Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Yamaha Gear 125, Masih Ragu Beli?

by Aryo Yudo Purwanto
Yamaha Gear 125 kuat nanjak

Apa saja kelebihan Yamaha Gear 125? Tentu itulah pertanyaan besar dari para calon konsumen. Wajar, karena ini merupakan motor matik anyar yang mulai dipasarkan pada Rabu (25/11/2020).

Jika melihat tampilan sekilas, motor ini seperti gabungan beberapa produk. Lampu depannya tampak seperti Yamaha Soul GT. Sementara lekuk tubuhnya persis Mio S.

Hanya saja dari sisi tampilan, Yamaha Gear punya ciri khas tersendiri. Salah satunya lewat kehadiran protektor di sisi bodi yang membuat kesan tangguh. Lalu dari sektor fitur, motor ini termasuk berlimpah dibanding motor matik entry level Yamaha lain.

Ingin tahu detail kelebihan Yamaha Gear 125? Kami akan coba beberkan keunggulannya, berdasar hasil test ride selama satu minggu penuh berkeliling Bekasi dan Jakarta. Buat kamu yang penasaran, simak tulisan di bawah ini:

1. Ada Pijakan Kaki untuk Anak

kelebihan yamaha gear 125

Pembonceng dapat dua tingkat pijakan kaki untuk memberi kenyamanan, khususnya buat anak-anak

Berdasarkan hasil test ride, kami mendapatkan kelebihan Yamaha Gear 125 yang pertama berupa pijakan kaki istimewa. Pabrikan garputala sengaja membuat desain unik, khususnya buat pembonceng. Kini ada dua pilihan pijakan, tinggi dan rendah.

Pijakan tinggi dibuat untuk pembonceng dewasa, posisinya seperti yang ada di motor matik kebanyakan. Sementara pijakan rendah, Yamaha merancangnya khusus agar kaki anak bisa menapak di sana. Alhasil buat anak-anak, membonceng jadi semakin nyaman.

Lalu untuk desain secara keseluruhan, tidak banyak berbeda dari motor matik 125 milik Yamaha. Bodinya ringkas dengan panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.060 mm. Tinggi joknya juga hanya 750 mm, sehinga pemilik postur 168 cm dengan mudah menjejak ke aspal saat kondisi motor berhenti.

Baca juga  Review Yamaha Xmax, Motor Matik 250 cc Termurah

Soal ukuran ban motor, Yamaha Gear 125 mengandalkan karet bundar 80/80-14 inci di depan dan 100/70-14 inci di belakang. Terkait pengereman, pakai cakram untuk roda depan. Sementara yang belakang masih teromol.

Spesifikasi Dimensi Yamaha Gear 125

P x L x T 1870mm X 685mm X 1060mm
Jarak Sumbu Roda 11260mm
Tinggi Tempat Duduk 750mm
Berat Isi 96 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
Ukuran Ban Depan 80/80-14 inci
Ukuran Ban Belakang 100/70-14 inci

2. Punya Dua Pengait

kelebihan yamaha gear 125

Fitur dua cantolan ini sungguh memudahkan ketika berbelanja

Fungsionalitas jadi salah satu kelebihan Yamaha Gear 125.  Buktinya, motor ini memiliki dua pengait untuk membawa kantong belanjaan.

Posisi pengait pertama, ada di bawah jok motor. Lalu pengait kedua, lokasinya di tengah dashboard. Keduanya sangat membantu kami ketika berkendara, terutama dengan tujuan menemani istri berbelanja.

Kantong belanjaan yang berat dan banyak bisa dengan mudah disangkutkan ke pengait di Yamaha Gear 125. Istimewanya lagi, pengait di tengah dashboard dilengkapi semacam pengunci (jenis hook). Alhasil tidak perlu takut kantong akan lepas selama berkendara.

Tidak ketinggalan, di bagian kiri dashboard terdapat kompartemen terbuka yang bisa dipakai menyimpan berbagai barang perintilan seperti uang, smartphone, dan lain-lain. Dimensi kompartemen ini pun cukup dalam, sehingga lebih aman ketika meletakkan botol minum, uang, serta handphone. 

Baca juga  Sejarah Honda Vario, Perjalanan Dari 2006 Hingga Kini

Menariknya kompartemen dashboard tersebut dilengkapi power charger. Fitur power charger memudahkan ketika kamu ingin mengisi daya smartphone saat berkendara.

Kemudian di bawah jok, ada pula bagasi yang ukurannya tidak terlalu besar. Meski begitu, tetap bisa menyimpan berbagai barang layaknya jas hujan, lap, serta masih banyak lagi.

3. Answer Back System

yamaha gear 125

Motor ini dilengkapi fitur answer back system dan berbagai teknologi modern lain

Yamaha Gear 125 S-Version atau varian tertinggi sudah dibekali answer back system. Fitur ini memudahkian pencarian lokasi motor saat parkir.

Cara pakai answer back system, cukup dengan tekan tombol yang ada di remote. Maka motor akan mengeluarkan suara dan menyalakan lampu untuk memberi informasi terkait posisinya.

Answer back system disebut sebagai kelebihan Yamaha Gear 125, lantaran Honda Beat dan Suzuki Nex II belum memilikinya. Selain fitur tersebut, motor matik pabrikan garputala juga dilengkapi berbagai teknologi modern lain. Sebut saja lampu depan LED, hazard, dan stop & start system (SSS).

4. Performa Mesin Jadi Kelebihan Yamaha Gear 125

kelebihan yamaha gear 125

Performa mesin Yamaha Gear tidak perlu diragukan lagi, akselerasinya mantap

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran mesin 125 cc merupakan kelebihan Yamaha Gear 125. Pasalnya, kompetitor seperti Honda Beat dan Suzuki Nex II cuma pakai kubikasi 110 cc. Efeknya performa motor pabrikan garputala lebih mantap.

Hasil test ride Yamaha Gear 125 yang kami lakukan, performa mesin ini sungguh istimewa. Ketika selongsong gas diputar agak dalam, motor langsung berkaselerasi cepat. Mencapai kecepatan 60 Km/jam tidak sulit sama sekali. Rasanya benar-benar menyenangkan.

Baca juga  5 Motor Trail Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Di atas kertas, jantung mekanis Yamaha Gear 125 bisa mengeluarkan torsi puncak 9,5 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 9,38 hp pada 8.000 rpm. Padanannya adalah transmisi CVT.

Jika melihat tabel spesifikasi, mesin Yamaha Gear 125 ini sesungguhnya tidak ada beda dengan Freego 125. Konfigurasinya satu silinder, SOHC, dan tanpa pendingin cairan. Lalu terdapat teknologi smart motor generator (SMG) yang membuat suara mesin lebih halus saat diaktifkan.

Tabel Spesifikasi Mesin Yamaha Gear 125

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 124.96 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm

5. Harga Terjangkau

yamaha gear 125

Sebelah kiri merupakan varian Yamaha Gear 125 S-Version dan yang kanan Standard Version

Walau pakai mesin 125 cc dan punya banyak fitur modern, motor matik ini banderolnya cukup terjangkau. Harga motor Yamaha Gear 125 Standard Version mulai Rp 16,75 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk S-Version Rp 17,35 juta (OTR Jakarta).

Beda dari kedua varian itu, ada di warna bodi. Khusus varian standard terdapat stiker yang melekat di tubuh motor. Sementara S-Version sengaja dibuat polos tanpa stiker sehingga terkesan lebih elegan.

Kemudian fitur-fitur di Gear 125 Standar Version tidak terlalu banyak. Teknologi yang dihilangkan dibanding S-Version adalah answer back system dan SSS. (LDR)

Daftar Harga Yamaha Gear 125

Yamaha Gear 125 Standard Version Rp 16,75 juta
Yamaha Gear 125 S-Version Rp 17,35 juta

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika