Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross, Rival Honda HR-V

by Deni Ferlindungan
Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross – Produk andalan Suzuki Indonesia, yakni Suzuki SX4 pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2007 silam. Debut globalnya adalah di ajang Geneva Motor Show 2006.

SX4 diproduksi di Magyar Suzuki di Esztergom, Hungaria, Jepang dan Manesar, India. Sementara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan mobil SX4 secara utuh (Completely Built Up) dari Jepang dalam bentuk hatchback.

Model ini merupakan pengganti Suzuki Aerio (hatchback) dan Neo Baleno I (sedan). Satu tahun berselang, mobil ini berstatus completely knock down (CKD) dengan peningkatan fitur, mulai dari rem cakram di keempar roda, audio terintegrasi dan sejumlah fitur lainnya.

Sejalan dengan itu, turut dirakit juga versi sedan yang diberi nama Neo Baleno II dengna model dan fitur yang serupa dengan versi crossover.

Sayangnya, penjualan produk tersebut kurang berjalan mulus. Alhasil SX4 versi sedan harus berhenti produksi. Sementara untuk model crossover masih terus dipasarkan hingga 2012, dan sudah dua kali mengalami facelift.

Memasuki tahun 2016, Suzuki melakukan perubahan besar pada crossover andalannya itu. Kini bernama SX-4 S-Cross. Dari sisi desain, fitur dan teknologi benar-benar mendapat sentuhan baru.

Parasnya jauh lebih menarik dibandingkan model sebelumnya. SX4 S-Cross yang hingga saat ini dipasarkan di Indonesia dengan jalur impor secara utuh (CBU) dari India.

Daftar Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia

Suzuki SX4 S-Cross

Seiring waktu, produk-produk di segmen crossover di pasar domestik cukup beragam saat ini. Konsumen yang ingin mencari mobil jenis ini, dihadapkan dengan dilema banyaknya pilihan produk.

Opsinya mulai dari Honda HR-V, Toyota CH-R, Nissan Juke, Mazda CX-3, Suzuki SX4 S-Cross, dan sejumlah produk lainnya. Seluruh produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan banyaknya model produk tersebut, tentunya konsumen tinggal menyesuaikan dengan desain atau fitur yang sesuai keinginan. Dari sisi harga pun, produk di segmen crossover tidak terpaut jauh.

Hanya saja, yang patut diperhitungkan adalah resale value, layanan purna jual, dan juga ketersediaan suku cadang yang tentunya patut dipertimbangkan konsumen.

Dari beragam produk di atas, kali ini Moladin akan membeberkan secara rinci terkait kelebihan dari salah satu crossover yang cukup diminati konsumen, yakni Suzuki SX4 S-Cross.

Baca juga  Beli Suzuki Ertiga Hybrid, Banyak Promonya!

Produk ini menawarkan sejumlah keunggulan, dibandingkan dengan kompetitor. Setidaknya ada empat kelebihan Suzuki SX4 S-Cross yang menjadi daya tariknya.

Apa saja kelebihan Suzuki SX4 S-Cross? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Desain Ala Mobil Eropa

Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Desain modern ala mobil Eropa jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Tampilan crossover Suzuki ini mengalami ubahan signifikan jika dibandingkan model sebelumnya. Crossover yang dibawa utuh dari India itu, dibekali dengan gril vertikal yang dibubuhi aksen lubang dibalut krom yang membuatnya sekilas mirip dengan BMW X1.

Terlebih pada bagian lekuk kap mesin ada sejumlah revisi desain, yang sukses membuatnya jadi lebih terkesan lebih berotot. Pada bagian ini, meski bentuk samping dan belakang mirip-mirip dengan versi sebelumnya, namun postur keseluruhan SX4 jadi terasa lebih berwibawa.

SX4 S-Cross di generasi ini tampil jadi mobil yang semakin bercitarasa SUV, tidak seperti generasi sebelumnya yang sekadar hatchback berkaki tinggi.

Tentunya hal ini menjadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross jika dibandingkan kompetitor seperti Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Nissan Juke.

Desain lampu utama dilengkapi penerangan model projector LED, serta sudah dilengkapi Daytime Running Light (DRL). Menariknya, kini penerangan utama tidak perlu lagi diatur manual bawah atau ke atas, tapi sudah otomatis.

Headlamp SX4 S-Cross dilengkapi levelling device manual, yang membantu pengendara mengatur pencahayaan sesuai kebutuhan. Selain itu, headlamp mobil ini juga mampu memberikan fokus cahaya lebih presisi, dengan area distribusi penyinaran yang luas.

Desain ala mobil Eropa itu menjadikan Suzuki SX4 S-Cross dirasa pas bersaing di segmen crossover di Indonesia. Mungkin saja Suzuki SX4 S-Cross bisa mengobati keinginan konsumen yang ingin membeli mobil Eropa, namun dengan bujet mobil Jepang.

2. Dimensi Mumpuni Mengakomodir Kebutuhan

Dimensi yang cukup besar jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Dimensi yang cukup besar jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Selanjutnya membahas kelebihan Suzuki SX4 S-Cross terletak pada dimensi yang ditawarkan. Di mana mobil ini punya dimensi yang diklaim mampu mengakomodir kebutuhan.

Mengacu pada spesifikasi, Suzuki SX4 S-Cross punya dimensi panjang panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.595 mm. Sedangkan jarak sumbu roda sebesar 2.600 mm.

Baca juga  Bocoran Kia Sportage Terbaru, Meluncur Juli 2021!

Kabin Suzuki SX4 S-Cross cukup mumpuni untuk mengakomodir 5-penumpang di dalam kabin. Headroom dan legroom pun masih cukup leluasa bagi pengemudi dan penumpang.

Dibandingkan kompetitor seperti Honda HR-V, yang punya dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Sedangkan jarak sumbu roda dan kapasitas tangkinya masing-masing 2.610 mm. Jelas dimensi yang ditawarkan lebih besar Suzuki SX4 S-Cross.

Senada dengan itu, dimensi yang dimiliki SX4 S-Cross juga sedikit lebih besar dari Nissan Juke yang punya panjang 4,135 mm, lebar 1,765 mm, dan tinggi 1,565 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2,530 mm.

Secara dimensi, Suzuki SX4 S-Cross sedikit dibawah Toyota C-HR yang memiliki dimensi panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.565 mm. Dengan jarak sumbu roda sebesar 2640 mm.

3. Harga Cukup Memikat Dibanding Kompetitor

Banderol terjangkau jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Banderol terjangkau jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Soal harga, mungkin ini jadi salah satu kelebihan Suzuki SX4 S-Cross dibanding kompetitor. Di mana harga crossover dari pabrikan berlogo ‘S’ itu cenderung lebih murah.

Suzuki SX4 S-Cross dijual dengan banderol mulai dari Rp 295 juta hingga Rp 310 juta. Sementara kompetitor dipasarkan banderolnya di atas SX4 S-Cross.

Sebagai contoh Honda HR-V yang ditawarkan dengan banderol Rp 301,6 juta hingga Rp 420,8 juta. Dua kompetitor SX4 S-Cross lainnya punya harga yang jauh lebih mahal, seperti Mazda CX-3 dipasarkan dengan harga mulai Rp 399,9 juta hingga Rp 464,4 juta, dan Toyota C-HR berbanderol Rp 509 juta.

Faktor harga tentunya mempengaruhi konsumen dalam memilih sebuah mobil. Di sisi lain, fitur dan mesin yang ditawarkan Suzuki SX4 S-Cross pun sudah cukup baik mengakomodir kebutuhan.

Jantung mekanis yang dipakai crossover Suzuki ini berkapasitas 1.491 cc dengan teknologi DOHC dan VVT. Mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 107,5 hp pada 6.000 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Fiturnya ada sistem pencahayaan depan LED projector dengan auto leveling, auto rain sensor untuk wiper, dan 4-point parking sensor. Masuk ke kabin, ada jok untuk lima orang. Tersedia pula fitur kenyamanan berupa head unit layar sentuh, start/stop button engine, audio switch control, dan cruise control.

Baca juga  4 Kekurangan Suzuki Carry 2023 Dibanding Daihatsu GranMax!

Terkait keselamatan, Suzuki SX4 S-Cross telah memiliki anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution, dan ISOFIX.

Harga lengkap Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross MT Rp 295.000.000
Suzuki SX4 S-Cross AT Rp 310.000.000

4. Ground Clearance Tinggi

Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Ground clearance tinggi jadi salah satu kelebihan Suzuki SX4 S-Cross

Pertimbangan penting yang juga jadi kelebihan Suzuki SX4 S-Cross adalah dari sisi ground clearance yang ditawarkan. Mengingat mobil jenis crossover diklaim mampu menghadapi segala medan jalan.

Tentunya dengan ground clearance yang mumpuni menjadi modal utama mobil ini mampu menaklukan segala medan jalan. SX4 S-Cross unggul untuk hal yang satu ini.

Berdasarkan data spesifikasinya, SX4 S-Cross punya ground clearance sebesar 185 mm. Cukup tinggi dikelasnya, dan setidaknya jadi modal untuk bersaing dengan kompetitor.

Dibanding kompetitor seperti Nissan Juke, Mazda CX-3 dan Toyota C-HR. SX4 S-Cross punya ground clearance yang lebih baik dibandingkan kompetitor. Contohnya Nissan Juke yang punya ground clearance sebesar 178 mm. Lalu Mazda CX-3 dengan ground clearance hanya setinggi 155 mm, dan Toyota C-HR dengan ground clearance sebesar 154 mm.

Ground clearance yang dimiliki SX4 S-Cross hanya ditandingi oleh Honda HR-V saja, dengan ground clearance sebesar 185 mm. Padahal jika mengacu dengan ukuran pelek, Suzuki SX4 S-Cross hanya didukung dengan pelek berukuran 16 inci saja. Sementara Honda HR-V sudah dibekali pelek berukuran 17 inci.

Bila mau lebih tinggi lagi, bukan tidak mungkin kamu cukup mengganti pelek SX4 S-Cross dengan ukuran 17 inci. Tampilannya pun pasti semakin gagah.

Sekarang sudah tahukan apa saja yang menjadi kelebihan Suzuki S4 S-Cross, bila dibandingkan dengan kompetitor yang ada di Indonesia.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu. Setidaknya mungkin bisa menjadi refrensi kamu dalam memilih sebuah crossover yang sesuai dengan kebutuhan, dan yang terpenting sejalan dengan bujet yang kamu punya.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika