by

Kenal 5 Varian Yamaha Nmax di Indonesia, Beli yang Mana?

Saat ini terdapat lima varian Yamaha Nmax 155 yang dipasarkan di Tanah Air. Tiga berasal dari All New Nmax dan dua sisanya merupakan generasi lama.

Alasan pihak garpu tala masih mempertahankan penjualan motor Yamaha Nmax lama, salah satunya karena terdapat permintaan dari konsumen. Di samping itu, Nmax lama sesungguhnya juga tidak kalah istimewa dari versi baru. Ada pula kelebihannya, seperti harga yang terjangkau.

Kemudian untuk Nmax 155 generasi terbaru, Yamaha memasarkannya dalam tiga varian: Standard Version, Connected Version, dan Connected/ABS Version. Apa beda masing-masing verian tersebut?

Untuk jawaban lebih jelas, berikut bahasan soal lima varian Yamaha Nmax yang ada di Indonesia:

1. Yamaha Nmax 155 Standard

Yamaha Nmax
Nmax Standar versi lama cocok buat kamu yang punya bujet terbatas

Ini merupakan varian Yamaha Nmax yang termurah, harganya cuma Rp 28,545 juta (OTR Jakarta). Kemudian dari sisi desain, punya lampu depan dan belakang besar.

Selain murah, kelebihan Nmax 155 standard generasi lama memiliki torsi puncak besar yang mencapai 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Sementara untuk tenaga 14,8 hp pada 8.000 rpm.

Tidak hanya itu, bobot motor juga terbilang ringan cuma 127 Kg. Hanya saja memang untuk tangki bensin tidak terlalu besar, 6,6 liter.

Baca juga  Review, Spesifikasi dan Harga Suzuki Address Terbaru

Kekurangan Nmax lama pun tampak dari fitur yang dipunya. Belum ada power charger untuk mengisi daya smartphone saat berkendara. Yamaha juga tidak memberikan stop & start system (SSS) yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Bicara ukuran ban Nmax, baik versi lama dan baru tidak ada beda. Di depan mengandalkan 110/70-13 inci dan belakang 130/70-13 inci. Suspensi Nmax seluruhnya juga sudah mengandalkan gaya tabung.

2. Yamaha Nmax 155 ABS

Motor Matic 150cc Terbaik Yamaha Nmax
Nmax ABS versi lama

Secara tampilan, tidak ada perbedaan signifikan antara varian Yamaha Nmax 155 Standard dan ABS. Hanya pilihan warnanya lebih sedikit.

Untuk Nmax lama versi ABS cuma empat yaitu hitam, biru, abu-abu, dan putih. Sementara Nmax standard ada tambahan merah.

Spesifikasi lainnya bisa dibilang serupa, kecuali penyematan fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS). Kehadiran ABS membuat roda tidak mudah terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Alhasil laju motor masih bisa dikendalikan dan terhindar dari potensi kecelakaan di depan.

Fitur ini juga menjadi Nmax 155 ABS dijual lebih mahal. Banderolnya mencapai 32,65 juta (OTR Jakarta).

3. All New Nmax 155 Standard Version

varian yamaha nmax terbaru
Varian Standard Version belum dilengkapi keyless dan Y-Connect

Ini merupakan varian Yamaha Nmax 155 generasi terbaru yang paling murah. Harganya mulai Rp 29,75 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Review Yamaha Xmax, Motor Matik 250 cc Termurah

Perbedaan dibanding versi lama cukup banyak. Mulai dari lampu depan dan belakang yang lebih pipih, hingga penggunaan mesin baru, serta fitur semakin modern.

Khusus mesin, Yamaha memberi revisi dengan mengubah jeroan pakai beberapa part layaknya R15. Alhasil tenaganya meningkat tajam hingga 15,15 hp pada 8.000 rpm. Hanya saja untuk torsi justru melemah jadi 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Penyebab berkurangnya torsi motor Maxi ini, pabrikan garpu tala ingin motor tidak mengentak saat berakselerasi.

Fitur All New Nmax juga lebih banyak dibanding versi lama. Salah satunya kehadiran SSS, power charger, hazard, dan smart motor generator (SMG). Kemudian tangki bensin motor Maxi Yamaha ini juga diperluas hingga 7,1 liter.

4. All New Nmax 155 Connected Version

varian yamaha nmax connected
Ciri khas varian Yamaha Nmax Connected punya pilihan warna bodi silver dengan kombinasi pelek emas

Versi tengah-tengah dari All New Nmax 155 ini bernama connected version. Hadir paling terakhir pada November 2020. Kelebihannya dibanding varian standard, sudah ada keyless dan Y-Connect.

Keyless selain membuat tampilan semakin modern, juga mencegah maling. Di dalanya ada immobilizer yang memastikan cuma remote bawaan pabrik yang bisa dipakai untuk mengaktifkan motor.

Lalu fitur Y-Connect mampu membuat Nmax 155 Connected Version terintegrasi smartphone. Setelah terhubung panel instrumen bisa menampilkan notifikasi pesan dan telepon. Sementara smartphone kamu dapat memunculkan lokasi parkir terakhir, waktu perawatan, konsumsi BBM rata-rata, notifikasi malfungsi, peringkat jarak tempuh dan eco riding, serta revs dashboard.

Baca juga  Test Ride Yamaha Gear 125, Bukan Mio Biasa!

Harga varian Yamaha Nmax baru connected version pun lebih mahal, Rp 31 juta (OTR Jakarta). Tersedia pilihan warna khusus yaitu prestige silver yang menggabungkan cat perak dengan pelek emas.

5. All New Nmax 155 Connected/ABS Version

nmax connected abs
Versi ABS/Connected sudah pakai fitur keselamatan lengkap. Selain ABS, ada pula TCS seperti halnya Xmax 250

Varian Yamaha Nmax terbaru dan yang termahal adalah Connected/ABS Version. Banderolnya mencapai Rp 33,75 juta (OTR Jakarta).

Dari sisi fitur, kelebihannya dibanding varian lain sudah mengadopsi traction control system (TCS) layaknya Xmax 250. Guna TCS mencegah roda selip saat berakselerasi di jalan licin. Kemudian seperti namanya, ada pula fitur ABS yang menyertai. Baik TCS dan ABS hadir untuk meningkatkan keselamatan.

Lalu All New Nmax 155 Connected/ABS Version juga punya kelebihan lain. Suspensi belakangnya dapat diatur tinggkat kekerasan, sesuai kebutuhan pengendara.

Setelah mengetahui varian Yamaha Nmax dari yang termurah hingga paling mahal, kira-kira mana yang ingin kamu punya? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Terbaru