Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Keunggulan Mitsubishi Xpander Dibanding Rival

by Deni Ferlindungan
Keunggulan MPV Mitsubishi Harga Naik

Xpander merupakan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang cukup fenomenal di Indonesia. Keunggulan Mitsubishi Xpander adalah dalam waktu relatif singkat, mobil ini mampu menyaingi angka penjualan si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Padahal peluncurannya sendiri baru dilakukan sejak 2017. Kehadiran Mitsubishi Xpander di ranah otomotif Indonesia, setidaknya mampu menjadi pilihan baru mobil keluarga yang tampil segar dan juga modern. Interiornya pun cukup baik mengakomodir kebutuhan keluarga.

Menariknya lagi, Xpander mendapat diskon PPnBM hingga Desember 2021, sehingga banderolnya jadi lebih terjangkau. Buat kamu yang masih ragu memiliknya, berikut kami beberkan 7 keunggulan Mitsubishi Xpander dibanding rival-rivalnya di pasar Nasional. Simak ulasannya berikut ini:

1. Desain Kombinasi MPV dan SUV Jadi Keunggulan Mitsubishi Xpander

keunggulan mitsubishi xpander

Mitsubishi Xpander facelift meluncur dengan sejumlah ubahan

Sisi eksterior menjadi poin penting yang membuat mobil Mitsubishi Xpander cukup diminati konsumen. Di mana mobil ini memiliki desain yang futuristik dan sejalan dengan versi protipe, XM Concept.

Pembeda dari sejumlah rivalnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga adalah mobil ini punya karakter yang mengkombinasikan sosok sebuah SUV dan MPV. Desainnya khas, dan bisa dibilang inilah satu-satunya low MPV yang menggunakan basis crossover.

Sejumlah fitur-fitur modern pun sudah tersemat di sisi eksteriornya. Tampilan depan mengadopsi Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors Corporation dengan desain gril yang mirip dengan Mitsubishi Triton terbaru.

Berstatus facelift di tahun 2020 ini, Mitsubishi Xpander kini menggunakan lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range lebih luas. Keunggulan Mitsubishi Xpander juga kini sudah dilengkapi dengan pelek 16 inci Two Tone Alloy Wheel.

Jika dibandingkan kompetitor, ukuran pelek Xpander terbesar dikelasnya. Tampilan sporty juga terlihat pada bagian belakang atap yang kini dilengkapi dengan Shark Fin Antenna pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

Pada Mitsubishi Xpander Facelift eksteriornya kini sudah dilengkapi Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed. Dengan bgeitu mampu mendukung visibilitas pengemudi saat menghadapi jalan berkabut atau tertutup embun.

Baca juga  5 Mobil untuk Campervan, Mulai Rp 20 Jutaan

2. Fitur Interior yang Mampu Mengakomodir Kebutuhan Keluarga

Interior Mitsubishi Xpander, Jadi Keunggulan

Xpander punya interior dengan desain modern

Beralih ke kabin, Mitsubishi Xpander sudah memiliki interior yang cukup modern. Terlebih pada versi facelift kini mengaplikasikan New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel untuk varian Sport.

Sementara untuk varian Ultimate dan Sport, pada bagian head unit sudah dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 7-inci dengan Smartphone Connectivity. Tentu ini menambah kenyamanan dan kemudahan ketika berkendara.

Khusus untuk varian Sport kini sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon. Namun tetap aman selama mengemudi.

Mitsubishi Xpander juga dibekali dengan 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya. Untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengemudi maupun penumpang di perjalanan.

Keunggulan Mitsubishi Xpander selanjutnya ada di teknologi tilt & telescopic steering. Alhasil pengemudi bisa menyesuaikan posisi berkendara terbaik. Sementara kompetitor seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga belum punya.

Tidak ketinggalan ada power outlet di tiap baris bangku. Fungsinya tentu penting untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Soal kapasitas penumpang, sanggup menampung 7-orang dengan tiga baris bangku. Hanya saja untuk jok tengah di bangku baris kedua, belum tersedia head rest. Tentu ini jadi kekurangan Mitsubishi Xpander. Apalagi kompetitor seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio sudah punya 7 head rest untuk masing-masing penumpang.

Semoga ini bisa diperbaiki oleh pabrikan tiga berlian untuk ke depannya. Pasalnya fungsi head rest cukup krusial untuk memberi kenyamanan kepala penumpang, sekaligus mencegah resiko cedera kepala saat terjadi kecelakaan.

3. Keunggulan Mitsubishi Xpander, Sudah Dilengkapi Cruise Control

Cruise Control jadi keunggulan mitsubishi xpander

Fungsi cruise control membuat berkendara semakin rileks di jalan bebas hambatan

Inilah satu-satunya LMPV yang sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Kehadiran fitur ini tentunya menjadi nilai tambah bagi LMPV andalan Mitsubishi Indonesia itu.

Baca juga  Biaya Pemilu 2024 Fantastis, Totalnya Bisa Tebus 227 Unit Xpander

Dengan fitur cruise control, memungkinkan Xpander bisa melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus. Sehingga fitur ini dapat meringkankan kerja sopir, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Fitur ini baru bisa aktif pada kecepatan minimum 40 km/jam, sehingga kalau aktif di jalan yang padat dengan kendaraan bermotor lain, akan membahayakan.

Jadi, buat pemilik mobil yang punya fitur seperti ini disarankan untuk mengaktifkan Cruise Control sebaiknya melihat kondisi jalan di sekitarnya, demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama. Cruise control baru tersedia di varian tertinggi Xpander yakni Ultimate dan juga Mitsubishi Xpander Cross.

4. Ground Clearance Tertinggi Jadi Keunggulan Xpander

Ground clearance Mitsubishi Xpander

Pelek barunya membuat tampilan semakin mewah, hadir pula sistem pencahayaan LED di lampu depan

Bicara keunggulan Mitsubishi Xpander lainnya, terletak pada ground clearance yang ternyata tertinggi dikelasnya, yakni sebesar 205 mm. Tingginya ground clearance yang ditawarkan Mitsubishi Xpander, mungkin saja karena DNA SUV yang melekat padanya.

Bila dibandingkan dengan kompetitor terdekat seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, ground clearance kedua mobil itu sebesar 200 mm. Sementara Honda Mobilio memiliki ground clearance sebesar 189 mm.

Nah, yang memiliki ground clearance terendah di kelasnya adalah Suzuki Ertiga sebesar 180 mm. Dengan ground clearance yang tinggi, tentunya membuat mobil ini memiliki daya jelajah yang lebih baik, ketika menghadapi jalan berlubang, jalan rusak, dan kontur jalan yang tak rata.

Pengemudi tak perlu khawatir menghadapi jalan-jalan seperti itu, karena jarak bodi ketanah yang tinggi. Meskipun dalam kondisi penumpang terisi penuh.

5. Layar MID yang Tampil Beda dikelasnya

MID Xpander

MID Mitsubishi Xpander

Perbedaan lainnya jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, yang tentunya jadi keunggulan Mitsubishi Xpander adalah penggunaan layar MID berukuran besar di panel indikator. Selain itu, Xpander juga dilengkapi layar TFT berwarna yang menyuguhkan informasi dan pengaturan aneka sistem.

Baca juga  Masuk Musim Hujan, Servis Mobil Mitsubishi Diskon 20 Persen!

Informasi yang ditampilkan meliputi level bahan bakar, suhu mesin, tingkat efisiensi, hingga panduan kehematan berkendara dikemas secara baik. Pengingat waktu servis, hingga durasi berkendara untuk menghindari kelelahan juga tersedia di layar.

Kompetitor seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih menggunakan MID model lawas. Sementara Honda Mobilio serupa, informasi yang ditampilkan tak selengkap, seperti yang tersedia di Mitsubishi Xpander.

Melalui fitur ini, tentunya dapat membantu pemilik mobil mengetahui kondisi terkini dari mobil yang dimiliki.

6. Suspensi Berkarakter Layaknya Mobil Sport

keunggulan mitsubsihi xpander

Suspensinya nyaman untuk kelas LMPV

Satu lagi keunggulan Mitsubishi Xpander, adalah mengadaptasi sistem suspensi yang tersemat di Mitsubishi Lancer Evo X. Tentunya hal ini mampu menunjang kenyamanan ketika berkendara bagi pengemudi maupun penumpang.

Geometri dan konstruksi suspensi diklaim pabrikan memang diadopsi dari sedan sport dari pabrikan berlogo tiga berlian itu. Meski berstatus low MPV, namun urusan handling dan juga kenyamanan melalui segala medan jalan, mobil ini patut diacungi jempol.

7. Beli Mobil Dapat Asuransi Jiwa

mobil kena relaksasi pajak

Mitsubishi Xpander Black Edition

Pabrikan tiga berlian memiliki promo gratis paket smart sebagai layanan purna jual untuk tiap pembelian Mitsubishi Xpander. Di dalam paket ini terintegrasi dengan asuransi jiwa bila terjadi kecelakaan. Inilah keunggulan Mitsubishi Xpander dibanding kompetitor.

General Manager of Sales and Marketing Division MMKSI, Amirudin mengatakan asuransi tersebut didapatkan gratis selama satu tahun. Walau demikian, konsumen bisa melakukan perpanjangan.

“Jumlah klaim maksimal 5 juta per orang untuk varian Xpander, 10 juta untuk Xpander cross,” kata Amirudin kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Jadi itulah 6 keunggulan Mitsubishi Xpander yang perlu kalian ketahui. Agar setidaknya dari sejumlah keunggulan di atas, dapat membantu kamu memilih mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika