by

Kenali Gejala Steering Rack Avanza Bermasalah

Peranti ini memang sangat lekat hubungannya dengan kenikmatan berkendara. Pasalnya, jika steering rack Avanza bermasalah, maka pengendalian mobil akan terkorbankan.

Di samping itu, beberapa penyakit mekanis lain juga akan mengganggu. Sebut saja terdengar bunyi-bunyi yang tentunya membuat rasa tidak nyaman saat mengendara.

Untuk mengenali rack steer Toyota Avanza bermasalah, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Sesungguhnya tidak sulit mengetahui bila komponen tersebut mengalami masalah. Orang awam, sesungguhnya juga bisa mengidentifikasinya.

Namun, sebelum membahas perihal steering rack Avanza bermasalah, kami akan menginformasikan mengenai fungsi steering rack atau rack steer terlebih dulu. Salah satu fungsinya adalah penghubung antara penghubung antara komponen steer dengan bagian kaki-kaki.

Rack steer ini, juga membantu komponen lainnya yakni power steering untuk memudahkan kinerjanya ketika digunakan dalam berkendara. Mengenai komponennya, steering rack berbentuk selongsong besi yang cukup panjang.

Di dalamnya, ada beberapa komponen yang mengisi besi tersebut. Di antaranya adalah hydraulic system, power steering fluid, serta ada power steering hoses yang menyambungkan antara rack steer dengan steering shaft.

Jika steering rack Avanza bermasalah, biasanya ada salah satu dari komponen tersebut yang tidak bekerja dengan baik. Paling umum, masalahnya karena kebocoran oli yang terjadi pada rack steer mobil kamu.

Baca juga  Mobil Vaganza, Ganti Oli Berhadiah Smartphone Hingga Liburan

Kalau hal tersebut sampai terjadi, tentunya kamu harus waspada. Oleh karenanya kamu wajib tahu gejala steering rack Avanza bermasalah. 

Sering Melewati Jalan Rusak Sebabkan Steering Rack Avanza Bermasalah

steering rack avanza bermasalah
Hati-hatilah ketika melewati jalan rusak kalau tidak mau steering rack Avanza bermasalah

Seperti yang dijelaskan oleh Hari, memang salah satu penyebab steering rack Avanza bermasalah, bisa jadi karena sering melalui jalanan rusak. Hal ini memengaruhi kinerja komponen itu secara langsung dan berakibat pada kenyamanan saat berkendara.

“Kerusakan rack steer memang penyakit utamanya disebabkan dari seringnya melewati jalanan rusak. Begitu dihantam jalan rusak, kinerja dari rack steer itu kan menjadi lebih ekstra. Kalau di jalan biasa, yang halus atau aspal, jarang banget sampai bikin rack steer rusak,” beber Hari.

Jika kamu sering melewati jalan rusak dan sesudahnya mendengar bunyi yang aneh di bagian depan mobil, bisa jadi itu adalah tanda-tanda steering rack Toyota Avanza bermasalah. Untuk mengidentifikasinya, suara biasanya terdengar dari lingkar kemudi dan sangat berisik ketika dibelok-belokkan.

Bukan hanya itu, indikasi rack steer Avanza bermasalah juga bisa diidentifikasi melalui lingkar kemudi yang mulai berat dan bergetar ketika sedang mengemudi. Selain itu, Hari, juga menambahkan getaran yang dihasilkan dari rack steer bermasalah sangat bisa dirasakan.

Baca juga  Cara Hitung Denda Pajak Mobil, Jangan Bingung

“Kalau lagi mesin idle, itu getarannya berasa banget. Jadi getar sama kaya goyang-goyang, akibat dari komponen dalam yang bermasalah, jadi kaya gitu,” tambah Hari.

Cara Mencegah Rack Steer Avanza Rusak

Rack steer Avanza bermasalahPerawatan rack steer diperlukan untuk menunjang performa komponen ini

Sebelum rack steer Toyota Avanza bermasalah, kamu bisa melakukan perawatan agar tidak sampai mengalami masalah tersebut. Menurut Hari, memang ada beberapa hal yang harus dihindari agar rack steer lebih awet dalam penggunaannya.

Dalam penjelasannya, beberapa hal yang seharusnya dihindari adalah terkait dengan medan jalan yang dilalui, sebisa mungkin kamu dapat memilih jangan melintasi jalan yang rusak atau semi offroad agar kinerja rack steer tetap berfungsi dengan normal dan baik.

“Sebisa mungkin jangan mengemudikan kendaraan di jalan yang rusak. Ini akan berpengaruh pada yang tadi saya jelasin, karena kalau sudah rack steer rusak, ya istilahnya kenyamanan berkendara jadi enggak maksimal. Kalau untuk sesekali, dan bukan jalur utama dalam rutinitas, masih ditolerir dan jangan terlaku sering aja,” beber Hari.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

Selain itu, ada juga cara lain untuk melakukan perawatan rack steer. Salah satunya adalah dengan melihat kilometer yang sudah ditempuh. Semakin jauh kilometer, maka beberapa komponen di dalamnya juga sudah aus, sehingga dipastikan ada performa yang turun.

Dengan begitu, biasanya mekanik menyarankan setiap 10.000 kilometer, harus ada pengecekan terhadap komponen tersebut. Hal ini harus dilakukan guna meminimalisir kinerja agar tetap prima dan dapat diandalkan di segela medan.

Hal lain yang juga bisa diperhatikan untuk mencegah steering rack Avanza bermasalah adalah mengecek pelumas atau oli power steering. Di dalam bagian rack steer seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa fluid yang ditanamkan. Dengan adanya hal tersebut, maka untuk pengecekan oli power steering harus dilakukan secara berkala.

Beberapa informasi dari mekanik, memang setidaknya usia pemakaian power steering sampai lima tahun. Jika lebih dari lima tahun, kamu harus segera melakukan pengecekan atau mengganti komponen tersebut jika sudah rusak.

Sudah paham kan gejala steering rack Avanza serta cara mencegahnya Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru