oleh

6 Kelebihan Suzuki Ertiga, Pahami Sebelum Beli!

Mobil ini menjadi salah satu produk yang cukup diminati di segmen MPV di Indonesia. Alasannya, terdapat sejumlah kelebihan Suzuki Ertiga yang tidak dimiliki sejumlah kompetitor di Tanah Air.

Seperti diketahui, All New Suzuki Ertiga yang meluncur pada 2018 mengusung sejumlah ubahan, bila dibandingkan versi sebelumnya. Berbekal desain baru, mesin baru, serta teknologi yang semakin lengkap. Kemudian pada 2020, ada Ertiga facelift dengan kenyamanan lebih baik. 

Jika dibanding kompetitor, kelebihan Suzuki Ertiga ada di harga yang masih relatif terjangkau. Bahkan bisa dibilang cukup jauh dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Sementara kompetitor terdekatnya adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan Suzuki Ertiga? Berikut bahasannya, semoga bisa jadi pertimbangan untuk kalian yang ingin mobil keluarga 7-penumpang. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Tersedia Dalam Varian Sport, Jadi Kelebihan Suzuki Ertiga

Kelebihan Suzuki Ertiga
Mengacu pada kelebihan Suzuki Ertiga, MPV 7-penumpang ini tersedia dalam varian Sport

Membahas mengenai kelebihan Suzuki Ertiga, mobil ini punya varian yang cukup lengkap, lho! Mulai dari Ertiga GA, GL, GX dan yang terbaru All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport yang menjadi varian teratas dari produk yang satu ini.

Khusus untuk produk termahal itu, juga dikenal dengan sebutan Suzuki Ertiga Sport. Penamaan sport yang berada di belakang nama Ertiga, bukanlah tanpa alasan.

Pasalnya untuk varian yang satu ini dibekali dengan perangkat penunjang penampilan, hasil rancangan divisi khusus aksesori Suzuki Indonesia. Kehadiran produk ini pun sekaligus menandai tersedianya komponen Suzuki Sport yang menjadi opsi tambahan bagi konsumen.

Dari sisi tampilan Suzuki Ertiga Sport dihiasi dengan body kit Suzuki Sport yang meliputi front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler dan rear upper spoiler. Kesan sportif pun jadi semakin terasa pada varian ini.

Guna membedakan Ertiga Sport dengan varian lainnya, pihak pabrikan memberikan gril dengan desain yang berbeda. Serta sudah dilengkapi dengan DRL di sudut rumah fog lamp yang dapat diatur nyala atau mati sesuai kebutuhan.

Buat kalian yang suka mobil bergaya racing, Suzuki Ertiga dirasa mampu mengakomodir kebutuhan kalian. Terpenting, nampaknya kalian tak perlu mengeluarkan rogoh yang besar untuk melakukan sentuhan modifikasi.

Baca juga  5 Kelebihan Xenia baru 2021, Lebih Canggih dari Kompetitor!

Varian sport ini tidak dimiliki oleh sejumlah kompetitor Ertiga di Indonesia. Contohnya Toyota Avanza dan Xenia. Namun sudah dimiliki oleh Honda Mobilio melalui varian Mobilio RS (Road Sailing) yang juga punya desain yang sporty dari sisi eksteriornya.

2. Interior Bernuansa Elegan

Interior Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Kelebihan Suzuki Ertiga memiliki interior dengan desain elegan

Kelebihan Suzuki Ertiga berikutnya terletak pada desain interior yang cukup elegan dan juga sporty. Terlebih pada varian Suzuki Ertiga Sport yang sempat Moladin uji beberapa waktu lalu.

Pada varian Ertiga GX dan Sport, sudah dilengkapi panel motif kayu. Hal ini tentu membuat kabin mobil berlogo S itu jadi terasa elegan. Bedanya di varian GX, panel motif kayu dipadukan dengan interior warna beige. Sementara di varian sport, padanannya interior berwarna hitam.

Kelir gelap tentu menambah kesan sportif dan tidak mudah terlihat kotor dibanding warna terang. Sejak generasi pertama, kabin Ertiga tidak pernah ada yang hitam. Makanya khusus di Ertiga Sport interiornya jadi semakin terasa istimewa.

Selain itu, Suzuki Ertiga juga sudah didukung dengan beragam fitur modern di dalam kabin. Di mana pada varian GX dan Sport sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh dan pengaturan AC digital.

AC digital tersebut juga sudah dibekali dengan auto climate lengkap dengan heater. Sebuah peningkatan yang diinginkan konsumen, akhirnya dikabulkan.

Sementara untuk head unit layar sentuh sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Aux, Radio, dan mirroring via WebLink yang tentunya menjadi nilai jual bagi konsumen. Tersedia juga ventilasi AC di cupholder depan, untuk mendinginkan minuman.

Tak hanya itu saja, pada varian GX dan Sport, Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan tombol start/stop engine. Guna fitur ini untuk memudahkan pengendara dalam mengaktifkan mesin. Fitur tersebut juga diklaim bisa mencegah maling.

3. Sudah Ditunjang Dengan Fitur Keselamatan Mumpuni

Kelebihan Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga dibekali dengan beragam fitur modern, yang jadi kelebihan LMPV satu ini

Lebih lanjut membahas mengenai kelebihan Suzuki Ertiga, yang cukup menarik pada mobil ini adalah sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Seperti teknologi Electronic Stability Programme (ESP) yang sudah tersedia dari varian GX.

Fitur ini penting untuk menghindari selip dan melintir. Gejala yang biasanya berefek pada kecelakaan fatal saat kecepatan tinggi.

Baca juga  Peluncuran Wuling Cortez Terbaru, 23 Maret 2022?

Ditambah lagi Hill Hold Control (HHC), untuk menahan posisi mobil di tanjakan saat beranjak jalan. Saat injakan kaki berpindah dari rem ke pedal gas, posisi mobil tidak melorot turun.

Sistem ESP dan HHC melengkapi fitur keselamatan standar seperti lainnya seperti dual SRS airbag dan ABS+EBD. Sementara peranti keamanan mobil sudah dilengkapi alarm dan immobilizer.

4. Kabin dan Bagasi yang Lega

Membawa sepeda di mobil
Bagasi luas, jadi salah satu kelebihan Suzuki Ertiga yang cukup menarik

Namanya sebuah mobil keluarga, suatu kewajiban didukung dengan kabin dan bagasi yang luas. Hal ini juga menjadi kelebihan Suzuki Ertiga untuk dapat bersaing di pasar Indonesia.

Menurut hasil pengujian kami, kabin Suzuki Ertiga sangat mumpuni untuk menampung 7-penumpang. Bahkan bila sedang tidak diisi penumpang, bisa menampung barang bawaan lebih.

Di mana pada bangku baris kedua dan ketiga Suzuki Ertiga dapat dilipat hingga rata dengan lantai. Tentunya hal ini dapat memberi ruang yang luas untuk diisi dengan barang.

Bagasi Suzuki Ertiga bisa diisi dengan sepeda lipat, tanpa harus melipat bangku baris ketiga, lho! Menurut pengalaman Moladin, membawa dua sepeda pun tanpa kesulitan. Namun harus melipat bangku baris kedua.

Kelebihan bangku yang dapat dilipat rata dengan lantai tersebut belum dipunya oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio. Kompetitor masih mengadopsi sistem konvensional yang menghadirkan pembatas bila kursi baris ketiga dilipat.

5. Platform dan Performa Mesin yang Istimewa

Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Hadir sebagai varian termahal, Kelebihan Suzuki Ertiga Sport disematkan fitur lebih lengkap

Berbeda dibanding dengan generasi sebelumnya, kelebihan Suzuki Ertiga terbaru terletak pada platform dan juga mesin baru yang ditawarkan. Dampaknya tentu pada sisi kenyamanan yang meningkat.

Ertiga mengsung platform baru Heartect, yang begitu berdampak positif pada kenyamanan dan kestabilan ketika berkendara. Platform terbaru itu mampu menghasilkan rigid lebih baik dengan bobot yang lebih ringan.

Hal ini berdampak bukan hanya pada sisi pengendaliannya saja. Namun turut memengaruhi konsumsi bahan bakar yang ternyata lebih efisien.

Dari hasil pengujian kami, konsumsi BBM Suzuki Ertiga di jalur kombinasi perkotaan, membukukan 17 km/liter. Torehan itu cukup efisien, mengingat kondisi di jalan kala kami melakukan pengujian di dominasi dengan lalu lintas yang cukup padat.

Baca juga  5 Keunggulan Daihatsu Sigra, Ada Fitur Rahasia

Proses uji konsumsi BBM Suzuki Ertiga tersebut mengambil rute Pulo Gadung, Cempaka Putih, Senen, Menteng, Kuningan, hingga ke Jatiwarna Bekasi.

Jarak tempuh yang kami catat sekitar 68 kilometer. Hasil tersebut terungkap pada layar MID (Multi Information Display) di panel dasbor Suzuki Ertiga.

Ketika proses pengujian konsumsi BBM dilakukan di jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya ternyata jauh lebih irit. Pada jalur bebas hambatan, di hari berikutnya kami melakukan pengujian, mencatatkan konsumsi BBM sebesar 24,7 km/liter.

Pengujian ini dilakukan melalui perjalanan Jatiwarna-Ciawi-Jatiwarna sekitar 53 kilometer. Dengan kecepatan konstan di 80 kpj. Pengujian ini dilakukan pada Suzuki Ertiga Sport bertransmisi otomatis.

Di atas kertas, Suzuki Ertiga dibekali mesin K15B yang memberi tarikan lebih kencang dibanding K14B. Mesin berkapasitas 1.5 liter itu menghasilkan tenaga 104,7 PS dan 138 Nm. 

Kalau dibanding Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.500 cc, jantung mekanis Ertiga lebih bertenaga. Tidak percaya? Avanza-Xenia cuma bisa mengeluarkan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 104 PS pada 6.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mengalir melalui transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis konvensional. Sudah cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan.

6. Harga Terjangkau

kelebihan suzuki ertiga
Sosok Suzuki Ertiga terbaru

Saat ini Suzuki Ertiga mendapatkan relaksasi pajak 100 persen dari pemerintah hingga akhir 2021. Oleh karenanya harganya jadi sangat terjangkau.

All New Ertiga dijual mulai Rp 201,9 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 243,85 juta (OTR Jakarta). Bandingkan dengan kompetitor yang banderolnya jauh lebih mahal.

Sebut saja Daihatsu Xenia 1.500 cc mulai Rp 215,8 juta (OTR Jakarta). Lalu Toyota Avanza Veloz 1.500 cc GR Limited Edition mulai Rp 232,8 juta (OTR Jakarta).

Sekarang sudah tahukan apa saja yang menjadi kelebihan Suzuki Ertiga? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian. Baca terus Moladin kalau mau tahu barita otomotif terkini! (Editor: Baghendra Lodra)

Baca juga:

Terbaru