Apa Sih Keuntungan Gabung Klub Motor di Indonesia?

Halo bro bikers di seluruh penjuru nusantara, Jinny balik lagi ngasih informasi yang bmudah-mudahan berguna ya! Kali ini Jinny bakal membahas seputar apa sih keuntungan dan kerugian dengan bergabung ke klub-klub motor? Maklum ya, sampai saat ini banyak yang menyamakan klub motor di Indonesia dengan geng motor yang berkonotasi negatif. Padahal perlu diketahui, klub moto beda dengan geng motor. Kegiatannya pun beragam dan positif. Tidak merugikan kepentingan umum saat berjalan di jalan raya (touring), dan klub motor lebih terorganisir dan punya peraturan yang wajib dipatuhi seluruh anggotanya.

Apa Sih Arti Klub Motor di Indonesia?

 

Menjamurnya pendistribusian motor di Indonesia membuat bikers di mendirikan klub-klub berdasarkan region masing-masing. Hal ini tentunya memudahkan bikers yang membutuhkan informasi atau tukar pengalaman dengan sesama bikers yang tinggal satu daerah.

Tidak ada definisi pasti tentang klub motor. Tetapi, bikers mendefinisikannya sebagai suatu grup yang berisikan orang-orang dengan hobi motor yang sama. Memiliki passion dan kepentingan yang sama pada satu buah brand motor. Maka dari itu tidak jarang banyak klub motor yang menamakan klub berdasarkan merek motor yang digunakan ditambah dengan region terkait. Misalnya:

Menurut pendapat bro Yuga M Pratama di forum Moladin, kira-kira definisi klub motor itu begini:

“Klub motor punya AD/ART yang mengatur segala kegiatan klub aga lebih terarah berafiliasi dengan IMI atau organisasi motor setempat”.

Ya, satu klub biasanya mempunyai aturan yang cukup ketat, agar sesama anggota bisa saling menghargai. Satu klub motor biasanya memiliki ketua, sekretaris, dan bendahara untuk mengatur keuangan klub. Juga punya satu grup chat di aplikasi messenger agar memudahkan membernya untuk berinteraksi satu sama lain.

Meski klub motor di Indonesia dinamakan berdasarkan regionnya, bukan berarti anggota tersebut semua berasal dari daerah tersebut. Ada juga bikers yang berasal dari Tangerang yang bergabung dengan klub motor di Bekasi, atau bikers Depok bergabung dengan klub motor Bogor. Semua kembali lagi berdasarkan dengan kehendak bikers dan rasa nyaman yang didapatkan ketika gabung dalam klub. Seru bro pastinya kalo udah gabung klub.. Gassss…!!!

Keuntungannya Jika Bergabung dengan Klub Motor Apa Saja?

Banyak keuntungan yang bisa bro bikers rasakan jika bergabung dengan sebuah klub motor di Indonesia. Ini sudah dirasakan oleh bikers-bikers di Moladin yang menuangkan pendapatna bahawa banyak keuntungan yang bisa didapat dengan bergabung dengan klub motor. Diantaranya:

  • Menambah teman baru yang sehobi
  • Mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang motor yang digunakan
  • Lebih mudah bertanya jika mengalami masalah motor dan segera menemukan solusinya dari teman-teman yang berpengalaman
  • Mendapatkan teman untuk touring
  • Terakhir sih, bisa juga dapat jodoh (kalau beruntung)
  • dan banyak lagi keuntungan lainnya

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Klub Motor?

Bicara soal kegiatan, berbeda dengan geng motor. Klub motor kegiatannya lebih tergorganisir rapi dan terencana. Lebih mengutamakan keselamatan dan kepentingan publik. Maka dari itu sebisa mungkin kegiatan klub tidak merugikan kepentingan umum yang tidak ada kaitannya dengan klub. Kegiatan klub motor biasanya:

  • Safety riding course
  • Kopdar
  • Touring
  • Anniversary tahunan
  • Bakti sosial
  • Menjaga lingkungan
  • dan lain-lain

Anggota klub motor bervariasi. Jika klub motornya kecil, terdiri dari 10-15 orang, jika yang besar bisa lebih dari 100 orang. Klub motor punya solidaritas yang tinggi. Tidak heran, jika ada satu member yanng kesulitan maka member lainnya akan saling membantu

Bagaimana Caranya Bergabung dengan Salah Satu Klub Motor di Indonesia?

Tidak ada syarat khusus untuk bisa anggota di suatu klub motor. Biasanya bro bikers yang ingin gabung cukup rutin datang saja ke acaranya atau hubungi langsung ketua terkait agar bisa dimasukan ke dalam grup klub motor.

Apa Bisa Meningkatkan Persaudaraan dengan Klub Lain?

Bisa dong!! Salah satunya dengan datang ke acara klub motor lain dan jalin silaturahmi antar klub. Inilah yang menjadikan klub motor beda dengan geng motor. Tidak ada rasa permusuhan antar klub, tidak ada rasa iri atau dengki brooo!. Semua sama-sama saudara, sama-sama pecinta motor.. Josssss!

Kini, di Moladin ada fitur Klub yang membuat antar klub jadi semakin dekat lho brooo!  Bro bikers bisa bikin acara klub sendiri dan undang klub lain buat dateng. Semakin sering aktif di klub dan membuat acara, bro bakal dapetin gold yang bisa ditukar dengan hadiah-hadiah seru bro! Kayak acara gathering di puncak, sponsorsip dari Moladin dan lain-lain!

Nyok download aplikasi Moladin sekarang di  https://goo.gl/Y15T66

klub motor di indonesia

*contoh gambar klub yang sudah bergabung di Moladin

Jadi, sudahkan bro bikers bergabung dengan salah satu klub motor di Indonesia?

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *