Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Toyota Aqua 2021, Hatchback Hybrid Modern!

by Baghendra Lodra
kelebihan toyota aqua 2021 001

Toyota resmi meluncurkan Aqua terbaru di Jepang pada Senin (19/7/2021). Kelebihan Toyota Aqua 2021 sungguh banyak dibanding model sebelumnya, karena memang ubahan yang dilakukan cukup komprehensif. Harganya sendiri mulai 1,980,000 Yen atau setara Rp 261 jutaan.

Sebagai mobil hybrid, kini Aqua memiliki baterai berteknologi bipolar nickel-metal hydride (Bipolar NiMH). Ini merupakan teknologi baterai yang pertama kali diadaptasi oleh Toyota. 

Ada pula penggunaan pleasure pedal untuk rasa berkendara yang semakin menyenangkan. Ditambah lagi sistem penggerak semua roda.

Kelebihan Toyota Aqua 2021 selanjutnya ada di fitur keselamatan istimewa lewat kemunculan Toyota Safety Sense dan Toyota Teammate Advanced Park. Tidak ketinggalan penggunaan platform TNGA, serta head unit terbesar di kelasnya mencapai 10,5 inci dan bisa digunakan sebagai sumber tenaga listrik buat perangkat elektronik lain.

Untuk mengetahui lebih detail soal keunggulan Toyota Aqua model baru, simak bahasan di bahwah:

1. Teknologi Baterai Bipolar NiMH

kelebihan toyota aqua 2021 001

Aqua menggunakan batera Bipolar NiMH

Hal menarik dari Toyota Aqua terbaru, menggunakan teknologi baterai bernama Bipolar NiMH. Menurut Toyota, ini merupakan teknologi yang pertama kali diaplikasikan di dunia.

Jika dibanding baterai nickel-metal hydride biasa, ada komponen yang dihilangkan. Alhasil dimensinya jadi semakin ringkas. Di sisi lain, performa baterai lebih istimewa.

Baca juga  Review Toyota Kijang Kapsul, Kelebihan, Kekurangan, dan Harganya!

“Aqua terbaru memiliki respons akelerasi yang lebih baik, lebih bertenaga, dan lajunya mulu di kecepatan rendah,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota.

2. Pleasure Pedal

kelebihan toyota aqua 2021 003 - driving

Cukup gunakan satu pedal saja untuk akselerasi sekaligus pengereman

Kelebihan Toyota Aqua 2021 beriktunya ada di kesenangan berkendara atau yang disebut sebagai pleasure pedal. Fitur ini hanya aktif saat masuk ke mode berkendara Power+.

Efeknya pedal gas jadi semakin responsif untuk berakselerasi. Hal ini juga merupakan akibat dari penggunaan baterai Bipolar NiMH. Di sisi lain saat pedal gas dilepas, mobil otomatis melakukan pengereman. Pleasure pedal memungkinkan pengendara cuma menggunakan satu pedal saja untuk gas dan rem.

Fitur ini mengigatkan kami dengan teknologi one pedal yang ada di Nissan Kicks e-Power. Hanya saja bedanya, pleaseure pedal merupakan kali pertama diaplikasikan di kendaraan hybrid Toyota lewat Aqua terbaru.

Bicara konsumsi BBM, Aqua diklaim bisa menghemat hingga 35,8 Km/liter melalui kombinasi mesin 1.5-liter dan sistem hybrid.

3. Berbasis TNGA dan Sistem Penggerak E-Four

kelebihan toyota aqua 2021 003 - tampak depan

Aqua memiliki varian dengan penggerak empat roda

Aqua generasi terbaru sudah mengadopsi platform TNGA. Dengan demikian bobot mobil jadi lebih ringan, namun tetap kokoh. Lalu bisa memberikan titik pusat gravitasi yang lebih rendah. Kabin mobil hatchback ini pun terasa semakin luas untuk lima orang.

Baca juga  Toyota Fortuner 2.800 cc Segera Meluncur, Berapa Harganya?

Jika kamu menginginkan rasa berkendara yang lebih menyenangkan, maka bisa pilih varian Aqua E-Four. Dengan menggerakkan semua roda, gejala selip saat berakselerasi bisa dikurangi.

Sistem pengerak E-Four sangat cocok buat kamu yang sering melewati jalan licin, bahkan bersalju. Tidak ketinggaln Toyota juga membuat sistem ini kompak dan ringan. Efeknya membuat konsumsi BBM tetap irit, serta ruangan kaki dan barang tetap luas.

4. Fitur Keselamatan Terbaik

kelebihan toyota aqua 2021 002 - kabin

Ada Toyota Safety Sense dan Toyota Teammate Advance Park

Kelebihan Toyota Aqua 2021 dapat kamu rasakan lewat fitur keselamatan. Ada Toyota Safety Sense yang hadir sebagai standar. Di dalamnya terintegrasi all-speed tracking radar cruise control, lane tracing assist, dan lain-lain yang mampu mencegah terjadinya kecelakaan.

Ada pula Toyota Teammate Advance Park yang mendukung kemudahan saat parkir. Cukup tekan tombol dan injak gas, maka lingkar kemudi akan mengatur sendiri agar mobil bisa parkir.

5. Head Unit Terbesar dan Mobil Bisa Jadi Sumber Listrik

kelebihan toyota aqua 2021 002 - interior

Fiturnya sangat modern unutk mobil hatchback

Terakhir yang jadi kelebihan Toyota Aqua 2021 ada di fitur-fitur hiburan. Ambil contoh kemunculan head unit layar sentuh berukuran 10,5 inci, terbesar di kelasnya dan pertama kali diadopsi oleh Toyota untuk mobil ringkas. Head unit itu bisa terintegrasi smartphone via Apple CarPlay dan Android Auto.

Baca juga  Segini Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift 2020

Hadir pula fitur Nanoe X yang mampu membuat udara di dalam kabin lebih segar. Mampu mencegah bau, bakteri, dan virus.

Toyota Aqua terbaru pun sudah dilengkapi emergency power supply system. Bila kamu sedang berlibur di hutan, kemudian butuh energi listrik untuk peralatan elektronik. Maka Aqua bisa menyediakannya. Cukup colok saja kabel, maka tenaga AC 100V bisa tersedia secara instan.

Setelah mengetahui kelebihan Toyota Aqua 2021, apakah kamu tertarik memilikinya? Sayang untuk saat ini belum masuk Indonesia. Walau demikian bukan berarti di masa mendatang, mobil hatchback hybrid tersebut bakal dijual di Tanah Air.

Kalau pun tidak, sesungguhnya Aqua memiliki segmen yang serupa dengan Toyota Yaris. Jadi setidaknya Toyota masih bisa mengadopsi fitur-fitur di Aqua untuk Yaris generasi mendatang. Menarik!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika