengingat kontur jalan di Indonesia masih belum sepenuhnya mulus. Dengan apa yang disiapkan Suzuki, mobil dengan ground clearance tinggi tentu membuat para pemilik Suzuki Baleno hatchback lebih fleksibel berkendara.

Mobil ini memiliki ground clearance 170mm, sementara Honda Jazz 165mm, Hyundai i20 150mm, Mazda2 152 mm dan Toyota Yaris punya ground clearance 149mm. Jika dibandingkan selisihnya cukup signifikan dengan para pesaingnya.

Sekarang sudah tahukan apa saja kelebihan Suzuki Baleno Hatchback, jika dibandingkan dengan kompetitor yang tersedia di Indonesia. Pun begitu, mobil ini sejatinya tak luput dari kekurangan.

Penasaran ingin tahu apa saja kekurangan Suzuki Baleno Hatchback, tetap pantengin terus Moladin, Sob!

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika