Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Klakson Mati Jangan Langsung Diganti, Cek Dulu Komponen Ini

by Baghendra Lodra
Mengganti Suara Klakson

Moladin – Klakson di kendaraan motor punya fungsi yang sakral pastinya. Sejatinya motor masih bisa tetap berjalan meskipun klakson mati, tapi pasti potensi untuk terjadinya kecelakaan sangatlah besar.

Oleh karena itu, fungsi klakson sangat vital dan harus tetap dijaga. Jika kondisi klakson mati, atau tidak berfungsi dengan baik segera cek penyebabnya. Jika kondisinya rusak, wajib untuk segera diganti ya. Berikut komponen yang bisa Moladiners cek saat kondisi klakson mati.

 

[product product=”Yamaha Fino 125 Grande” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Fino_125_Grande_2067_72610_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-fino-125-grande-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc” price=”Rp. 600.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Kondisi Aki Wajib di Cek

Hal pertama sekali yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian aki. Pastinya kalau kondisi aki sudah soak, bikin klakson gak bunyi ya, Moladiners.

cek kondisi akiAki wajib sering di cek kondisinya | Foto: Moladin

Untuk mengetahui aki soak gampang kok? Aki yang soak biasanya bikin kelistrikan gak maksimal seperti biasanya, mulai dari lampu yang redup, motor sulit di starter.

 

Cek Kabel dan Baut Platina Klakson

Kalau kondisi aki ternyata masih bagus, selanjutnya bisa cek kondisi kabel yang ada hubungan langsung dengan klakson. Umumnya, kabel klakson ada dua, yang pertama kabel listrik dan kabel massa. Kalau salah satu atau keduanya lepas, maka klakson dipastikan gak bunyi ya sob!!

Baca juga  Cara Mudah Bersihkan Motor Trail dengan Sempurna!

cek kabel dan baut platina klaksonGak kalah penting juga untuk selalu cek kabel klakson | Foto: Moladin

Baut platina juga bisa jadi salah satu penyebab klakson mati. Kenapa? Sebab posisi baut yang berubah karena adanya benturan bisa membuat klakson tidak berbunyi.

Kalau sudah begini gimana ya? Ternyata mudah kok, cukup buka mur pengunci dengan tang. Kemudian putar baut dengan obeng, tujuannya supaya kembali presisi.

 

[product product=”Kawasaki Versys-X 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_VersysX_250_9356_63172_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-versys-x-250-tourer-liquid-cooled-4-stroke-parallel-twin-250cc” price=”Rp. 2.591.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Periksa Kondisi Saklar

Nih jadi hal yang gak kalah pentingnya, kondisi saklar perlu di cek manakala klakson mati, posisinya ada di bagian stang. Saklar punya peran sentral di kelistrikan, kondisi sakelar yang kotor dan ada karat bisa jadi penyebabnya. Solusinya, saklar harus dibersihkan. Caranya dengan memakai amplas halus atau juga bisa dengan cairan antikarat.

periksa kondisi saklarSaklar bisa jadi salah penyebab klakson mati | Foto: Moladin

Baca juga;

Baca juga  2 Varian Warna Baru New Honda CRF150L Rilis, Tampil Gahar

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika