by

KIA Sportage 2021, Calon Rival CR-V dan Almaz RS

Baru-baru ini foto spyshoot yang diduga KIA Sportage 2021 generasi terbaru tersiar di sosial media. Beberapa sumber mengatakan SUV terbaru pabrikan Korea Selatan tersbut akan resmi dipasarkan pada pertengahan tahun 2021.

Mengutip pada laman Motor1, foto spyshoot ini diduga diambil di kawasan area sirkuit Nurburging Jerman, untuk meminimalisir terjadinya eksploitasi jika pengetesan dilakukan di jalan raya.

Selain itu beberapa waktu lalu Sportage terbaru juga tertangkap sedang melakukan pengetesan di sirkuit tersebut.

Pada gambar, mobil KIA Sportage 2021 tertutup full balutan kamuflase dan hanya menyisahkan desain grill yang bermotif sarang tawon khas KIA. Sedangkan lampu utama diduga menyatu dengan bumper utama.

Dilihat dari segi desain, KIA Sportage 2021 terbaru terlihat sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Model yang juga dipasarkan di Indonesia ini terlihat lebih besar di beberapa bagian. Ini berarti di sisi eksterior KIA Sportage 2021 besar kemungkinan akan memimiliki kaboin interior lebih lebar di banding versi lawas.

Sedangkan pada pelek, KIA Sportage terbaru diduga menggunakan ukuran R18 dengan desain 5 palang dua warna. Waktu dipasarkan di Indonesia, ukuran pelek R18 ditawarkan hanya pada varian tertinggi, sedangkan varian di bawahnya menggunakan lingkar pelek 17.

Baca juga  Fortuner Diesel Vs Bensin Bekas, Beli yang Mana?

Sebagai model global, diharapkan KIA Sportage juga akan hadir dalam konfigurasi mesin hybrid dan plug-in hybrid.

Untuk spesifikasi fitur dan interior sayang KIA masih menutup rapat akan hal ini. Namun diharapkan KIA Sportage terbaru sarat akan perbedaan yang memberi kesenangan berkendara lebih baik di banding versi terdahulu.

KIA Sportage Siap Hadir Lagi di Indonesia?

KIA Sportage 2021
KIA Sportage keluaran terakhir yang dipasarkan di Indonesia

KIA Indonesia merilis All New Sportage terakhir di akhir tahun 2017. Hadir dengan desain yang mencolok dan dipasarkan dengan rentang harga Rp 300 – 400 jutaan.

Dapur pacunya, KIA Sportage mengusung mengusung mesin 2.0 Liter DOHC berbahan bakar bensin yang mampu mengahasilkan power maksimum sebesar 166 PS pada 6.200 rpm.

KIA Sportage yang sebelumnya hadir di Indonesia memakai sistem transmisi 6-Automatic Speed dan dikalim mempunyai tenaga yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sayang KIA Sportage tidak didatangkan kembali sejak hadirnya Sonet di 2020. Hal ini bertepatan dengan adanya transisi kepengurusan KIA Indonesia. Dimana saat itu PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi mengambil alih penjualan Kia di Indonesia dari PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Baca juga  Ini Bedanya Honda N7X dan BR-V, Bagus Mana?

Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, menjelaskan, absennya Sportage bukan berarti nantinya tidak akan masuk lagi ke Indonesia, tapi lebih karena ada strategi yang diterapkan perusahaannya.

“Kalau saya tidak bilang itu Sportage, bukan tidak akan masuk, tapi lebih karena ada perhitungannya. Karena kami baru, jadi harus lihat dulu segala sesuatunya,” ucap Ario waktu itu.

Perhitungan yang dimaksud merujuk pada posisi segmen dari produk tersebut. Mulai dari tipe apa saja, harga jualnya saat didatangkan bagaimana, kompetitornya siapa, sampai perhitungan apakan bisa bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Selain dari hal tadi, menurut Ario ada yang lebih penting lagi, yakni dari usia produknya sendiri. Bila umur dari suatu produk yang akan dibawa sudah mepet dengan masa pergantian yang baru, maka akan tanggung untuk dipasarkan.

Jika benar masuk Indonesia, mobil SUV terbaru ini bakal berhadapan dengan Honda CR-V dan Wuling Almaz RS.

Demikian ulasan mengenai spyshoot KIA Sportage 2021 terbaru. Untuk berita otomotif lebih lengkap lainnya, simak terus Moladin.com.

Baca juga  Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur, Sebentar Lagi?

Terbaru