Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mengenal Fakta-Fakta Koil Motor, Bikers Harus Tahu!

by Jinny
Koil MotoR

Koil motor merupakan  kabel yang kedua ujungnya terdapat kumparan primer dan sekunder. Kedua kumparan ini akan berproses menghasilkan induksi tegangan tinggi yang cukup kuat untuk pengapian. Motor tanpa koil motor adalah mustahil, sebab sistem kumparan satu ini amatlah penting untuk membantu pengapian motor. Seperti kita ketahui, sistem pengapian berfungsi menghasilkan percikan api pada busi sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin.

 

Cara Mengecek Koil Motor yang Sudah Lemah

Koil Motor

 

Mengingat pentingnya dalam pengapian, tentu koil yang lemah akan mempengaruhi kondisi mesin. Beberapa ciri-ciri yang akan terjadi jika pengapian telah bermasalah, dalam hal ini, koil motor sudah lemah adalah mesin yang panas padahal baru berjalan beberapa kilometer, mesin yang brebet hingga mati mendadak.

Untuk memastikan lebih lanjut ada cara untuk mengecek nih, Moladiners. Demi mengetahui apakah koil telah lemah atau justru letak masalahnya ada di bagian lain. Yuk, ikuti step by step!

1. Cabut Kop dan Busi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencabut kop dan busi. Dari situ, kamu akan menemukan koil termasuk kedua ujung kabel yang terhubung ke kumparan primer dan sekunder.

2. Cek Warna Percikan Api

Warna percikan api yang timbul akibat gesekan antara ujung kabel dan massa akan menentukan apakah koil motor bermasalah atau tidak. Jika berwarna merah, itu menkamukan koil perlu diganti. Sedangkan jika percikan api yang timbul berwarna biru, itu artinya koil motor baik-baik saja.

Baca juga  Begini Lho Cara Ukur Lingkar Helm Agar Pas di Kepala

Kamu memerlukan alat bantu massa untuk pengecekan ini. Massa adalah alat berupa benda logam yang bisa menghantarkan listrik. Starter motor bersamaan dengan menempelkan ujung kabel koil motor ke massa, maka percikan api akan muncul dan perhatikanlah warnanya.

Alternatif lain, jika tidak ada massa, kamu bisa memanfaatkan baut motor. Cara penggunaannya sama, tempelkan ke kabel bersamaan dengan starter motor.

 

Cara Memasang Koil Motor

Koil Motor Di Pasang

Jika percikan api berwarna biru, namun, motor masih ngadat, brebet atau bahkan mati total, maka segera kunjungi bengkel kepercayaan kamu untuk mengetahui di mana letak masalahnya. Sebaliknya, jika sudah yakin betul kerusakan sumbernya dari koil motor, silakan mengganti dengan yang baru. Bisa dengan bantuan mekanik atau jika kamu percaya diri, gantilah sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Matikan Mesin Motor

Pertama-tama, siapkan mesin motor. Matikan mesin, lepas jok motor, cabut kabel dari aki, lepaskan tangki bahan bakar lalu kamu akan bisa mulai mengakses komponen-komponen pengapian seperti busi dan koil.

2. Lepaskan Koil

Sudah menemukan koilnya? Yang harus kamu lakukan untuk melepaskan koil adalah cabut kabel saklar pengapian maupun kabel background. Lalu, buka penutup pengapian berikut gasketnya. Kamu bisa menggunakan bor untuk melepaskan baut-baut yang mengunci penutup pengapian tersebut.

Baca juga  3 Motor Matic 110cc Cocok Buat Generasi Milenial, Yuk Simak!

3. Ganti Koil Lama Dengan Yang Baru

Pada tahap ini kamu sudah bisa melepaskan koil lama dengan yang baru. Pada beberapa motor, biasanya terdapat lebih dari satu koil. Hal ini mungkin menyebabkan kamu sedikit pusing karena banyaknya kabel penghubung yang terlihat. Supaya tidak keliru, gantilah kabel secara satu per satu mulai dari kabel yang paling depan hingga kabel paling belakang.

4. Hubungkan Kabel ke Konektor

Hubungkan kabel ke konektor dengan bantuan tang berujung lancip, pastikan semuanya tertanam dengan benar. Agar semakin kuat, kamu bisa menyoldernya. Setelah semua terpasang lakukan tes dengan menggunakan ohm-meter. Jika sambungan kabel gagal, maka ohm-meter akan menunjukkan angka nol. Setelah memastikan semua kabel tersambung dengan konektor, pasang penutup konektor.

5. Rapikan dan Pasang Kembali Koil Motor

Nah, sudah beres! Pasang kembali penutup pengapian koil dan tangki bahan bakar serta pasang jok dengan benar. Untuk tahap ini kamu juga harus teliti, ya! Tutup semua dengan benar, jangan ada yang kendor. Selesai!

Dalam memilih koil, tentu yang original lebih baik. Untuk mendapatkan koil motor kualitas terbaik dengan harga terbaik pula, kamu bisa mampir dulu nih ke Moladin. Banyak pilihan koil motor dan dapatkan penawaran menarik!

Baca juga  Galang Hendra Incar Poin di WSSP300 Imola, Tak Mau Sampai Gagal

 

Klik di sini untuk lihat katalog koil di Moladin.  Terdapat KTC 1320 Busi Koil, Suzuki Genuine Part 33410B20G01N000 Busi Koil, Kawahara 4694 Racing Injection Busi Koil, Suzuki Genuine Part 33410B46G00N000 Busi Koil dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 60.000.

Nah, jika Moladiners nggak percaya diri pasang sendiri dan nggak tahu harus ke bengkel mana yang murah dan terpercaya, Moladin juga bekerja sama dengan partner bengkel motor terbaik yang bisa mengatasi pemasangan koil kesayangan kamu.

Untuk sparepart hingga aksesoris, semuanya juga ada di Moladin. Pelopor platform sepeda motor di Indonesia ini, punya segalanya untuk kebutuhan motor kamu! Ingat motor, ingat Moladin!

 

Baca Juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika