oleh

Kenal VW Taigun, SUV Calon Rival Raize Hingga HR-V!

VW Taigun sedang bersiap untuk lahir ke dunia. Mobil SUV ini punya spesifikasi unik. Terutama lewat dimensi ringkas, pilihan mesin turbo, dan sejumlah teknologi modern.

Pemesanan atas Taigun sendiri sudah mulai dibuka di India. Kemungkinan peluncuran resminya dilakukan pada Agustus 2021. Banderolnya sendiri, diperkirakan sekitar Rp 200 jutaan. 

“Dealer VW diseluruh India mulai menerima pemesanan untuk SUV ini. Uang yang diperlukan adalah Rs 10.000 (setara Rp 1,9 juta),” seperti dikutip dari media asal Negeri Bollywood, Indianautosblog pada Senin (24/5).

Keistimewaan mobil VW Taigun dapat terlihat dari desainnya yang khas anak muda. Tampak lewat pilihan cat bodi warna-warni dan pelek besar 17 inci dengan balutan two tone.

Aura SUV juga masih kental terasa lewat grille besar di depan. Kemudian muncul pulaberbagai aksesori pelindung di bagian bawah bodi. Di atap, ada roof rail yang khas mobil SUV.

Bagian belakang dibuat begitu modern dengan kemunculan lampu yang memanjang horizontal sepanjang bagasi. Lalu hadir desain berbentuk huruf C, ketika lampu belakangnya menyala.

Baca juga  Fortuner Diesel Vs Bensin Bekas, Beli yang Mana?

“Taigun mencerminkan integrasi sempurna dari proporsi desain yang menggambarkan gaya Volkswagen sebenarnya,” kata Head of Volkswagen Design, Mr. Jozef Kabaň di laman resmi VW India.

Fitur Modern VW Taigun

vw taigun - interior
Taigun memiliki konektivitas smartphone yang mumpuni mulai dari Android Auto hingga Apple Carplay

Bicara fitur modern, maka VW Taigun punya segudang teknologi terkini. Di bagian eksterior, ada lampu depan LED matrix dan electric sunroof.

Kemudian masuk interior, lebih istimewa lagi. SUV 5-seater ini dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 10 inci, automatic AC, panel instrumen digital, dan wireless charging. Tidak cuma itu, tersedia pula ambient lighting yang membuat sensasi mewah terasa.

Bicara kontektivitas smartphone, head unit Taigun dilengkapi fitur My Volkswagen Connect, Apple Carplay, dan Android Auto. Hadir pula Type C USB charging port.

Terkait fitur keselamatan, SUV merek VW tersebut dilengkapi teknologi yang cukup lengkap. Ada electronic stability control (ESC), typre pressure dflation warning, rear park distance control, hill hold control, hingga 6 airbags.

Pilihan Mesin 1.0 dan 1.5 Liter Turbo

vw taigun - tampak belakang
Taigun 1.0 Liter Turbo siap melawan Toyota Raize, bila masuk Indonesia

Kehadiran VW Taigun di dunia otomotif, juga bakal menantang pasar yang cukup luas di kelas SUV. Hal ini dikarenakan opsi mesin yang beragam: 1.0 dan 1.5 Liter Turbo.

Baca juga  Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Bila masuk Indonesia, maka Taigun bermesin 1.0 Liter Turbo bakal menemui kompetitor seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite.

Sampai sekarang, VW belum mengumumkan terkait performa mesin 1.0 Liter Turbo milik Taigun. Hanya saja berbagai media India mengatakan bahwa, jantung mekanis dengan konfigurasi tiga silinder itu sanggup melontarkan torsi 175 Nm dan tenaga 115 PS. Kalau benar, maka kemampuannya bakal mengalahkan mesin Raize, Rocky, dan Magnite.

Kemudian untuk Taigun bermesin 1.5 Liter Turbo, bakal berhadapan dengan HR-V 1.8 Liter. Menarik bukan?

Bicara kehardiran Taigun di Indonesia memang masih jauh. Di negara asalnya saja, mobil SUV 5-penumpang ini belum meluncur secara resmi.

Walau demikian, bukan berarti VW Taigun tidak bakal datang ke Tanah Air. Terlebih VW Indonesia sudah biasa melakukan impor mobil dari India. Salah satunya dengan produk VW Polo.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru