by

Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Dana Tunai Secara Online

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, proses pinjaman dana tunai kini bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi mereka yang membutuhkan kredit cepat. Di sisi lain, pinjaman uang online juga memiliki beberapa kekurangan yang kerap merugikan penggunanya. Seperti apa keuntungan dan kerugian pinjaman dana tunai online? Berikut ulasannya.

 

Keuntungan Pinjaman Dana Tunai  Online

1. Prosesnya Lebih Praktis

keuntungan-dan-kerugian-pinjaman-dana-tunai-secara-online
Prosesnya lebih praktis

Saat melakukan kredit uang secara konvensional, maka Anda harus rela bolak-balik ke bank untuk mengajukan pinjaman. Sayangnya, tak semua pengajuan pinjaman selalu berjalan mulus. Risiko penolakan peminjaman pun membuat usaha yang telah Anda lakukan sebelumnya terkesan sia-sia.

Kondisi tersebut akan sangat berbeda apabila Anda melakukan kredit uang secara online. Tak perlu susah payah datang ke bank, pinjaman online bisa dilakukan kapan dan di mana saja karena Anda tinggal mengunduh aplikasinya. Dengan begitu, Anda pun dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

2. Pencairan Dana dalam Hitungan Hari

keuntungan-dan-kerugian-pinjaman-dana-tunai-secara-online
Pencairan Dana tidak butuh waktu lama

Di samping praktis, pencairan dana pada pinjaman online terbilang singkat. Biasanya Anda akan menerima dana pinjaman antara 1-3 hari kerja. Bila sebelumnya Anda mempunyai riwayat peminjaman yang baik, maka proses pencairan dapat dilakukan dalam hitungan jam.

Bagaimana dengan pencairan pinjaman konvensional? Normalnya, uang pinjaman akan turun dalam hitungan minggu bahkan bisa berbulan-bulan.

 

3. Syarat Pengajuannya Tidak Ribet

keuntungan-dan-kerugian-pinjaman-dana-tunai-secara-online
Syarat yang dibutuhkan tidaklah ribet

Alasan terakhir mengapa banyak orang melakukan pinjaman online karena syaratnya yang mudah. Soal jaminan misalnya. Sebagian besar kredit konvensional membutuhkan jaminan dalam prosesnya untuk meminimalisasi risiko peminjam gagal bayar.

Sebaliknya, kebanyakan pinjaman online yang tersedia tidak membutuhkan jaminan dalam persyaratannya. Anda hanya perlu menyiapkan data diri seperti KTP, NPWP, rekening tabungan, dan slip gaji. Lebih mudah bukan?

Baca juga;

 

Kerugian Pinjaman Dana Tunai Online

1. Besarnya Bunga Pinjaman Online

keuntungan-dan-kerugian-pinjaman-dana-tunai-secara-online
Besarnya Bunga Pinjaman Online

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa rata-rata pinjaman dana tunai online tidak membutuhkan jaminan. Inilah yang menjadi alasan mengapa bunga kredit online terbilang besar. Apalagi, hingga saat ini OJK belum mengatur soal batasan bunga pinjaman online. Tinggi suku bunga sepenuhnya diserahkan kepada perusahaan kredit online.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pinjaman online, sebaiknya baca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku. Akan lebih baik lagi bila Anda juga melakukan simulasi kredit.

 

2. Plafon Pinjaman Cenderung Kecil

2 10
Plafon Pinjaman Kecil

Bila membutuhkan kredit uang dalam jumlah yang banyak, maka pinjaman online bukanlah jawaban yang tepat sekaligus tidak menjadi sebuah solusi. Bukan tanpa sebab, tanpa jaminan, nominal pinjaman yang ditawarkan kredit online rata-rata di bawah 5 juta.

 

3. Risiko Penipuan Tinggi

1 12
Risiko Penipuan sangatlah tinggi

Pinjaman online memang memudahkan siapa saja untuk mendapatkan dana cepat. Namun, ada juga oknum di luar sana yang memanfaatkan peluang ini untuk melakukan penipuan berkedok pinjaman online. Hebatnya, pinjaman online palsu tidak hanya menggaet korbannya melalui pesan atau telepon, tetapi juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Kalau Anda baru pertama kali melakukan pinjaman online, maka ada baiknya untuk berhati-hati. Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri kredit online bodong?

Waspadalah pada pinjaman online yang menerapkan uang muka dengan alasan agar dana yang dibutuhkan cepat cair. Selain itu, Anda juga wajib berhati-hati apabila pembayaran tagihan ditujukan kepada rekening pribadi. Terakhir, hindari pinjaman online yang meminta informasi perbankan Anda.

Demikian keuntungan dan kerugian pinjaman dana tunai online yang perlu Anda tahu. Tips singkat bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pinjaman online untuk keperluan modal usaha, biaya sekolah anak, atau beli motor, begini cara memilih platform kredit online tepercaya.

Pertama, pilihlah pinjaman online yang telah terdaftar di OJK. Menurut laporan OJK per 30 September 2019, total ada 127 penyelenggara fintech yang telah terdaftar dan mendapat izin dari OJK. Beberapa di antaranya adalah Koinworks, Kredivo, Igrow, dan Teralite.

Ke dua, pilihlah pinjaman online yang memiliki transparasi biaya, mulai dari besar bunga, biaya administrasi, denda bila cicilan terlambat, penalti apabila pelunasan dipercepat, dan besaran provisi (uang tanda jasa saat pengajuan pinjaman diterima) bila ada.

Semoga, informasi di atas dapat membantu Anda memilih pinjaman online yang tepat. Buat Anda yang inginkan dana tunai dengan cepat, caranya gampang banget. Cukup klik melalui link ini

Baca juga  Modifikasi Motor Yamaha NMAX 2016, Cekidot!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru