Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kental Aura Retro, Lebih Pilih Honda Genio atau Scoopy?

by Baghendra Lodra
ketika-honda-genio-vs-scoopy-hasilnya

Honda Genio Vs Scoopy – Sukses dengan motor matik berkesan klasik, Honda Scoopy, rupanya membuat PT Astra Honda Motor (AHM) ingin mengulang cerita yang sama. Pada Juni 2019, mereka merilis Honda Genio. Saat pertama kali muncul, sosok Honda Genio mengingatkan kita pada sang kakak, Honda Scoopy.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Motor Matic Terbaik untuk Kamu Pilih.

Honda mengemukakan, meskipun mirip Honda Scoopy, sebenarnya ada beberapa perbedaan yang diusung Honda Genio. Misalnya dari sisi harga, desain, mesin dan fitur yang disematkan pada keduanya. Benarkah? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan Honda Genio vs Scoopy berikut ini.

 

Kental Aura Retro, Tapi Honda Genio Lebih Modern

ketika-honda-genio-vs-scoopy-hasilnya

Honda Scoopy punya desain yang retro abis

Jujur, Scoopy unggul satu langkah di depan Honda Genio. Sederhana, minimalis tapi modern, hal ini yang menjadi penggambaran Honda Genio. Sama-sama kental dengan aura retro, namun Honda Scoopy lebih klasik sebab banyaknya bagian yang membuat di sisi bodi. Hal itu diperkuat lagi dengan penggunaan lampu dan spion bulat.

Dilihat dari ukuran, Honda Genio vs Scoopy memiliki perbedaan signifikan. Tentu saja ini disebabkan Genio dibangun dari rangka terbaru teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Sementara kalau Honda Scoopy belum pakai rangka terbaru.

Tapi secara garis besarnya, desain Honda Scoopy terlihat lebih gemuk, hal itu berkat penggunaan pelek 12 inci dengan ban lebar berukuran 100/90 di depan dan 110/90 di belakang. Kalau Honda Genio kelihatan lebih jangkung dan ramping, karena ukuran peleknya lebih besar, 14 inci diselimuti ban 80/90 di depan dan 90/90 di belakang.

Baca juga  Warna Baru NMAX 155 Connected/ABS, Berkelir Silver

Honda Genio punya dimensi 1.869 x 692 x 1.061 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 1.256mm, ground clearance 147mm dan tinggi jok 740mm. Sementara, Honda Scoopy berdimensi 1.847 x 686 x 1.061 mm (PxLxT), jarak sumbu roda 1.257mm, ground clearance 143mm dan tinggi jok 744mm.

Daftar Harga Honda Genio

Produk Kelebihan Harga
Honda Genio – CBS Desain motor retro modern, harga terjangkau dan punya fitur canggih Cek Promonya di Sini
Honda Genio – ISS Irit konsumsi BBM, banyak pilihan warna, dan dilengkapi sistem pencahayaan LED Cek Promonya di Sini

 

Fitur Honda Scoopy Lebih Melimpah

ketika-honda-genio-vs-scoopy-hasilnya

Fitur Honda Scoopy lebih melimpah

Di Genio, Honda lebih mengedepankan fungsi. Coba sobat lihat saja bagian laci penyimpanan di depan, terbuka dan terkesan tidak aman. Sementara itu, Honda Scoopy dibekali tutup pelindung.

Keduanya sudah dilengkapi power charger untuk mengisi daya ponsel. Bedanya, Honda Scoopy meletakkannya di laci penyimpanan depan sedangkan Honda Genio menempatkannya di dalam bagasi jok. Tentu saja, colokan di Scoopy lebih mudah dijangkau. Honda Genio vs Scoopy, soal kepraktisan menang Honda Scoopy.

Tak hanya itu, kecanggihan Honda Scoopy rupanya berada setingkat di atas Honda Genio. Salah satunya faktor keamanan, Scoopy dipasang anti-theft alarm agar meminimalisir terjadinya pencurian. Selain itu, ada fungsi asnswer back system. Ketika tombol ini ditekan, maka motor akan berbunyi dan sein hazard menyala. Ini sangat berguna untuk mengetahui posisi motor saat di parkir.

Baca juga  Suzuki Burgman Versi 2020 Resmi Dijual di Jepang!

Honda Genio belum memiliki fitur canggih ini. Meski demikian, Honda Genio unggul pada kapasitas tangki bensin sebesar 4,2L, dibandingkan Honda Scoopy yang hanya 4L.

Soal sistem pencahayaan sudah pakai LED. Beralih ke panel instrumen, yang kali ini dimenangkan Honda Genio karena sudah full digital. Sementara Honda Scoopy masih kombinasi analog dan digital. Keduanya dilengkapi Eco Indicator yang bikin konsumsi BBM jadi lebih irit.  Kedua tipe Genio mendapatkan fitur Combi Brake System, sedangkan fitur ISS cuma ada pada varian termahal. Di lain pihak, ISS ada di semua tipe Honda Scoopy. Honda Genio menyombongkan kapasitas sebesar 14L. Tapi, setelah kita tengok, ternyata bagasi Honda Scoopy lebih lega, 15.4L.

 

Performa Honda Scoopy Ungguli Honda Genio

ketika-honda-genio-vs-scoopy-hasilnya

Sama-sama dibekali mesin 110cc, outputnya unggul Honda Scoopy

Menengok jeroan, kedua produk Honda ini sepakat sematkan mesin injection kapasitas 110cc. Perbedaan ada pada konstruksi silinder. Lalu, jantung mekanis Honda Genio adalah generasi terbaru mesin eSP, dengan tenaga maksimal 8.8Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.3Nm/5.500rpm.

Honda Scoopy sedikit berada di Honda Genio dengan tenaga maksimal yang dihasilkan 8.98Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.4Nm/6.000rpm. Honda Genio vs Scoopy di sektor mesin, unggul Honda Scoopy.

Baca juga:

Baca juga  Ini Sejarah Honda CRB250RR di Indonesia, Awalnya Impor Thailand

 

Honda Genio Lebih Murah

ketika-honda-genio-vs-scoopy-hasilnya

Harga Honda Genio lebih murah dibanding Honda Scoopy

Kedua motor matik yang kental dengan aura retronya ini ternyata punya selisih harga yang lumayan. Sama-sama dilengkapi dengan dua varian dan banyak pilihan warna, Honda Genio lebih murah ketimbang Honda Scoopy.

Varian CBS Honda Genio dibanderol dengan harga Rp 17.509.000,00, sementara varian termahalnya CBS-ISS Rp 17.980.000,00. Lalu bagaimana dengan Honda Scoopy? Baik varian sporty dan stylish punya harga yang sama, yaitu 19.577.000. Harga yang disebutkan di atas sudah OTR Jakarta. Selisihnya berada di angka lebih dari Rp 1.5 jutaan.

Itu tadi pembahasan komparasi antara Honda Genio vs Honda Scoopy.  Dari sisi harga, Honda Genio memang lebih murah dan mengusung teknologi terbaru. Namun, secara keseluruhan, Honda Scoopy memiliki fitur yang lebih mumpuni. Dengan plus minus yang cukup tipis, maka keputusan akhir harus diambil dengan berbagai pertimbangan. Jangan sampai salah pilih!

Tertarik untuk membeli motor di atas? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian motor honda dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaiknya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika